Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IX. PASAR PERBANKAN & UANG INTERNASIONAL 1.PENDAHULUAN 2.TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL 3.STANDAR KECUKUPAN MODAL 4.PASAR UANG INTERNASIONAL 5.KRISIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IX. PASAR PERBANKAN & UANG INTERNASIONAL 1.PENDAHULUAN 2.TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL 3.STANDAR KECUKUPAN MODAL 4.PASAR UANG INTERNASIONAL 5.KRISIS."— Transcript presentasi:

1 IX. PASAR PERBANKAN & UANG INTERNASIONAL 1.PENDAHULUAN 2.TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL 3.STANDAR KECUKUPAN MODAL 4.PASAR UANG INTERNASIONAL 5.KRISIS UTANG INTERNASIONAL 6.TUGAS TERSTRUKTUR & SUPLEMEN

2 PENDAHULUAN (1) Bank2 internasional memfasilitasi impor & ekspor klien2nya dengan mengatur pembelanjaan perdagangan. Bank internasional juga melayani klien2- nya dengan mengadakan valas dalam kaitannya dengan transaksi2 lintas-batas & membuat investasi luar negeri. Keistimewaan utama yang membedakan bank2 internasional dari bank2 domestik: tipe deposito yang mereka terima & pinjaman & investasi yang mereka buat.

3 PENDAHULUAN (2) Bank2 yang menyediakan mayoritas jasa2 konsultasi & nasehat, & jasa2 lainnya disebut sebagai bank2 universal atau bank2 jasa penuh. Tiga puluh bank2 terbesar di dunia yang diranking berdasarkan aset totalnya pada akhir tahun fiskal 2003 dapat dilihat pada Exhibit Negara dengan bank terbesar: US (8); Jepang & UK (4); Prancis & Belanda (3); Cina, Spanyol, & Swiss (2); Jerman & Italia (1).

4 PENDAHULUAN (3) Alasan bagi perbankan internasional: 1. Biaya2 marginal rendah; 2. Keunggulan pengetahuan; 3. Jasa informasi negara induk; 4. Prestise; 5. Keunggulan regulasi; 6. Strategi defensif besar; 7. Strategi defensif ritel; 8. Biaya transaksi; 9. Pertumbuhan; & 10. Pengurangan risiko.

5 TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL (1) 1. Bank koresponden: hubungan bank koresponden dikembangkan ketika 2 bank mempertahankan rekening bank koresponden satu dengan yang lain 2. Kantor perwakilan: fasilitas pelaya- nan kecil yang dipegang oleh personel bank induk yang didesain untuk membantu klien2 MNC dari bank induk dalam kaitannya dengan para koresponden bank.

6 TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL (2) 3. Cabang2 luar negeri: beroperasi seperti bank lokal, tetapi secara hu- kum adalah bagian dari bank induk. 4. Bank2 subsidiari & afiliasi. Bank subsidiari: bank patungan yang secara keseluruhan dimiliki atau secara mayoritas dimiliki oleh induk asing. Bank afiliasi: bank yang hanya secara parsial dimiliki tetapi tidak dikontrol oleh induk asingnya.

7 TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL (3) 5. Pusat2 perbankan luar negeri: suatu negara yang mana sistem perbankan dior- ganisasi yang memungkinkan rekening2 eksternal yang melebihi aktivitas ekonomi normal di negara tsb. Bank2 luar negeri beroperasi seperti cabang atau subsidiari dari bank induk. 6. Banks UU Edge: subsidiari dari bank2 US yang diijinkan secara resmi yang secara fisik berlokasi di US & diijinkan untuk mengikutsertakan dalam jangkauan penuh atas aktivitas2 perbankan internasional.

8 TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL (4) 6. Fasilitas2 perbankan internasional (IBF): kumpulan rekening aset & kewajiban terpisah yang dipisahkan pada buku2 bank induk, itu bukan entitas fisik yang unik atau legal. IBF beroperasi seperti bank2 asing di US. Perbandingan struktur organisasional atas kantor2 perbankan dapat dilihat pada Exhibit 11.2.

9 STANDAR2 KECUKUPAN MODAL (1) Kecukupan modal bank: jumlah mo- dal ekuitas & sekuritas2 yang dipe- gang bank sebagai cadangan terha- dap aset2 berisiko untuk mengurangi kemungkinan kegagalan bank tsb. Persetujuan Basel: BIS mengembang- kan kerangka kerja untuk mengukur kecukupan modal bagi bank dalam Kelompok Sepuluh (G-10) negara & Luxemburg.

