Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EFISIENSI ENERGI (Pemborosan Energi Listrik di Kalangan Mahasiswa) Kelompok 3 Harseno Ridhol Haqqi (27602) Kasih Kurniawan (27898) Fajar Ari Prastowo (27657)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EFISIENSI ENERGI (Pemborosan Energi Listrik di Kalangan Mahasiswa) Kelompok 3 Harseno Ridhol Haqqi (27602) Kasih Kurniawan (27898) Fajar Ari Prastowo (27657)"— Transcript presentasi:

1 EFISIENSI ENERGI (Pemborosan Energi Listrik di Kalangan Mahasiswa) Kelompok 3 Harseno Ridhol Haqqi (27602) Kasih Kurniawan (27898) Fajar Ari Prastowo (27657) Yanuwirawan Tri W (27779) Syamsurijal (27080) Hermawan Budi S (27758) Dicky Arinanda (28064) Akif Rahmatillah (28664)

2 Pendahuluan Telah terjadi krisis energi listrik di berbagai daerah, bahkan di pulau Jawa dan Bali akibat berkurangnya sumber energi primer. Energi listrik yang tersedia sekarang tidak mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Butuh solusi baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk mengatasi krisis energi listrik.

3 Pendahuluan Solusi jangka panjang : Ekstensifikasi sumber energi (pengembangan sumber energi baru). Percepatan pembangunan pembangkit energi baru. Solusi jangka pendek : Kesadaran pengguna listrik untuk BERHEMAT

4 Pendahuluan Mahasiswa bagian dari masyarakat dan punya intelektualitas tinggi, seharusnya menjadi pelopor hemat energi. Namun apakah mereka melakukan penghematan energi dalam keseharian mereka ??????

5 IKUTI TAYANGAN BERIKUT

6

7 Penyebab Inefisien 1.Alat Aspek penting yang dapat diukur dari sebuah alat berkaitan dengan pemborosan energi adalah kualitas serta teknologi dari alat tersebut. 2.Kesadaran pengguna alat Tanpa diikuti keinginan untuk berhemat, tentu saja berhemat sulit dilakukan.

8 Contoh Usaha Efisiensi 1.Jangan masukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. 2.Apabila menggunakan air conditioner (AC) dalam rumah, sebaiknya tidak menyalakan dan mematikannya terlalu sering. 3.Gunakanlah peralatan elektronik secara bergantian.

9 Merawat Instalasi Listrik di Rumah 1.Lakukan pemeriksaan rutin, minimal setahun sekali. 2.Pergunakan peralatan elektronik sesuai dengan daya tersambung. 3.Pastikan instalasi listrik telah terpasang dengan tepat, benar, dan aman. 4.Rehabilitasi instalasi listrik.

10 Penumbuhan Kesadaran Dibutuhkan penyebaran informasi yang benar bahwa krisis energi telah ada di depan mata sehingga muncul kesadaran dari mahasiswa untuk melakukan penghematan energi, agar dapat menjadi contoh yang baik pada masyarakat.

11 HEMATLAH ENERGI LISTRIK UNTUK PERADABAN KEHIDUPAN KITA WASPADALAH………… WASPADALAH…………………


Download ppt "EFISIENSI ENERGI (Pemborosan Energi Listrik di Kalangan Mahasiswa) Kelompok 3 Harseno Ridhol Haqqi (27602) Kasih Kurniawan (27898) Fajar Ari Prastowo (27657)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google