Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaruh Tauhid dalam kehidupan Malang, Oktober 2012 Abu Rozanah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaruh Tauhid dalam kehidupan Malang, Oktober 2012 Abu Rozanah."— Transcript presentasi:

1 Pengaruh Tauhid dalam kehidupan Malang, Oktober 2012 Abu Rozanah

2  وحد يوحد توحيدا yang aritinya mengesakan  Istilah :adalah meyakini keesaan Allah dalam RububiyahNya, ikhlas beribadah kepadaNya serta menetapkan bagiNya nama-nama dan sifat-sifatNya.

3  Tauhid Rububiyah  Tauhid Uluhiyah  Tauhid Asma wa shifat  Ada yang menambahkan Tauhid Mulkiyah ( kekuasan adalah milik Allah

4  Etomologi : berasal dari kata Rabb yang mempunyai arti antara lain :  Al Murobby - pemelihara  Al Nashir- penolong  Al Malik- pemilik  Al Muslih- yang memperbaiki  Al Sayyid- Tuan  Al Wali­­- wali  Kata Ar-robb tidak disebut sendirian, kecuali untuk Allah yang menjamin kemaslahatan seluruh makhluk. Adapun jika diidhafahkan (ditambah dengan yang lain ), maka hal itu bisa untuk Allah dan bisa untuk yang lainNya.

5  " الحمد لله رب العالمين “ artinya tuhan semesta alam  و اذكرنى عند ربك فأنساه الشيطان ذكر ربه  “Terangkanlah keadaanku kepada tuanmu,Maka syaitan menjadikan ia lupa menerangkan (keadaan Yusuf) kepada tuannya.  ربة البيت : ibu rumah tangga

6  Tauhid Rububiyah berarti percaya bahwa hanya Allahlah satu satunya pencipta, pemilik, pengendali alam raya,pemberi rizki, yang dengan takdirNya Ia menghidupkan dan mematikan serta mengendalikan alam dengan sunnah sunnahNya.

7 1. beriman kepada perbuatan perbuatan Allah yang bersifat umum seperti menciftakan, memberi rizki, menghidupkan, mematikan, menguasai dll. 2. Beriman kepada takdir Allah. 3. Beriman kepada zat Allah

8  و لئن سألتهم من خلق السموت و الأرض ليقولن الله  “Dan sesungguhnya jika kamu bertanya kepada mereka “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi ? Tentu mereka akan menjawab “Allah”,(Luqman:25)  Pada hakikatnya semua ummat sepanjang sejarahnya meyakini ajaran tauhid rububiyah, baik secara lahir dan batin maupun hanya secara batin, sperti kasus Fir’aun yang disinyalir Allah Swt dalam Al-Qur’an:  " و جحدوا بها و استيقنتها أنفسهم ظلما و علوا "

9  Dari kata أله يأله الاها yang berarti Yang disembah dan Yang ditaati. Kata ini digunakan untuk menyebut sesembahan yang hak dan yang batil.  " الله لا اله الا هو الحي القيوم “ yang hak  " أفرأيت من اتخذ الهه هواه “ yang bathil  “Apakah engkau telah melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya? (al Jatsiyah:23)

10  adalah “Mengesakan Allah dalam ibadah dan ketaatan.  Atau mengesakan Allah dalam perbuatan seperti shalat, puasa, zakat, haji, nazar, menyembeli sembelihan, rasa takut, rasa harap, dan cinta.  Oleh sebab itu, realisasi yang benar dari Tauhid Uluhiyah hanya bisa terjadi dengan dua dasar : al-ikhlas dan mutabaah

11  Tauhid Uluhiyah merupakan jenis Tauhid yang terpenting dan paling mendasar. Dan Tauhid ini adalah inti dakwah para rasul, mulai rasul pertama hingg terakhir.  و لقد بعثنا فى كل أمة رسولا أن اعبدوا الله و اجتنبوا الطاغوت  “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyeru ): “sembahlah Allah saja, dan jauhilah thagut itu. “ (an-Naml:36)

