Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WEST ART & DESIGN HISTORY - The Usborne: Introduction to Art. Rosie Dickins & Mari Griffith. www.usborne-quicklinks.com - Atlas Dunia Zaman Kuno (Erlangga).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WEST ART & DESIGN HISTORY - The Usborne: Introduction to Art. Rosie Dickins & Mari Griffith. www.usborne-quicklinks.com - Atlas Dunia Zaman Kuno (Erlangga)."— Transcript presentasi:

1 WEST ART & DESIGN HISTORY - The Usborne: Introduction to Art. Rosie Dickins & Mari Griffith. - Atlas Dunia Zaman Kuno (Erlangga). - Atlas Dunia Abad Pertengahan (Erlangga). - Atlas Eksplorasi dan Kerajaan (Erlangga). - Atlas Dunia Zaman Modern (Erlangga). Minggu 9

2 EKSPLORASI DAN KERAJAAN (1) Pada awal periode ini (tahun 1450), banyak wilayah di dunia yang keberadaannya belum diketahui. Rute-rute dagang menghubungkan kota-kota utama Eropa, Asia dan Afrika Utara, dan kapal-kapal dagang berlabuh di pelabuhan di Cina dan Samudera Hindia. Namun Amerika, Australia dan daerah pedalaman Afrika serta Asia belum terjamah. Tetapi, 350 tahun kemudian semuanya berubah. Pada tahun 1800, para petualang Eropa telah menjelajahi hampir seluruh dunia dan mendirikan kerajaan besar di tiap benua, kecuali di Afrika. Di saat yang sama, kerajaan Muslim, Turki Ottoman, yang pernah menjadi ancaman besar bagi Eropa, mengalami kemunduran Tahun 1450: Gerakan kebudayaan Renaissance berkembang di Eropa Barat. Tahun 1453: Ottoman merebut Konstantinopel, meruntuhkan Kerajaan Byzantium. Tahun 1479: Ferdinand dari Aragon dan Isabella dari Castile menikah untuk menyatukan Spanyol. Tahun 1480: Muskovy menjadi negara merdeka. Tahun 1485: Dinasti Tudor mulai berkuasa di Inggris. Tahun 1492: Christopher Columbus mendarat di Dunia Baru. Tahun1498: Vasco da Gama berlayar menuju Asia melalui Afrika Tahun 1510: Portugis membentuk koloni di Goa. Tahun 1517: Martin Luther memulai Reformasi Protestan di Eropa. Tahun 1517: Dimulainya pengiriman budak dari Afrika ke Amerika. Tahun 1519: Charles V menjadi Kaisar Romawi Agung. Dinasti Hapsburg mendominasi Eropa. Tahun : Ferdinand Magellan mengelilingi dunia untuk pertama kali. Tahun : Spanyol menaklukkan Suku Aztek dan Inca. Tahun 1526: Kerajaan Mughal menyerang India. Tahun 1534: Jacques Cartier menjelajah Kanada. Tahun 1543: Copernicus menyatakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Tahun 1545: Katolik memulai gerakan Kontra- Reformasi. Tahun 1556: Kerajaan Hapsburg dibagi atas Spanyol dan Austria. Tahun : Elizabeth I memerintah Inggris. Tahun 1568: Belanda memberontak pada Spanyol.

3 EKSPLORASI DAN KERAJAAN (2) 1600 Tahun 1603: Bersatunya Inggris dan Skotlandia di bawah Raja James I. Tahun 1603: Shogun Tokugawa memerintah Jepang. Tahun 1607: Inggris membangun koloni permanen pertama di Amerika Utara. Tahun 1608: Perancis mulai mengkolonisasi Kanada. Tahun : Perang 30 Tahun melanda Eropa. Tahun : Louis XIV memerintah Perancis. Tahun 1644: Awal Dinasti Ming di Cina. Tahun 1648: Belanda resmi merdeka dari Spanyol. Tahun : Inggris menjadi republik setelah perang saudara yang menyebabkan raja dihukum mati. Tahun 1667: Belanda menguasai Kepulauan Maluku. Tahun : Peter Agung memodernisasi Rusia. Tahun 1683: Ottoman gagal merebut Wina. Tahun 1698: Portugis terusir dari pantai Timur Afrika Tahun 1700: Revolusi kebudayaan, pencerahan berkembang di Eropa. Tahun 1707: Masa kejayaan Kerajaan Mughal di India. Tahun 1740: Maria Theresa membentuk Kerajaan Austria. Tahun : Frederick Agung membangun kekuatan militer Prusia. Tahun 1748: Penemuan Kota Pompeii. Tahun 1763: Inggris mengusir Perancis dari Amerika Utara. Tahun 1770: Kapten Cook mendarat di Australia. Tahun : Perang Revolusi Amerika. Tahun 1776: 13 koloni Inggris di Amerika menyatakan merdeka. Tahun 1789: George Washington menjadi presiden AS pertama. Tahun 1789: Revolusi Perancis. Tahun 1799: Napoleon Bonaparte berkuasa di Perancis. Tahun 1799: Penemuan Batu Rosetta di Kota Rashid (Rosetta), Mesir oleh Pierre Bouchard, perajurit Perancis. Batu ini disimpan di Museum Britania sejak tahun 1802.

