Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGOTA : 1. SY. FATIMAH 2. ENI GUSTINI 3. TRI SUKMA DEWI 4. NOVA PUSPA SARI PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGOTA : 1. SY. FATIMAH 2. ENI GUSTINI 3. TRI SUKMA DEWI 4. NOVA PUSPA SARI PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU."— Transcript presentasi:

1 ANGGOTA : 1. SY. FATIMAH 2. ENI GUSTINI 3. TRI SUKMA DEWI 4. NOVA PUSPA SARI PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU

2 LATAR BELAKANG MASALAH Profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapasitas untuk bersaing. Guru harus menunjukkan kompetensi yang meyakinkan dalam segi pengetahuan, ketrampilan, penguasaan kurikulum, materi pelajaran, metode mengajar, dan komitmen terhadap disiplin tugas yang tinggi. Motivasi guru dalam melaksanakan tugas berpengaruh terhadap kinerja guru. * FAKTA : - Adanya guru-guru yang hanya ngobrol di kantor padahal ada jam mengajar. - Guru hanya memberikan materi dengan menyuruh siswa mencatat atau meringkas buku. - Guru datang terlambat ataupun tidak datang ke sekolah padahal ada jam mengajar.

3 Identifikasi Masalah Rendahnya semangat kerja guru membuat perangkat pembelajaran dan tugas lainnya yang tidak selesai sampai batas waktu yang ditentukan. Rendahnya motivasi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari kehadiran guru dalam kelas. Rendahnya komitmen guru dalam melakukan proses belajar mengajar sehingga cendrung menyebabkan menurunnya nilai siswa.

4 Perumusan Masalah Apakah profesionalisme berpengaruh terhadap kinerja guru ? Apakah kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru ? Apakah motivasi berpengaruh kinerja guru ? Apakah profesionalisme, kompetensi, dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru ?

5 Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru.

6 Kajian Pustaka Profesionalisme : (menurut Sudarwan, 2003:127), profesionalisme guru mencakup : profesionalisme material, profesionalisme metodelogi, profsisonalisme sosial, profesionalisme demokratis, dan profesionalisme manajerial. Kompetensi : Standar kompetensi profesional yang harus dimiliki guru yaitu pengelolaan pembelajaran, pengembangan potensi, dan penguasaan akademik. Teori-teori motivasi dari Abraham maslow dan hezberg.

7 Kerangka Pemikiran Guru hendaklah mempunyai profesionalisme yang tinggi, kompetensi yang baik dan motivasi yang tinggi sehingga menghasilkan kinerja yang tinggi. Kinerja yang dimilki guru akan menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi tinggi yang ditunjukkan dengan nilai tinggi.

8 Bagan kerangka pemikiran *Profesionalisme (X1) Prilaku Kinerj (Y) prestasi siswa -jujur *Kompetensi (X2) -Adil -Disiplin *Motivasi Guru (X3)

9 Hipotesis Diduga ada pengaruh yang signifikan profesionalisme terhadap kinerja guru. Diduga ada pengaruh yang signifikan kompetensi terhadap kinerja guru. Diduga ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kinerja guru. Diduga ada pengaruh yang signifikan profesionalisme, kompetensi dan motrivasi terhadap kinerja guru.

10 Penelitian Terdahulu No.PenelitiJudulVariabelMetodeHasil Hernowo Narmodo M. Rizal Firdausy Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap kinerja Pegawai BKD Wonogiri Pengaruh Kompetensi, Profesionalisme Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja guru Ekonomi SMA Negeri Kab. Banjarnegara. -Variabel bebas : Motivasi (X1)dan Disiplin (X2) -Variabel Terikat : Kinerja Guru (Y) -Variabel bebas : Kompetensi (X1). Profesionalis me (X2) Motivasi (X3) Disiplin (X4) -Variabel Terikat : Kinerja Guru Ekonomi (Y) -Wawancara, kuisioner, observasi. -- Analisis Regresi Berganda -- Wawancara, kuisioner, obervasi. -- Analisis Regresi Berganda Motivasi dan Disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinderja pegawai BKD Wonogiri Terdapat pengaruh yang positif antara kompetensi, profesionalisme, motivasi, dan disiplin terhadap kinerja guru ekonomi SMA negeri kab. Banjarnegara.

11 Operasional Variabel Penelitian VariabelDimensiIndikatorNo. item Skala Profesionalisme- Profesionalisme material. - Profesionalisme metodelogi -Profesionalisme demokratis - Profesionalisme manajerial Penguasaan materui pelajaran Penguasaan metode dan strategi mengajar Membaur dan menjadi bagian masyarakat Sebagai manajer dan fasilitator belajar 1,2, 3,4 5,6 7,8 Ordinal Kompetensi Profesional Guru - Pengelolaan pembelajaran -Menguasi bahan -Mengelola program -Mengelola kelas -Menggunakan media -Menguasai materi -Mengelola interaksi -Melakukan penilaian 1,3 4,5 6,7 8,9 10,11 12,13 14,15 ordinal

12 Lanjutan operasional variabel VariabeldimensiIndikartorNo ItemSkala -Pengelolaan administrasi sekolah -Pemahaman prinsip dan penelitian pendidikan -Pengenalan fungsi -pengenalan penyelenggaraan administrasi sekolah -Memahami prinsip pendidikan dan penelitian pendidikan 16,17 18,19 10,21 ordinal Motivasi-Fisiologis - Keselamatan dan keamanan -Sosial -Penghargaan -Aktualisasi diri -Kemampuan memeprioleh makanan, perllindungan dan pakaian -Lingkungan kerja yang aman -Hubungan persahabatan dengan teman sekerja -Pengakuan, penghargaan, reputasi, imbalan -Merealisasikan suatu impian dan potensi, kreatifitas, dan kepuasan kerja 1,2 3,4 5,6 7,8, 9,10,11,12 ordinal

13 Lanjutan operasional variabel VariabeldimensiindikatorNo. item skala Kinerja_Kualitas hasil kerja -Kuantitas hasil kerja -Kemampuan bekerja Sendiri -Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja -Tanggung Jawab -Kepuasan Konsumen -Mengukur tingkat produktivitas -Dapat diandalkan -Mendapatkan hasil kerja yang berkualaitas -Terhadap peralatan dan proses material dan keselamatan kerja 1, ,6 7,8 9,10 oerdinal

14 Megode penelitian Wawancara, Kuisioner, observasi Teknik Analisis : Analisis Regresi Berganda


Download ppt "ANGGOTA : 1. SY. FATIMAH 2. ENI GUSTINI 3. TRI SUKMA DEWI 4. NOVA PUSPA SARI PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google