Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 RANCANGAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KULIAH KE-8 ORGANISASI PENGOLAHAN DAN TAHAPAN PENGOLAHAN PRA KOMPUTER TABULASI DAN PENGECEKANNYA SERTA PENYAJIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 RANCANGAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KULIAH KE-8 ORGANISASI PENGOLAHAN DAN TAHAPAN PENGOLAHAN PRA KOMPUTER TABULASI DAN PENGECEKANNYA SERTA PENYAJIAN."— Transcript presentasi:

1 1 RANCANGAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KULIAH KE-8 ORGANISASI PENGOLAHAN DAN TAHAPAN PENGOLAHAN PRA KOMPUTER TABULASI DAN PENGECEKANNYA SERTA PENYAJIAN

2 2 PELAKSANAAN LAPANGAN Sesuai prosedur dan kriteria ditentukan Sesuai prosedur dan kriteria ditentukan Mematuhi jadwal waktu Mematuhi jadwal waktu Meneliti akurasi Meneliti akurasi Meneliti non respons Meneliti non respons Kelengkapan dokumen dan isian Kelengkapan dokumen dan isian

3 ORGANISASI PENGOLAHAN Tersedianya sarana dan prasarana Tersedianya sarana dan prasarana - Scanner, Computer/ PC - Gudang/penampungan dokumen - Ruang pengolahan data Sumber daya manusia 3

4 4

5 5

6 6

7 7 TAHAPAN PENGOLAHAN (1) 1. Menetapkan mekanisme dan prosedur termasuk petugas pengolahan pengolahan termasuk petugas pengolahan 2. Membuat panduan pengolahan: Editing pemeriksaan kewajaran Editing pemeriksaan kewajaran data dan konsistensi isian antar variable data dan konsistensi isian antar variable Koding berdasarkan klasifikasi Koding berdasarkan klasifikasi yang ditentukan yang ditentukan Validasi dan pemberian kode sesuai Validasi dan pemberian kode sesuai panduan panduan

8 8 TAHAPAN PENGOLAHAN (2) 3. Perekaman data ke media Computer (langsung 4. Pengecekan pasca computer (langsung komputerisasi atau dibantu manual) komputerisasi atau dibantu manual) (termasuk 5. Tabulasi dan pengecekannya (termasuk penentuan faktor pengali dan penimbang) penentuan faktor pengali dan penimbang)

9 9 TUJUAN PENGOLAHAN (1) sesuai 1. Memperoleh data untuk siap dianalisis sesuai dengan yang telah ditentukan dengan yang telah ditentukan yang berupa pengecekan kualitas data 2. Merupakan pengawasan/ pemeriksaan lapangan yang berupa pengecekan kualitas data 3. Melakukan editing dan cek hasil editing

10 10 TUJUAN PENGOLAHAN (2) 4. Coding dan cek hasil coding 5. Validasi 6. Membangun/ membentuk variable baru berupa penghitungan respon rate dan penentuan penimbang 7. Analisa pemasukan dokumen berupa penghitungan respon rate dan penentuan penimbang

11 11 TUJUAN PENGOLAHAN (3) Membangun Variabel baru a. Melengkapi Identitas wilayah a. Melengkapi Identitas wilayah b. Membuat interval/ kelas: misalnya b. Membuat interval/ kelas: misalnya pengeluaran, menjadikan dalam pengeluaran, menjadikan dalam puluhan, ribuan dsb. puluhan, ribuan dsb. c. Uraian (lainnya) c. Uraian (lainnya)

12 12 TUJUAN PENGOLAHAN (4) Analisis respons rate Dari hasil pemasukan dokumen dapat dipakai sebagai evaluasi kinerja bagi BPS daerah dan sebagai bahan masukan perencanaan survei yad. Dari hasil pemasukan dokumen dapat dipakai sebagai evaluasi kinerja bagi BPS daerah dan sebagai bahan masukan perencanaan survei yad.

13 13 PRA KOMPUTER (1) Editing Berupa pengecekan kewajaran dan melalui range check, juga konsistensi antar variabel. Berupa pengecekan kewajaran dan melalui range check, juga konsistensi antar variabel. Contoh : Jika nelayan dengan tenaga kerja satu orang, perahu tidak bermotor, tidak mungkin hasil tangkapannya ber ton-ton. Contoh : Jika nelayan dengan tenaga kerja satu orang, perahu tidak bermotor, tidak mungkin hasil tangkapannya ber ton-ton.

14 14 PRA KOMPUTER (2) Coding Pemberian kode, bisa langsung pada daftar isian, di lapangan atau di kantor Pemberian kode, bisa langsung pada daftar isian, di lapangan atau di kantor Apakah kode-kode yang dilingkari sudah sesuai dengan kode yang ada di kotak yg disediakan dan ada dalam range check. Apakah kode-kode yang dilingkari sudah sesuai dengan kode yang ada di kotak yg disediakan dan ada dalam range check.

15 15 PEREKAMAN DATA Perekaman data Merupakan kegiatan pemindahan data dari kuesioner ke media komputer (entry data)

16 16 TABULASI Tabulasi Tabulasi Kegiatan memprodusir tabel-tabel sesuai dengan rancangan tabel yang ditentukan setelah data dinyatakan Kegiatan memprodusir tabel-tabel sesuai dengan rancangan tabel yang ditentukan setelah data dinyatakan clean. Pengecekan konsistensi isian antar tabel dilakukan (tabel yg belum dikalikan faktor pengali) Pengecekan konsistensi dan kewajaran isian antar tabel (tabel yg sudah dikalikan faktor pengali)


Download ppt "1 RANCANGAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KULIAH KE-8 ORGANISASI PENGOLAHAN DAN TAHAPAN PENGOLAHAN PRA KOMPUTER TABULASI DAN PENGECEKANNYA SERTA PENYAJIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google