4 KERAJAAN SPANYOL (1) Pada awal 1500-an, Spanyol yang diperintah oleh Keluarga Hapsburg dari Austria, menjadi negara terkuat di Eropa. Negara ini dan rajanya, Charles V memperoleh wilayah luas di Eropa dari pernikahan dan warisan, serta kerajaan di Amerika melalui penaklukan. Spanyol menjadi pusat kekuatan Katolik di Eropa dan memimpin perlawanan terhadap Reformasi Protestan. Namun akhirnya kerajaan ini terbukti terlalu besar untuk diperintah satu orang, sehingga tahun 1556, Charles V membagi kerajaannya menjadi dua. Wilayah Spanyol diberikan kepada anaknya, Philip II. Wilayah lainnya (Belanda, Jerman, Austria, Hungaria) diberikan kepada saudaranya, Ferdinand Tahun 1416: Pangeran Henry, Sang Navigator, anak raja Portugis, membuka sekolah pelayaran di Sagres, untuk memajukan penjelajahan dan penemuan tempat baru. Tahun 1456: Portugis menduduki Kepulauan Cape Verde di lepas pantai Barat Afrika, lalu berlayar ke Selatan. Tahun 1460: Meninggalnya Pangeran Henry, orang Portugis pertama yang membiayai penjelajahan dunia. Tahun 1469: Ferdinand dari Aragon menikahi Isabella dari Castile. Tahun 1479: Ferdinand dan Isabella menyatu- kan Spanyol. Tahun 1487: Portugis berlayar mengitari Tanjung Harapan di Afrika. Tahun 1492: Kristenisasi orang Moor setelah Granada direbut Spanyol; orang Yahudi diusir dari Spanyol. Tahun 1492: Pelayaran pertama Christopher Columbus ke Dunia Baru. Tahun 1496: Philip dari Burgundy (Perancis) menikahi Joanna, pewaris tahta Spanyol, menyatukan Dinasti Hapsburg dan Spanyol. Tahun 1494: Perjanjian Tordesilas membagi Dunia Baru kepada Portugis dan Spanyol. Tahun 1497: Spanyol membangun benteng di Melila, pesisir Afrika Utara. Tahun 1498: Portugis mencapai India Tahun 1500: Charles, anak Philip dan Joanna lahir. Tahun 1504: Isabella mangkat, Ferdinand memerintah Spanyol dengan Joanna dan Philip. Tahun 1506: Philip mangkat, mewariskan Rhineland dan Belanda kepada Charles. Tahun 1509: Spanyol merebut Oran di Afrika Utara.

5 KERAJAAN SPANYOL (2) Tahun 1512: Spanyol menaklukkan Kerajaan Navarre di Utara Spanyol. Tahun 1516: Ferdinand mangkat, Charles mewarisi tahta Spanyol, dengan nama Charles I. Tahun 1517: Ide reformasi Martin Luther menentang Gereja Katolik dan Dinasti Hapsburg di Eropa. Tahun 1519: Meninggalnya Maxmilian, pemimpin Austria dan Kaisar Romawi Agung. Charles I, selaku cucu, menggantikannya dan memakai gelar Charles V. Tahun : Spanyol menguasai Aztek. Tahun 1524: Spanyol memulai penaklukan Kerajaan Maya. Tahun 1530: Portugis mulai mengkolonisasi Brazil. Tahun : Spanyol menaklukkan Inca. Tahun 1538: Spanyol mengkolonisasi Kolombia. Tahun 1545: Perak ditemukan di Potosi, Peru. Tahun 1548: Perak ditemukan di Meksiko Tahun 1556: Charles V turun tahta, digantikan putranya Philip II di Spanyol dan Ferdinand, saudara Charles, sebagai Kaisar Romawi Agung. Tahun 1558: Charles V wafat. Tahun : Istana Escorial dibangun atas perintah Philip II. Tahun 1565: Spanyol mengkolonisasi Florida dan membangun benteng untuk melindungi armada pengangkut emas mereka. Tahun 1566: Belanda mulai berontak terhadap Spanyol. Tahun 1568: Belanda berontak terhadap Spanyol. Tahun : Pemberontakan Morisco di Selatan Spanyol, karena Kristenisasi yang dilakukan Spanyol tahun Tahun 1571: Spanyol mengkolonisasi Filipina, Manila didirikan. Tahun 1574: Ottoman merebut Pelabuhan Tunis dari Spanyol. Tahun : Spanyol menguasai Portugis setelah menang perang di Alcantara. Tahun 1581: Spanyol berdamai dengan Ottoman. Tahun 1588: Armada Spanyol dari La Coruna gagal menaklukkan Inggris. Usaha menurunkan Ratu Elisabeth I yang beragama Protestan tidak berhasil. Tahun 1598: Philip II wafat, digantikan Philip III.

