Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENULIS DI MEDIA MASSA CETAK Bentuk-Bentuk Tulisan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENULIS DI MEDIA MASSA CETAK Bentuk-Bentuk Tulisan."— Transcript presentasi:

1 MENULIS DI MEDIA MASSA CETAK Bentuk-Bentuk Tulisan

2 STRAIGHT NEWS Bahan-bahan berita adalah fakta. Bisa berupa peristiwa, pendapat orang, hasil penelitian, dan data-data. Bahan-bahan berita adalah fakta. Bisa berupa peristiwa, pendapat orang, hasil penelitian, dan data-data. Agar keakurasian fakta bisa dipercaya, harus disebut sumbernya. Agar keakurasian fakta bisa dipercaya, harus disebut sumbernya. Kelengkapannya bisa dilihat dari 5 W 1H. Yaitu, apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan kenapa. Bisa ditambah 1W lagi yaitu what next. Kelengkapannya bisa dilihat dari 5 W 1H. Yaitu, apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan kenapa. Bisa ditambah 1W lagi yaitu what next. Penulisannya menggunakan piramida terbalik. Penulisannya menggunakan piramida terbalik.

3 Contoh Berita* Harga Sembako Mulai Naik SURABAYA- Meski hari raya Idul Fitri masih tiga minggu lagi, harga sembako di beberapa pasar tradisional mulai merangkak naik. Namun, kenaikan harga ini belum menimbulkan kepanikan warga. Pasalnnya, kenaikannnya relatif kecil.SURABAYA- Meski hari raya Idul Fitri masih tiga minggu lagi, harga sembako di beberapa pasar tradisional mulai merangkak naik. Namun, kenaikan harga ini belum menimbulkan kepanikan warga. Pasalnnya, kenaikannnya relatif kecil. Di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Pabean, Pasar Keputran, serta Pasar Wonokromo, para pembeli belum begitu berjubel. Aktivitas jual beli sembako relatif masih normal. ”Pembeli masih sepi, kenaikan harga sembako biasannya terjadi seminggu menjelang lebaran,” Kata Karsini, penjual sembako di pasar Keputran.Di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Pabean, Pasar Keputran, serta Pasar Wonokromo, para pembeli belum begitu berjubel. Aktivitas jual beli sembako relatif masih normal. ”Pembeli masih sepi, kenaikan harga sembako biasannya terjadi seminggu menjelang lebaran,” Kata Karsini, penjual sembako di pasar Keputran. Dia menambahkan, hingga Minggu, 2 Oktober 2006, belum ada tanda-tanda adannya kenaikan harga barang kebutuhan pokok menjelang lebaran. Dari pantauan Jawa Pos, harga sembako seperti beras, telor, cabe merah maupun bawang merah hargannnya belum melonjak tinggi.Dia menambahkan, hingga Minggu, 2 Oktober 2006, belum ada tanda-tanda adannya kenaikan harga barang kebutuhan pokok menjelang lebaran. Dari pantauan Jawa Pos, harga sembako seperti beras, telor, cabe merah maupun bawang merah hargannnya belum melonjak tinggi. Harga telor, misalnnya, di tiga pasar masih dipatok pada kisaran Rp sampai Rp Sedangkan harga beras antara Rp hingga Rp Harga telor, misalnnya, di tiga pasar masih dipatok pada kisaran Rp sampai Rp Sedangkan harga beras antara Rp hingga Rp Muriani, salah satu pembeli, mengakui bahwa harga sembako memang belum melonjak tinggi, namun mulai merangkak naik. “Ada kenaikan Rp 500 hingga Rp Kalau sembilan bahan pokok naik sebesar itu semua, kan pengeluarannya jadi membengkak,” jelasnnya ketika ditemui Jawa Pos di Pasar Pabean. (san)Muriani, salah satu pembeli, mengakui bahwa harga sembako memang belum melonjak tinggi, namun mulai merangkak naik. “Ada kenaikan Rp 500 hingga Rp Kalau sembilan bahan pokok naik sebesar itu semua, kan pengeluarannya jadi membengkak,” jelasnnya ketika ditemui Jawa Pos di Pasar Pabean. (san)

