Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biology Presentation Kanker Mulut. KANKER MULUT Pengertian Pengobatan Penyebab Tanda Dan Gejala Pencegahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biology Presentation Kanker Mulut. KANKER MULUT Pengertian Pengobatan Penyebab Tanda Dan Gejala Pencegahan."— Transcript presentasi:

1 Biology Presentation Kanker Mulut

2 KANKER MULUT Pengertian Pengobatan Penyebab Tanda Dan Gejala Pencegahan

3 Pengertian Kanker Mulut Kanker mulut ialah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Bila kanker mulut menyebar (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian. Kanker mulut ialah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Bila kanker mulut menyebar (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian.

4 Pengertian Kanker Mulut Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbulnya daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan. Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

5 Penyebab Kanker Mulut Terdapat banyak faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker mulut. Berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor-faktor resiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain : Mengkonsumsi rokok/tembakau Minuman beralkohol Perilaku seksual (oral seks) Terlalu sering terkena sinar matahari di bibir Riwayat kanker kepala dan leher Pengobatan radiasi pada area kepala dan leher Kurangnya konsumsi vitamin A dan C Terdapat banyak faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker mulut. Berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor-faktor resiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain : Mengkonsumsi rokok/tembakau Minuman beralkohol Perilaku seksual (oral seks) Terlalu sering terkena sinar matahari di bibir Riwayat kanker kepala dan leher Pengobatan radiasi pada area kepala dan leher Kurangnya konsumsi vitamin A dan C

6 Tanda dan Gejala Kanker Mulut Beberapa tanda dan gejala yang sering dijumpai pada penderita kanker mulut, antara lain : Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih Nyeri pada bibir atau mulut Pendarahan di mulut Kehilangan gigi Sulit atau nyeri saat menelan Sulit memakai gigi palsu Benjolan di leher Nyeri pada telinga Note : Tidak semua gejala diatas merupakan gejala kanker. Terkadang infeksi juga dapat menyebabkan gejala seperti di atas. Untuk memastikannya Anda perlu memeriksanya ke dokter ahli. Beberapa tanda dan gejala yang sering dijumpai pada penderita kanker mulut, antara lain : Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih Nyeri pada bibir atau mulut Pendarahan di mulut Kehilangan gigi Sulit atau nyeri saat menelan Sulit memakai gigi palsu Benjolan di leher Nyeri pada telinga Note : Tidak semua gejala diatas merupakan gejala kanker. Terkadang infeksi juga dapat menyebabkan gejala seperti di atas. Untuk memastikannya Anda perlu memeriksanya ke dokter ahli.

7 Pengobatan Kanker Mulut Terdapat beberapa metode pengobatan yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan kanker mulut yaitu : 1. Operasi Terapi paling umum untuk kanker mulut adalah bedah atau operasi untuk mengangkat sel-sel kanker hingga kelenjar getah bening di leher dan jaringan lain di mulut dan leher. Operasi dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi. 2. Radiasi (Radioterapi) Terapi radiasi atau radioterapi adalah jenis terapi local untuk tumor kecil atau untuk pasien yang tidak dioperasi. Terapi radiasi dapat digunakan sebelum operasi untuk membunuh sel kanker dan menyusutkan tumor. Terapi ini juga dapat digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang mungkin tertinggal di daerah tersebut. 3. Kemoterapi Kemoterapi adalah jenis terapi yang menggunakan obat antikanker untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi biasanya diberikan melalui suntikan. Terdapat beberapa metode pengobatan yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan kanker mulut yaitu : 1. Operasi Terapi paling umum untuk kanker mulut adalah bedah atau operasi untuk mengangkat sel-sel kanker hingga kelenjar getah bening di leher dan jaringan lain di mulut dan leher. Operasi dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi. 2. Radiasi (Radioterapi) Terapi radiasi atau radioterapi adalah jenis terapi local untuk tumor kecil atau untuk pasien yang tidak dioperasi. Terapi radiasi dapat digunakan sebelum operasi untuk membunuh sel kanker dan menyusutkan tumor. Terapi ini juga dapat digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang mungkin tertinggal di daerah tersebut. 3. Kemoterapi Kemoterapi adalah jenis terapi yang menggunakan obat antikanker untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi biasanya diberikan melalui suntikan.

8 Pencegahan Kanker Mulut 1. Menghindari cahaya matahari mengurangi resiko terjadinya kanker bibir. 2. Menghindari alkohol dan tembakau yang berlebihan, dapat mencegah hampir seluruh kanker mulut. 3. Pencegahan lainnya adalah memperhalus tepian gigi yang patah atau menambalnya. 4. Vitamin anti-oksidan (vitamin C dan E, beta-karoten) memberikan perlindungan tambahan. 5. Hindari makanan dan minuman yang masih panas. 6. Rajin membersihkan (menggosok) gigi. 7. Rajin berolah-raga agar kesehatan tubuh terjaga. 1. Menghindari cahaya matahari mengurangi resiko terjadinya kanker bibir. 2. Menghindari alkohol dan tembakau yang berlebihan, dapat mencegah hampir seluruh kanker mulut. 3. Pencegahan lainnya adalah memperhalus tepian gigi yang patah atau menambalnya. 4. Vitamin anti-oksidan (vitamin C dan E, beta-karoten) memberikan perlindungan tambahan. 5. Hindari makanan dan minuman yang masih panas. 6. Rajin membersihkan (menggosok) gigi. 7. Rajin berolah-raga agar kesehatan tubuh terjaga.

9 ReferensiReferensi mulut.html mulut.html er-mulut cara-mencegah-kanker-mulut mulut.html mulut.html er-mulut cara-mencegah-kanker-mulut

10 Created By : 1.Gemela Zuniga 2.M.Ganta 3.R.Irwin Setiadi 4.Thania Olivia


Download ppt "Biology Presentation Kanker Mulut. KANKER MULUT Pengertian Pengobatan Penyebab Tanda Dan Gejala Pencegahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google