6 DINASTI TUDOR DAN STUART (1) Perang antar keluarga kerajaan di Inggris berakhir tahun 1485 ketika Henry VII menjadi Raja Tudor pertama. Dinasti Tudor yang kuat berhasil membawa kedamaian dan kemakmuran bagi Inggris. Di bawah Henry VIII, Inggris memisahkan dari Roma dan Gereja Katolik, lalu menjadi Protestan. Tahun 1603, penguasa Tudor terakhir, Elisabeth I, mangkat. Ia digantikan Raja Skotlandia, James VI dari Dinasti Stuart, sehingga Inggris dan Skotlandia bersatu. Sayangnya raja-raja Stuart lemah, salah satunya Charles I, dihukum mati saat perang saudara, dan yang lain James II dari Skotlandia, diasingkan karena Katolik. Namun perdagangan luar negerinya menjadikan Inggris salah satu negara terkaya di Eropa Tahun : War of the Roses: Perang antara Keluarga York dan Keluarga Lancaster dalam memperebutkan tahta Inggris. Tahun 1485: Henry Tudor (Lancaster) mengalahkan Richard III (York) di Bosworth Field dan menjadi Henry VII. Tahun 1486: Henry VII menikahi Elisabeth dari York menyatukan Lancaster dan York. Emblem Dinasti Tudor adakah paduan mawar merah Lancaster dan mawar putih York. Tahun 1497: Henry VII membiayai John Cabot untuk mencari wilayah baru di Amerika Utara yang baru ditemukan. Cabot menemukan Newfoundland, yang ia kira Asia Tahun 1509: Henry VII mangkat, Henry VIII menjadi Raja Inggris. Tahun 1513: James IV dari Skotlandia tewas dalam pertempuran melawan Inggris di Flodden Field. Tahun 1520: Tanggal 7 Juni-24 Juni 1520, Henry VIII mengadakan perdamaian dengan Francis I dari Perancis. Pertemuan di Perancis Utara ini sangat mewah, sehingga dinamai Field of the Cloth of Gold (Lapangan Kain Emas). Tahun 1534: Henry VIII memisahkan diri dari Roma dan menjadi Kepala Gereja Inggris. Tahun : Masa pemerintahan Ratu Mary dari Skotlandia. Tahun 1547: Henry VIII mangkat, Edward VI naik tahta dan menjadikan Protestan menjadi agama negara.

7 DINASTI TUDOR DAN STUART (2) Tahun : Mary I memimpin Inggris, Inggris menjadi Katolik. Tahun : Inggris diperintah Elisabeth I yang memeluk agama Protestan. Tahun 1567: Mary dari Skotlandia dipaksa turun tahta dan lari ke Inggris, namun dipenjarakan oleh Elisabeth I. Anak Mary adalah James VI. Tahun 1587: Mary dihukum mati karena berencana menumbangkan Elisabeth I. Tahun 1588: Armada Spanyol mencoba menumbangkan Elisabeth I, namun gagal. Tahun : Pemberontakan Irlandia terhadap Inggris Tahun : James VI memerintah Inggris sebagai James I. Tahun 1605: Gagalnya rencana pembunuhan terhadap James I. Tahun 1625: Charles I naik tahta. Tahun 1639: Umat Presbiterian Skotlandia berontak atas kebijakan agama Charles I. Tahun 1641: Umat Katolik Irlandia berontak pada Charels I. Tahun , 1648: Perang saudara pecah antara raja dan parlemen Inggris. Tahun 1645: Pertempuran besar di Naseby, 14 Juni Pasukan Charles I kalah telak dari pasukan parlemen pimpinan Oliver Cromwell. Tahun 1649: 30 Januari 1649, Charles I dihukum mati di London; Oliver Cromwell menjadi Kepala Dewan Negara; berdirinya Persemakmuran atau Republik Tahun 1661: Charles II, putra Charles I, kalah dalam pertempuran di Worcester. Tahun 1653: Berdirinya Protektorat - pemerintahan baru yang dikepalai Cromwell. Tahun 1658: Cromwell wafat, digantikan putranya, Richard. Tahun 1660: Monarki dipulihkan Charles II. Tahun 1666: Great Fire, kebakaran terbesar di London. Tahun 1685: Charles II digantikan James II yang Katolik. Tahun 1688: William dari Orange dan Mary, putri James II, menumbangkan James II dan memerintah dalam Glorius Revolution. Tahun : Perang melawan Perancis.

8 DINASTI TUDOR DAN STUART (3) Tahun 1701: Act of Settlement, memastikan hanya penguasa Protestan yang boleh memerintah Inggris. Tahun : Inggris kembali bertempur melawan Perancis. Tahun : Masa pemerintahan Ratu Anne. Tahun 1707: Act of Union, menyatukan parlemen Inggris dan Skotlandia. Tahun 1714: George I (Dinasti Hanover) menjadi Raja Inggris. Tahun 1715, 1745: Penerus James II dua kali mencoba naik tahta kembali, namun gagal..