4 FEATURE Bisa disebut karangan khas karena tidak seperti tulisan berita pada umumnya. Jenis tulisan ini setengah sastra dan berita. Bisa disebut karangan khas karena tidak seperti tulisan berita pada umumnya. Jenis tulisan ini setengah sastra dan berita. Kekhususannya pada teknik penulisannya. Biasanya menggunakan bentuk piramida. Tulisan dimulai dari yang kurang penting menunju yang penting. Kekhususannya pada teknik penulisannya. Biasanya menggunakan bentuk piramida. Tulisan dimulai dari yang kurang penting menunju yang penting. Bahan-bahan tetap seperti berita tetapi dipilih sesuatu yang mengandung human interest. Bahan-bahan tetap seperti berita tetapi dipilih sesuatu yang mengandung human interest. Diperlukan interpretasi untuk menghidupkan tulisan dan membuat pembaca larut di dalamnya. Karena itu, kekuatan tulisan terletak pada kelengkapan dan keruntutan diskripsinya. Diperlukan interpretasi untuk menghidupkan tulisan dan membuat pembaca larut di dalamnya. Karena itu, kekuatan tulisan terletak pada kelengkapan dan keruntutan diskripsinya.

5 Contoh Feature Pemusik Stasiun, Hiburan Bagi Penumpang Kereta Eksekutif Menghibur Sekaligus Menjadi Corong Stasiun Bagi kebanyakan orang, menunggu sangat membosankan. Tak terkecuali para penumpang kereta api eksekutif. Alunan musik bisa menjadi penawar. Maka, dihadirkanlah musisi-musisi ke stasiun. Contoh **

6 INTERPRETATIVE NEWS  Bahan tetap fakta seperti straight news tetapi diperkuat dengan interpretasi. Tulisan ini bukan opini, karena itu interpretasi harus betul-betul bertumpu pada fakta. Interpretasi harus selalu diikuti oleh fakta.  Interpretasi tidak boleh menghakimi. Ingat! Wartawan tidak boleh melakukan trial by the press.  Bisa digunakan bentuk straight news maupun feature

7 OPINI  Buah pikir penulis tetapi bukan imajinasi. Bahan bisa berdasar hasil penelitian, karya ilmiah, pengamatan lapangan, berita yang sudah mengemuka di media massa, dan sebagainya.  Berisi masalah dan cara pemecahannya.  Tulisan tetap dimulai dari yang penting menuju yang tidak penting kemudian ditutup ending.  Tidak perlu menyebut sumber, kecuali ada pokok pikiran dikutip dari sumber lain. Tidak perlu catatan kaki. Penyebutan sumber bisa di dalam kurung, tetapi sebaiknya langsung dalam kalimat.

8 KOLOM Pada dasarnya sama dengan artikel. Tetapi penulisannya lebih banyak disandarkan pada fakta yang telah mencuat. Pada dasarnya sama dengan artikel. Tetapi penulisannya lebih banyak disandarkan pada fakta yang telah mencuat. Biasanya menggunakan ilustrasi, baik berupa fakta maupun fiksi. Biasanya menggunakan ilustrasi, baik berupa fakta maupun fiksi. Ciri tulisan ini menekankan pada kekritisan terhadap suatu permasalahan. Isinya bisa sekedar menunjukkan persoalan, bisa dengan cara mengatasinya. Ciri tulisan ini menekankan pada kekritisan terhadap suatu permasalahan. Isinya bisa sekedar menunjukkan persoalan, bisa dengan cara mengatasinya. Di media cetak, sering juga digunakan istilah catatan. Di media cetak, sering juga digunakan istilah catatan.

9 EDITORIAL Isinya sama dengan kolom. Tulisan ini tidak bisa diklaim sebagai tulisan perorangan. Editorial adalah sikap redaksi suatu media mengenai suatu permasalahan. Kalau ingin mengetahui empati suatu lembaga pers terhadap permasalahan tertentu, bacalah editorialnya. Contoh*Contoh*

10 KARYA SASTRA  Bahan imajinasi penulis. Bisa berdasar fakta tapi tetap dikemas sebagai cerita fiksi.

11 SURAT PEMBACA Ditulis oleh orang di luar tim redaksi. Isinya bisa berupa pendapat, fakta, laporan, atau hanya sekedar keluhan. Sebagai ruang interaktif, baik antarpembaca maupun antara pembaca dengan awak media.


Download ppt "MENULIS DI MEDIA MASSA CETAK Bentuk-Bentuk Tulisan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google