10 STANDAR2 KECUKUPAN MODAL (2) BIS: bank sentral untuk transaksi internasional kliring antara bank2 sentral nasional, & juga melayani sebagai fasilitator dalam mencapai persetujuan2 perbankan internasional di antara anggota2-nya. Persetujuan Basel: CAR minimum bank 8% atas aset2 tertimbang risiko bagi bank2 yang aktif secara interna- sional.

11 STANDAR2 KECUKUPAN MODAL (3) Modal bank dibagi 2: 1. Modal inti tingkat I: ekuitas saham biasa & laba ditahan. 2. Modal pelengkap tingkat II: saham preferen & obligasi subordinasi. Tingkat II  50% dari modal total bank, atau  4% dari aset2 tertim- bang risiko. Persetujuan Basel diamandemen 1996

12 STANDAR2 KECUKUPAN MODAL (4) Modal tingkat III: utang subordinate jangka pendek. Tahun 1999 Komite Basel mengusulkan persetujuan modal baru & menghasilkan kerangka kerja kecukupan modal baru (Basel II). Basel II didasarkan pada 3 pilar penegakan kembali secara mutual: 1. persyaratan minimum modal minimum, 2. proses review pengawasan, & 3. penggunaan disiplin pasar secara efektif.

13 STANDAR2 KECUKUPAN MODAL (5) Pilar I: CAR minimmum 8% dihitung atas jumlah dari risiko pasar & operasional kredit bank. Pilar II: didesain untuk menjamin bahwa setiap bank mempunyai proses internal yang logis dalam penempatan terutama untuk menilai kecukupan modalnya didasarkan pada evaluasi atas risikonya. Pilar III: didesain untuk melengkapi dua yang lain.

14 PASAR UANG INTERNASIONAL Inti dari pasar uang internasional: pasar Eurocurrency. Eurocurrency: deposito uang berjang- ka di suatu bank internasional yang berlokasi di negara yang berbeda dari negara yang menerbitkan mata uang tsb. Deposito US$ di luar US disebut Euro- dollar, & bank2 yang menerima depo- sito Eurodollar disebut Eurobanks.

15 Pasar Eurocurrency (1) Pasar Eurocurrency beroperasi pada level antarbank & atau level besar. London merupakan pusat keuangan Eurocurrency, tingkat bunga acuan atas deposito Eurocurrency disebut LIBOR. EURIBOR: Tingkat bunga pada mana deposito antar bank atas € ditawar- kan oleh satu bank utama kepada bank lain dalam zona euro.

16 Pasar Eurocurrency (2) Dalam pasar uang besar, Eurobank menerima deposito2 berjangka tetap Eurocurrency & menerbitkan sertifikat deposito yang dapat dinegosiasi (NCDs). Nilai2 akhir tahun atas kewajiban2 eksternal bank internasional (kewajiban Eurodeposits & Euro lain) selama dapat dilihat pada Exhibit 11.4.

17 Eurocredits Eurocredits: pinjaman2 Eurocur- rency berjangka pendek sampai menengah yang diberikan oleh Eurobanks kepada korporasi, pemerintah2 luar negeri, bank2 bukan utama, atau organisasi2 internasional. Tingkat bunga pinjaman Eurocre- dit dinyatakan: LIBOR + x%.

18 Persetujuan2 Tingkat Bunga Forward (1) FRA: kontrak antarbank yang memungkin- kan Eurobank untuk melindung nilai risiko tingkat bunga dalam ketidaksesuaian deposito2 & kredit2. FRA melibatkan dua pihak: 1. Pembeli yang menyetujui untuk membayar penjual biaya bunga yang meningkat pada jumlah pokok jika tingkat bunga turun di bawah tingkat bunga yang disetujui.

19 Persetujuan2 Tingkat Bunga Forward (2) 2. Penjual yang menyetujui untuk membayar pembeli biaya bunga yang meningkat jika tingkat bunga meningkat di atas tingkat bunga yang disetujui. FRA dapat juga digunakan untuk tujuan2 spekulatif.

20 Euronotes Euronotes: wesel jangka pendek yang dijamin oleh kelompok bank investasi atau komersial interna- sional yang disebut “fasilitas”. Euronotes dijual pada suatu diskon dari nilai muka & memba- yar kembali nilai muka penuh pada saat maturitas, biasanya 3- 6 bulan.