9 ZAMAN ABSOLUTISME (1) Pada pertengahan 1600-an, sederatan raja kuat bermunculan di Eropa. Mereka berkuasa penuh dan menganut absolutisme (ide bahwa raja adalah wujud negara dan tidak tunduk pada siapa pun). Yang terhebat adalah Louis XIV dari Perancis, dengan ucapan terkenalnya: L’état, c’est’moi, saya adalah negara. Di bawahnya Perancis mengalahkan Dinasti Hapsburg dari Spanyol dan Austria, serta menjadi negara kuat di Eropa tahun Di timur, Prusia mulai bergabung menjadi Jerman. Sementara itu, Austria terus berkembang hingga menjadi pemimpin di Eropa Tengah pada tahun Tahun 1643: Louis XIV naik tahta di usia 5 tahun. Pemerintahannya dijalankan oleh Kardinal Mazarin. Tahun 1640: Prusia berkembang menjadi negara besar dan militer yang kuat. Tahun 1659: Perancis mengakhiri Perang 24 Tahun dengan Spanyol Tahun 1661: Kematian Mazarin, Louis XIV menjalankan pemerintahan. Tahun : Pembangunan Istana Versailles bagi Louis XIV. Tahun : Canal du Midi dibangun untuk menghubungkan Samudera Atlantik dengan Laut Tengah. Tahun : Perancis menyerbu Belanda. Tahun : Perancis menguasai hampir seluruh Belanda. Tahun 1672: William dari Orange menghentikan invasi Perancis dengan membuka semua bendungan sehingga banjir besar melanda Belanda Tahun 1685: Louis XIV mencabut Edict of Nantes (1598). Akibatnya banyak warga Protestan Perancis yang lari ke luar negeri. Tahun : Perang 9 Tahun dimulai ketika aliansi pimpinan Belanda mencoba untuk menahan Perancis dari Rhineland. Tahun 1689: William dari Orange menjadi Raja Inggris Tahun : Perang Suksesi Spanyol, Louis XIV mencoba memberikan tahta Spanyol pada cucunya. 1704: Gibraltar direbut Inggris. 1713: Perjanjian damai Utrecht mengakhiri Perang Spanyol, cucu Louis XIV, Philip, menjadi Raja Spanyol.

10 ZAMAN ABSOLUTISME (2) Tahun : Frederick William I membangun kekuatan militer Prusia. Tahun 1714: George I dari Hanover menjadi Raja Inggris. Tahun 1715: Louis XIV mangkat Tahun 1721: Robert Walpole menjadi perdana menteri pertama Inggris. Tahun : Perang Suksesi Polandia; Austria dan Rusia menguasai Polandia Tahun : Perang Suksesi Austria; Maria Theresa berusaha mempertahankan kedudukannya dari Istana Schonbrunn, di luar Wina. Tahun : Frederick II Agung menjadikan Prusia negara terkuat di Utara Jerman. Tahun 1755: Tsunami melanda kota Lisbon, Portugal, menewaskan ribuan orang. Tahun : Perang 7 Tahun (Perancis dan Austria melawan Inggris dan Prusia); Inggris memperoleh koloni Perancis di India dan Amerika Utara Tahun 1766: Perancis akhirnya menguasai provinsi Loraine di Timur. Tahun 1769: Perancis membeli Corsica dari Genoa. Tahun 1769: 15 Agustus 1769 Napoleon Bonaparte lahir di Pulau Corsica. Tahun 1772: Pembagian pertama Polandia kepada Rusia, Austria dan Prusia.

11 REVOLUSI AMERIKA (1) Tahun 1775, 13 koloni Inggris di Amerika Utara memberontak. Mereka protes terhadap pembatasan kebebasan dan pajak tinggi yang diberikan pemerintah Inggris. Di bawah George Washington dan dengan dukungan Perancis, para kolonis lalu menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli Perang kemerdekaan ini berakhir tahun 1783 dengan kemenangan di pihak koloni. Hal ini menyebabkan lahirnya suatu negara baru, Amerika Serikat, yang dulunya hanya meliputi pedalaman Sungai Mississippi, namun kini luasnya meliputi Amerika Utara hingga Samudera Pasifik di Barat Tahun 1763: Pemberlakuan pajak langsung dari Inggris di koloni Amerika. Tahun 1765: Pemberlakuan Stamp Act; pajak atas koran dan dokumen legal. Tahun 1766: Stamp Act dicabut setelah protes keras. Tahun 1766: Declatory Act memberi kuasa pada Inggris untuk membuat UU bagi koloni Amerika Tahun 1770: Inggris membunuh 5 orang Boston. Tahun 1774: Kongres Kontinental I: para kolonis bertemu di Philadelphia. April 1775: Perseteruan pecah di Lexington dan Concord. Juni 1775: Kongres Kontinental II membentuk pasukan di bawah pimpinan George Washington. Juni 1775: Inggris menang di Bunker Hill. Mei 1776: Amerika gagal merebut Quebec dari Inggris. Juli 1776: Kongres mengadopsi Deklarasi Kemerdekaan 4 Juli September 1776: Inggris merebut New York. Desember 1776: Kemenangan di Trenton. Tahun 1777: Kongres mengeluarkan Articles of Confederation, pembentukan Amerika Serikat. Tahun 1777: Bendera baru Amerika mulai digunakan, dengan 13 garis dan bintang yang mewakili 13 koloni yang bertempur dalam perang kemerdekaan. Oktober 1777: Inggris menyerah di Saratoga. Tahun 1778: Perancis membantu Amerika. Inggris merebut Kota Savannah. Tahun 1779: Spanyol membantu Amerika.

