Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Oleh : Abdul Rauf 11051100184 Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Oleh : Abdul Rauf 11051100184 Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya."— Transcript presentasi:

1 PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Oleh : Abdul Rauf Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya Ilmiah se-Provinsi Riau yang Diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Tahun 2013

2 Latar Belakang  Proses pembelajaran dilaksanakan secara konvensional.  Proses penilaian dan pengarsipan data secara manual memakan waktu yang relatif lama dan rentan terhadap kesalahan.  Sulitnya orang tua siswa dalam memantau perkembangan anak mereka.  Sistem Pembelajaran Online memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran maupun penilaian, karena semua dikerjakan secara komputerisasi melalui sebuah sistem.

3 Konsep E-Learning Istilah e-learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan: “E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.”

4 Rumusan Masalah Bagaimana merancang dan membangun Sistem Pembelajaran Online (E-learning)?

5 Tujuan E-Learning Untuk mempermudah dalam proses belajar- mengajar antara siswa dan guru. Mempermudah guru dalam pengumpulan data nilai siswa, sharing data nilai siswa secara cepat dan memudahkan siswa untuk akses atau melihat nilai yang di peroleh layaknya sistem pengolahan nilai sebelumnya (rapor). Menghasilkan nilai secara online yang dapat menghindari kesalahan penulisan secara manual serta membantu pengarsipan data nilai jika suatu saat dibutuhkan.

6 Membantu orang tua dalam mendapatkan informasi secara cepat dan tepat tanpa harus berkunjung ke sekolah. Membantu siswa dan orang tua dalam melihat perkembangan belajar melalui nilai yang di peroleh dari setiap mata pelajaran. Sistem ini berbasis web yang dapat di akses di mana pun dan kapan pun oleh orang yang berhak mengakses. Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti lomba karya ilmiah yang diadakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis. Sebagai kontribusi penulis kepada pihak-pihak terkait yang memerlukan data dan informasi mengenai sistem pembelajaran online.

7 Manfaat Penulisan  Bagi Instansi Pendidikan Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dan bahan masukan bagi instansi pendidikan serta instansi terkait lainnya dalam rangka memajukan mutu pendidikan. Proses pembelajaran dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan mencakup jumlah yang lebih besar, menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan.  Bagi Guru Karya ini dapat dijadikan salah satu cara alternatif untuk mengajar siswa dalam belajar serta mempermudah guru dalam mengajari siswa karena tersedianya media yang bervariasi seperti audio, grafik, animasi dan video. Sampai saat ini, para pendidik terbatas pada sumber-sumber yang ada di kelas atau gedung sekolahnya, dengan adanya sistem pembelajaran online, siswa dapat mengakses database dengan baik di luar batasan lokal, hal ini dapat memperluas cakrawala yang kecil menjadi besar.

8  Bagi Siswa Sistem pembelajaran online ini dapat menarik minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru, di rumahpun mereka bisa belajar cukup dengan adanya akses internet. Tercipta independensi mengenai tempat, waktu, pengajar menjadi fleksibel, pembelajaran lebih berorientasi pada siswa (siswa lebih banyak aktif).  Bagi Peneliti Selanjutnya Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan/ referensi bagi peneliti selanjutnya.

9 Metode Penelitian Teknik Pengumpulan Data - Pustaka - Melalui Website Teknik Analisa Data - Dalam penelitian penulis menggunakan analisa data secara deskriptif kualitatif, yaitu setelah semua data telah berhasil dikumpulkan, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya.

10 Teknik Pendekatan Sistem Teknik pendekatan sistem yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode terstuktur yaitu suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Pendekatan terstruktur dilengkapi dengan alat-alat (tools) dan teknik-teknik (techniques) yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan diperoleh sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas. Teknik Pengembangan Sistem Pengembangan sistem (systems development) dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang ada. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai dengan sistem tersebut diterapkan, dioperasikan, dan dipelihara. Daur atau siklus hidup dari pengembangan sistem merupakan suatu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah di dalam tahapan tersebut dalam proses pengembangannya. Teknik siklus hidup pengembangan sistem pada pembuat sistem pembelajaran online ini berupa prototype model. Prototype model ini merupakan teknik siklus hidup pengembangan sistem yang bertujuan mendapatkan kebutuhan yang jelas. Teknik Pendekatan dan Pengembangan Sistem

11 Flowchart

12 Context Diagram

13 DFD Level 1

14 ERD

15 Kesimpulan Sistem pembelajaran online ini mudah digunakan/user friendly segala kalangan. Sistem pembelajaran online ini mempermudah proses ajar mengajar antara guru dan siswa. Sistem memudahkan guru dalam pengarsipan data siswa dan nilai. Sistem pembelajaran online ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, tidak terpaku pada belajar di kelas yang bersifat: monoton, komunikasi satu arah, dan keberanian siswa untuk aktif lebih terbuka lebar dalam menyampaikan argumennya. Aplikasi sistem belajar online ini bisa di kembangkan lagi kedepannya sesuai kebutuhan dan kemajuan global. Sistem ini nantinya bisa terintegrasi dengan perangkat mobile sehingga semakin memudahkan siswa, guru, dan wali murid untuk mengaksesnya.


Download ppt "PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Oleh : Abdul Rauf 11051100184 Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google