21 Kertas Eurocommercial Kertas Eurocommercial: wesel promissori berjangka pendek tidak berjamin yang diterbitkan oleh suatu korporasi atau bank dan ditempatkan secara langsung dengan investasi publik melalui suatu dealer. Kertas Eurocommercial dijual pada suatu diskon dari nilai muka, dengan maturitas antar 1 – 6 bulan.

22 KRISIS UTANG INTERNASIONAL (1) Prinsip tertentu mendefinisikan perilaku perbankan yang sehat: 1. Menghindari konsentrasi yang tidak semestinya terhadap aktivitas2, individual2, atau kelompok2 tunggal. 2. Memperluas secara hati2 ke dalam aktivitas2 yang tidak familier. 3. Mengetahui mitra kerja.

23 KRISIS UTANG INTERNASIONAL (2) 4. Mengontrol ketidakselarasan antara aset2 & kewajiban2. 5. Berhati-hati bahwa jaminan tidak mudah hilang terhadap goncangan yang sama yang memperlemah peminjam. Pelanggaran atas dua yang pertama dari prinsip tsb. oleh beberapa bank internasio- nal terbesar di dunia bertanggung jawab untuk krisis utang internasional (krisis utang dunia ketiga), yang disebabkan oleh peminjaman kepada pemerintah luar negeri beberapa negara kurang maju (LDCs).

24 Sejarah (1) Krisis utang internasional dimulai pada 20 Agustus 1982 ketika Meksiko meminta lebih dari US$100 miliar & bank2 luar negeri memberikan pinjaman US$68 miliar pinjaman. Segera Brasil, Argentina, & lebih dari 20 negara berkembang lainnya mengumumkan problem sama dalam jasa utang atas pinjaman2 banknya. Pada krisis berat, negara dunia ketiga berutang US$1,2 triliun.

25 Sejarah (2) Pada 1989, Bank Dunia mengestimasi bahwa 19 LDCs mempunyai utang beredar ekuivalen dengan 53,6% dari GNP. Pembayaran bunga hanya berjumlah sampai 22,3% dari pendapatan ekspor. Sumber krisis utang internasional adalah minyak.

26 Swaps Utang-untuk-Ekuitas (1) Swap utang-untuk-ekuitas: sebagai bagian dari persetujuan penjadualan kembali utang di antara sindikat peminjaman bank & bangsa2 pengutang, bank2 kreditor akan menjual pinjaman2-nya dengan US$ pada diskon dari nilai muka kepada MNCs yang menginginkan untuk membuat investasi ekuitas dalam subsidiari atau perusahaan lokal di LDCs.

27 Swaps Utang-untuk-Ekuitas (2) Bank sentral LDC akan membali utang bank dari suatu MNC pada diskon lebih kecil daripada yang dibayar MNC, tetapi dalam mata uang lokal. MNC akan menggunakan mata uang lokal untuk membuat investasi baru di LDC yang secara ekonomis atau sosial menguntungkan bagi LDC & masyarakatnya.

28 Solusi: Obligasi Brady Solusi Brady menawarkan bagi bank kreditor satu dari tiga alternatif: 1. Mengonversi pinjaman2-nya terhadap obligasi yang marketabel dengan nilai muka sampai 65% dari jumlah pinjaman aslinya. 2. Mengonversi pinjaman tsb. ke dalam obligasi berjamin dengan mengurangi tingkat bunga 6,5%. 3. Meminjamkan dana tambahan yang memungkinkan bangsa pengutang dapat berdiri sendiri.

29 TUGAS TERSTRUKTUR & SUPLEMEN (1) Halaman 287, Questions Nomor: 1, 2, 4, 5. Halaman 287, Problems Nomor: 1, 2, 4. Selamat mencoba! Terima kasih & wasalam.

30 TUGAS TERSTRUKTUR & SUPLEMEN (2) Cari artikel tentang krisis bank di negara tertentu (misalnya US dengan kasus subprime mortgage, atau Perancis) di harian, internet, atau majalah. Buat ringkasan eksekutif, maksimum 1 halaman folio. Harap ditulis tangan.


Download ppt "IX. PASAR PERBANKAN & UANG INTERNASIONAL 1.PENDAHULUAN 2.TIPE2 KANTOR PERBANKAN INTERNASIONAL 3.STANDAR KECUKUPAN MODAL 4.PASAR UANG INTERNASIONAL 5.KRISIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google