12 REVOLUSI AMERIKA (2) Mei 1780: Inggris merebut Charleston. Juli 1780: Pasukan Perancis pertama tiba untuk membantu Amerika. September 1781: Perancis mengalahkan Inggris di Chesapeake Capes. Oktober 1781: Pasukan Amerika dan Perancis di bawah Washington menang atas Inggris di Yorktown. Tahun 1783: Perjanjian Paris: Inggris mengakui kemerdekaan Amerika. Tahun 1787: Konvensi Konstitusional merancang konstitusi baru. Tahun 1788: Konstitusi baru menjadi UU. Tahun 1789: Geoge Washington menjadi presiden; John Adams menjadi wakilnya, sementara Thomas Jefferson menjadi sekretaris negara Tahun 1791: Bank Nasional didirikan, lokasi ibukota baru ditentukan, yaitu di tepi sungai Potomac. Tahun 1792: Percetakan uang nasional didirikan untuk mencetak uang dan nota bank. Tahun 1792: Washington kembali terpilih sebagai presiden. Tahun 1797: Washington pensiun, John Adams menjadi presiden..

13 REVOLUSI PERANCIS (1) Revolusi Perancis tahun 1789 adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Eropa. Monarki dan bangsawan kaya pemilik lahan digantikan oleh pemerintahan republik yang memberikan kebebasan dan kesetaraan pada semua orang. Orang-orang Eropa mendukung revolusi tersebut, namun pemerintah mereka menentangnya. Tahun 1792, pasukan dari beberapa negara Eropa menyerang Perancis untuk mendukung Rajanya, Louis XVI. Namun Perancis mengalahkan pasukan penyerbu, bahkan dapat menguasai Belanda dan Italia. Di bawah Jenderal Napoleon Bonaparte, pasukan Perancis menikmati kemenangan hingga tahun 1799, sebelum dikalahkan di Italia dan Jerman. Napoleon lalu merebut kekuasaan sebagai diktator militer dan mengakhiri revolusi Mei: Parlemen bersidang namun tak lama kemudian runtuh. Juni: Golongan ketiga (rakyat jelata) membentuk DPR. Juli: Warga menyerbu Bastille. Agustus: Deklarasi Hak Asasi Manusia dinyatakan Juni: Louis XVI dan Marie Antoinette (putri Ratu Austria) mencoba lari dari Paris April: Perancis berperang dengan Austria. Juli: Perancis berperang dengan Prusia. September: Perancis menggantikan monarki dengan republik. November: Perancis mengalahkan Austria dan merebut Belanda Januari: Louis XVI dipenggal dengan guilotine. Januari: Pembagian kedua Polandia. Februari-Maret: Perancis menyatakan perang dengan Inggris dan Belanda. Februari: Koalisi Eropa I melawan Perancis dibentuk. Maret-Oktober: Pemberontakan di Vendee. Oktober: Marie Antoinette dipenggal dengan guilotine 1794 Juni 1793-Juli 1794: Robespierre memimpin pemerintahan teror melawan musuh revolusi. Juni: Inggris mengalahkan Perancis pada Pertempuran Glorious First of June.

14 REVOLUSI PERANCIS (2) 1795 Januari: Perancis mengalahkan Belanda. April: Perancis dan Prusia berdamai. Oktober: Perancis menjalankan pemerintahan Direktoral. Oktober: Pembagian ketiga Polandia: Polandia dibagi atas Austria, Prusia dan Rusia Februari: Kemenangan Inggris atas Spanyol (sekutu Perancis) di Tanjung St. Vincent. April: Bonaparte memimpin pasukan Perancis melawan Austria di Italia April, Mei: Armada Inggris memberontak dua kali karena gaji yang tidak memadai. Oktober: Inggris mengalahkan armada Belanda di Camperdown. Oktober: Austria dan Perancis berdamai Juni: Perkumpulan Orang Irlandia gagal memperoleh kemerdekaan. Juli: Napoleon mengalahkan Mesir pada Pertempuran Piramida. Agustus: Laksamana Nelson dari Inggris mengalahkan Napoleon pada Pertempuran Sungai Nil. Hal ini menghentikan rencana Napoleon menyerbu India Maret: Austria menyatakan perang pada Perancis. Maret, April: Perancis dikalahkan di Jerman dan Italia. Juni: Inggris, Austria dan Rusia membentuk Koalisi Eropa II. Juli: Tanggal 15 Juli 1799, Batu Rosetta di temukan di Kota Rashid (Rosetta), Mesir, oleh Pierre Bouchard, perajurit Perancis. Batu yang diduga berasal dari tahun 196SM ini disimpan di Museum Britania sejak tahun November: Napoleon menggantikan Direktoral dengan 3 orang Konsulat.

15 Making History - Akhir abad 18 timbul banyak kekacauan (perang) di Eropa, seperti Revolusi Perancis Banyak lukisan dibuat berdasar peristiwa penting tersebut, agar pemirsa merasakan sisi politik masa itu. - Di abad 19 tumbuh banyak aliran dalam seni lukis, karena seniman banyak bekerja sama dalam kelompok, tukar menukar ide dan kadang berpameran bersama. - Eksperimen banyak dilakukan, mulai dari penggunaan material baru, pengaruh teori-teori ilmiah baru, hingga tercipta pandangan baru dalam melukis.