12  Terkait masalah – masalah kauniyah seperti mencipta, memberi rizki, menghidupkan, mematikan  bersifat ilmiyah (pengetahuan )  Tidak otomatis menjadi muslim,  perbuatan perbuatan Allah  terkait dengan perintah dan larangan., seperti wajib, haram, makruh,  bersifat amaliyah (aplikatif).  semua yang beriman kepada tauhid uluhiyah otomatis muslim.  pengesaan Allah swt. dengan perbuatan perbuatan hambanya seperti shalat puasa dll

13  Yaitu beriman bahwa Allah mempunyai zat yang tidak serupa dgn dzat yang lain, dan mempunyai sifat yang tidak serupa dengan shifat yang lain. Dan nama-namaNya menyatakan dengan jelas akan sifatnya yang mutlak.” tidak ada satupun yang menyerupainya, dan dia maha mendengar dan maha melihat.”

14  Menetapkan nama-nama dan sifat Allah sesuai dengan qur’an dan sunnah  Berdoa dengan nama- dan sifat tersebut.  وَلِلّهِ الأَسْمَاء الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُواْ الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَآئِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ  ‘’Dan Allah mempunyai nama-nama yang baik, dan berdoalah kalian dengan nama- nama itu “

15  لااله : menafikan seluruh sesembahan (batu, gunung, goa, pantai, jabatan, hawa nafsu, wanita,dll)  إلا الله : dan menetapkan bahwa yang berhak untuk disembah adalah Allah

16  Masuk surga  من شهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأن محمدا عبده ورسوله ، وأن عيسى عبد الله ورسوله ، وكلمته ألقاها إلى مريم وروح منه ، والجنة حق ، والنار حق ، أدخله الله الجنة على ما كان من العمل ». أخرجاه.  « فإن الله حرم على النار من قال لا إله إلا الله يبتغي بذلك وجه الله »  Mendapat Ampunan dari Allah swt dan masuk surga tanpa dihisab

17 1. الشجاعة keberanian  karena keyakinan sebagai hamba Allah yang selalu dibela dan didukung Allah. Tidak takut menghadapi tantangan hidup, siap berjuang untuk tegaknya yang haq (benar). Keberanian juga bersumber kepada keyakinan terhadap qadha dan qadar Allah yang pasti. Tidak takut pada kematian karena kematian di jalan Allah merupakan anugerah yang selalu dirindukannya. 2. الاطمئنان ketenangan الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ } [ الأنعام : 82 ].rasa aman n tenang

18  3. السعادة (bahagia)  مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ  4. التفاءل (optimis) Karena ia yakin akan janji2 dan pertolongan Allah 5. الهداية mendapat petunjuk Bertaqwalah pada Allah maka Allah mengajarkan padamu…. ( 2:282). (al- kahfi : 13)

19  يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ احْفَظْ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلْ اللَّهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَكَ وَلَوْ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ رُفِعَتْ الْأَقْلَامُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ  Wahai anak kecil, aku akan mengajarimu beberapa kalimat, jagalah aturan-aturan Allah, Allah akan menjagamu, engkau akan mendapatiNya dihadapanmu, jika engkau minta mintalah pada Allah, jika minta tolong, minta tolonglah pada Allah, ketahuilah, seandainya seluruh ummat berkumpul untuk memberikan manfaat padamu, maka mereka tidak mampu memberikan manfaat, kecuali sudah ditulis oleh Allah, sseandainya mereka berkumpul untuk memberikan madharrat padamu, maka mereka tidak akan mampu memberikan madharrat kecuali sudah ditulis oleh Allah untukmu, pena sudah diangkat dan lembaran2 telah kering

20  وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا هود : 6)) وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ  Dan tidak ada suatu binatang melata pun(^) di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya.(^) Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz ).  (^) Yang dimaksud "binatang melata" di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.  (^) Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan "tempat berdiam" di sini ialah dunia dan "tempat penyimpanan" ialah akhirat. Dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud "tempat berdiam" ialah tulang sulbi dan "tempat penyimpanan" ialah rahim.

21  Semoga bermanfaat

22


Download ppt "Pengaruh Tauhid dalam kehidupan Malang, Oktober 2012 Abu Rozanah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google