16 Making History New Classicism - Penemuan Kota Pompeii (1748) membangkitkan semangat klasik baru. - Pelukis Perancis, Jacques-Louis David merupakan pelopor kebangkitan gaya klasik, yang disebut Neoclassicism. - The Oath of The Horatii (1784), karya David, memperlihatkan gaya elegan patung masa klasik. Sapuan kuas yang halus, pengaturan figur yang sejajar, berbeda dengan gaya Rococo sebelumnya.

17 Year 1784, Format 330 x 425 cm, Technique Oil on canvas, Copyright Archivo Iconografico, S.A./CORBIS, Location Musée du Louvre, Paris The Oath of Horatii Jacques- Louis DAVID ( ) Karya pelukis Perancis, Jacques-Louis David, yang mendorong lahirnya gaya Neo Klasik. Berani membela negara, demi kepentingan orang banyak. Sikap gagah, diiringi kesedihan dari keluarga yang ditinggalkan.

18 Making History History lessons - The Oath of The Horatii, mengambil latar belakang masa Kerajaan Romawi, menceritakan tentang tiga bersaudara Horatii bersumpah setia di hadapan ayah mereka sebelum berangkat perang. - Keberanian dan sikap patriotisme dari figur dalam lukisan ini mengajarkan sikap moral kepada pemirsa masa itu, untuk berani berkorban demi rakyat banyak. - Lukisan ini dibuat 5 tahun sebelum Revolusi Perancis tahun 1789.

19 Making History Horrors of war - The Third of May 1808 (Executions) ( ), karya pelukis Spanyol Francisco Goya, memperlihatkan perajurit Perancis menembaki rakyat sipil Spanyol yang tidak bersenjata dalam Perang Peninsula. - Lukisan ini pesanan dari Raja Spanyol, dalam memperingati perang 7 tahun melawan Perancis. - Berbeda dengan lukisan The Oath of The Horatii karya David yang lebih memperlihatkan kegagahan dalam menuju medan perang, lukisan Goya memperlihatkan sisi lain dari peperangan, yaitu suasana horor yang menakutkan.

20 Year Format 267 x 345 cm, Technique Oil on canvas, Copyright Archivo Iconografico, S.A./CORBIS, Location Museo del Prado, Madrid The Third of May 1808 (Executions) Francisco GOYA ( ) Pelukis Spanyol. Cahaya lampu di tanah memfokuskan pada tatapan wajah para penduduk sipil yang tidak berdaya di bawah ancaman senapan tentara Perancis. Genangan darah menambah unsur mengerikan dari peperangan ini.

21 Making History Power and glory - Jean-Auguste-Dominique Ingres merupakan murid David. Sama seperti gurunya, Ingres melanjutkan gaya Neo Klasik dalam karya-karyanya. - Napoleon I on His Throne, karya Ingres (1806), adalah lukisan potret Napoleon waktu baru diangkat menjadi Kaisar Perancis. - Ingres lebih mementingkan unsur sekeliling yang bisa membuat Napoleon terlihat berwibawa. Sehingga baik jubah maupun mahkota yang dikenakan Napoleon dibuat mewah dan detail. Gambar elang pada karpet mencerminkan kekuasaan Napoleon bagai Kaisar Roma.

22 Jean-Auguste-Dominique INGRES(1780 – 1867) Year 1806 Format 259 x 162 cm Technique Oil on canvas Location Musée de l'Armée, Paris/ AKG- images Sosok Napoleon yang kecil (168 cm) terlihat gagah di lukisan dengan ukuran kanvas besar ini. Detail wajah Napoleon tidak terlalu diperhatikan oleh Ingres, karena ia justru lebih memperhatikan unsur lain yang bisa memperlihatkan karakter Napoleon pada pemirsa. Napoleon I on His Imperial Throne

23 Sun and Storm - Beberapa pelukis landscape abad 19 terinspirasi akan kekuatan alam, sehingga hasil lukisannya memiliki unsur perasaan yang kuat, bagai suasana langit yang dramatis. - Unsur emosi dan perasaan pemirsa seakan terbawa. Pendekatan semacam ini disebut sebagai Aliran Romantisme (romanticism).

24 Sun and Storm Stormy weather - Salisbury Cathedral from The Meadows, karya John Constable (1831), menggambarkan pemandangan Katedral Salisbury dengan dramatis tidak lama setelah istrinya meninggal. - Constable menekankan pada unsur langit, yang dianggapnya sebagai kunci/ titik berat (keynote) dalam menentukan irama/ tone. - Sisi kiri lukisan lebih berwarna gelap dan penuh badai, tapi salib pada katedral berdiri tegak di tengah cuaca yang mulai cerah dan terang. Pelangi yang muncul menandakan harapan baru, sesuai ajaran Kristiani.

25 Year 1831 Format 152 x 190 cm, Technique Oil on canvas, Location National Gallery, London Salisbury Cathedral from The Meadows John CONSTABLE ( ) Lukisan ini memperlihatkan kesedihan Constable setelah ditinggal mati istrinya, sekaligus kepercayaannya akan kehidupan setelah kematian seperti yang diajarkan dalam agama Kristen. Pelukis Inggris ini mempelajari karakter awan yang selalu berubah selama berbulan-bulan.

26 Sun and Storm Snow and salvation - Caspar David Friedrich, pelukis Jerman, merupakan sebagai pelopor aliran Romantisme, yang juga menyertakan unsur simbol religius dalam lukisannya. - Winter Landscape (sekitar 1811), memperlihatkan hubungan antara alam dan unsur agama, yang terlihat dari bentuk pohon cemara yang sama dengan bayangan gereja di latar belakang. - Sekilas, terasa unsur sepi dan dingin dalam lukisan ini. Tapi langit yang merekah di latar belakang menandakan tibanya hari yang baru.

27 Year 1811 Format 33 x 45 cm, Technique Oil on canvas, Location National Gallery, London Winter Landscape Caspar David FRIEDRICH ( ) Di latar depan, ada seorang laki-laki yang meninggalkan tongkat kayunya dan berdoa di depan salib. Batu yang dipakainya bersandar, menandakan kepercayaan yang tidak pernah berakhir terhadap Tuhan.

28 Sun and Storm Artist in exile - Ovid among The Scythians, karya pelukis Perancis Eugene Delacroix (1859), melukiskan pujangga Roma, Ovid, dalam pengasingannya di Scythia, Asia Tengah. - Dengan pakaian indah berwarna biru tua dan putih, Ovid melihat orang-orang Scythia minum susu kuda. - Delacroix memilih tema ini karena ia merasa dirinya terisolasi di lingkungan orang barbar (sebutannya pada kritikus seni yang tidak simpatik akan karyanya). - Penggunaan warna cerah dan kontras (seperti merah dan hijau) dikatakan Delacroix sebagai: “color gives the appearance of life”

29 Sun and Storm Fighting it out - Gaya lukisan Romantisme Delacroix (nyata, apa ada- nya, gamblang, dengan sapuan kuas yang ekspresif) kadang dibandingkan dengan gaya Neo Klasik dari Ingres (sapuan kuas yang halus). - Kritikus seni abad 19 di Perancis terpecah dua, antara yang mengatakan lukisan Delacroix tidak bagus, jelek, tapi pendukung Delacroix justru mengatakan lukisan Ingres kehilangan rasa dan emosi, karena hanya sekedar bagus saja.

30 Year 1859 Format 88 x 130 cm, Technique Oil on canvas, Location National Gallery, London Ovid among The Scythians Eugene DELACROIX ( ) Pelopor gaya Romantisme (romantic) dari Perancis.

31 Dreams and Legends - Beberapa pelukis abad 19 berusaha menembus batas penggalian ide, dengan membuat lukisan berdasar imajinasi mereka, dengan suasana yang misterius, penuh ilusi seperti mimpi. - Beberapa artis menggali ide berdasarkan masa lalu, seperti melukis adegan pahlawan masa lampau atau dari kisah-kisah legenda.

32 Dreams and Legends Mystery and make-believe - Seniman macam Gustave Moreau dan Odilon Redon dari Perancis maupun Gustav Klimt dari Austria, begitu terpesona akan suasana mimpi, dunia supernatural serta hal-hal penuh misteri. - Mereka menerjemahkan hal tersebut di atas dalam bentuk simbol yang terkadang aneh. Ini awal Aliran Simbolisme (symbolism), yang tidak mudah diartikan, kadang hanya bisa dilihat berdasar perasaan dan impresi seseorang.

33 Gustave MOREAU ( ) Year Format 141 x 97 cm Technique Oil on canvas Location National Gallery, London Pelukis asal Perancis, pelopor gaya Simbolisme (symbolism). Merupakan guru bagi Henri MATISSE. Lukisan ini merupakan impresi pribadi Moreau akan cerita Santo George. Walau detail, lukisan ini tidak realistis, seperti jubah yang digambarkan tidak berdasar prinsip gravitasi. Bagi Moreau, perasaan dan ide lebih penting daripada dunia di sekelilingnya. ”I believe neither in what I touch nor what I see. I only believe... in what I feel.” St. George and The Dragon

34 Dreams and Legends Flower girl - Ophelia among The Flowers, karya Odilon Redon ( ), menampilkan lukisan pastel yang penuh bunga berwarna-warni, dengan latar belakang serta muka gadis yang misterius dan berkabut. - Lukisan ini jauh dari kesan realistis, terlihat dari penampilan si gadis yang kabur, warna biru pada daun. - Kesan impian lebih terasa, baik dari warna maupun suasana hati. - Redon banyak terinspirasi akan bentuk awan, sehingga banyak figur-figur fantasi dibuat berdasar bentuk tersebut.

35 Year about Format 69 x 91 cm, Technique Pastel on paper, Location National Gallery, London Ophelia among The Flowers Odilon REDON ( ) Pelukis dan penulis asal Perancis dengan gaya Simbolis (symbolist). Lukisan ini lebih menonjolkan kesan imajinasi, seperti mimpi, bukan pada unsur realistis.

36 Dreams and Legends Secret Society - Beberapa pelukis muda abad 19 dari Inggris memben- tuk Pre Raphael Brotherhood (PRB), sebuah organisa- si yang mementingkan unsur spiritual dan kesederha- naan seni abad pertengahan, sebelum masa Raphael. - Tokohnya antara lain Dante Gabriel Rosetti dan John Everett Millais. - PRB ingin membuat karya yang mirip dengan alam, sehingga sedapat mungkin melukis dari alam. - Gaya ini akhirnya populer, walau awalnya dikritik karena penggunaan warna yang dinilai terlalu terang dan komposisi yang aneh.

37 Dreams and Legends Poetic vision - PRB banyak mengambil adegan dari Injil maupun karya Shakespeare. - Ophelia, karya Millais ( ) diambil dari buku Shakespeare “Hamlet”. Lukisan ini menggambarkan kematian Ophelia, yang terpukul akan terbunuhnya sang ayah, sehingga Ophelia mati tenggelam sewaktu memetik bunga. - Millais menghabiskan 4 bulan untuk mengatur setting yang diinginkannya, sesuai dengan kenyataan.

38 Year , Format 76 x 112 cm, Technique Oil on canvas, Location Tate London 2003 Ophelia John Everett MILLAIS ( ) Pelukis asal Inggris. Pendiri Pre Raphaelite Brotherhood, bersama Dante Gabriel Rossetti. Lizzie Siddal berperan sebagai Ophelia, yang berpose di dalam bak mandi. Lizzi akhirnya menikah dengan Rosseti. Sewaktu Lizzie meninggal, Rossetti mengubur kumpulan puisinya dalam makam Lizzie. Namun akhirnya digali kembali agar buku ini bisa dipublikasikan.

39 City Life - Di abad 19, dunia berkembang dan berubah, di mana kota-kota baru tumbuh begitu cepat, muncul berbagai industri baru, mulai digunakannya jalur kereta api, sehingga mengubah cara hidup masyarakat. - Beberapa artis merespon dengan mencoba menggambarkan inspirasi mereka dalam perubahan yang terjadi saat itu. A 19th century view of Les Tuileries in Paris, France.

40 City Life Cafe Society - Paris di abad 19 menjadi pusat perubahan yang patut diteliti. Jalan yang sempit diubah menjadi jalan lebar nan megah, atas ide Baron Haussmann (1853). - Toko-toko baru, teater, cafe-cafe banyak tumbuh, yang menjadi inspirasi bagi pelukis Perancis Edouard Manet dan Edgar Degas dalam berkarya.

41 City Life Top hats and togas - Puisi dari Charles Baudelaire banyak menginspirasi Manet dan seniman Perancis lainnya dalam membuat karya yang sama sekali baru, yang tidak berdasarkan masa lalu. - Top hats (masa kini), juga sama pentingnya dengan togas (masa lalu), yang artinya subyek dari masa modern juga sama bagusnya dengan karya dari masa klasik.

42 Year 1862, Format 76 x 118 cm, Technique Oil on canvas, Location National Gallery, London Music in The Tuileries Gardens Edouard MANET ( ) Pelukis Perancis dengan gaya Impresionisme (impressionists). Dalam lukisan ini terlihat banyak orang berkumpul di sebuah taman di Paris. Mereka berbusana resmi masa abad 19. Manet terlihat di sisi kiri lukisan. Beberapa bagian dibuat rinci, karena Manet mengarahkan sedemikian rupa.

43 City Life A modern style - Banyak artis mulai mengembangkan cara baru untuk menuangkan ide mereka dalam menangkap kehidupan modern. - Unsur spontanitas lebih dipentingkan, dibanding hanya menciptakan komposisi yang seimbang ataupun pewarnaan yang demikian halus. - Sudut pandang yang tidak biasa juga digunakan, bahkan jika perlu melakukan cropping, serta melakukan sapuan kuas dengan bebas dan tebal.

44 City Life At the circus - Miss La-La at Fernando Circus, karya pelukis Perancis Edgar Degas (1879), memperlihatkan Miss La-La, seorang artis sirkus yang sedang beraksi. - Unsur kekuatan, tenaga dan performa dari Miss La-La seakan dapat dirasakan, ketika Miss La-La bergantung dengan mengigit tali dan berayun ke sana ke mari. - Sudut pandang dari bawah menambah unsur dramatis dan ketinggian yang mau disampaikan Degas. - Lukisan ini diselesaikan Degas di studionya, walaupun sketsa dibuat langsung di lapangan.

45 Edgar DEGAS ( ) Year 1879 Format 117 x 78 cm Technique Oil on canvas Location National Gallery, London Pelukis asal Perancis. Miss La-La at The Fernando Circus

46 City Life Light and steam - Saint Lazare Station, karya pelukis Perancis Claude Monet (1877), memperlihatkan kereta api di Stasiun Saint Lazare. - Kereta api merupakan penemuan baru saat itu. - Monet menghabiskan berminggu-minggu dalam membuat gambar dari stasiun ini, dan lebih banyak mempelajari efek cahaya serta warna yang tercipta dari uap dan asap kereta dibandingkan kereta itu sendiri.

47 Year 1877, Format 54 x 74 cm, Technique Oil on canvas, Location National Gallery, London Saint Lazare Station Claude MONET ( ) Pelukis asal Perancis dengan gaya Impresionisme (impressionists).


Download ppt "WEST ART & DESIGN HISTORY - The Usborne: Introduction to Art. Rosie Dickins & Mari Griffith. www.usborne-quicklinks.com - Atlas Dunia Zaman Kuno (Erlangga)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google