Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN II TOPIK : Jaringan Komputer Perpustakaan TUJUAN: Mahasiswa dapat menyebut perlunya penataan jaringan komputer perpustakaan REFERENSI: WIDODO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN II TOPIK : Jaringan Komputer Perpustakaan TUJUAN: Mahasiswa dapat menyebut perlunya penataan jaringan komputer perpustakaan REFERENSI: WIDODO."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN II TOPIK : Jaringan Komputer Perpustakaan TUJUAN: Mahasiswa dapat menyebut perlunya penataan jaringan komputer perpustakaan REFERENSI: WIDODO. Jaringan komputer perpustakaan: alternatif penataannya. Makalah disampaikan pada Technical Assistance dalam rangka penerapan system Dynix di UPT Perpustakaan Universitas Lampung, tanggal 8 s.d. 13 Juli 1998.

2 Pengertian Jaringan Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer: a. local-area network (LAN): komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan secara geografis (misalkan satu gedung). b. wide-area network (WAN): komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio.

3 CONTOH JARINGAN

4 Komponen Jaringan Komputer 1.Sever 2.PCs 3.HUB 4.UPS, genset, stabiliser 5.UTP cable 6.Sistem jaringan: protocol, topologi 7.Pengamanan dan kenyamanan 8.System Administrator

5 PERLUNYA PENATAAN JARINGAN KOMPUTER (SITE PLAN): 1.agar dapat diopersikan secara maksimal 2.memberi kenyamanan dan keamanan bagi pustakawan 3.memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengguna

6 BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM PENATAAN JARINGAN/"SITE PLAN" UMUM 1.Aman dan nyaman 2.Rapih 3.Dalam unit kerja/dekat dengan pengguna 4.Saling berhubungan/komunikasi 5.Tersedia listrik cadangan 6.Jumlah terminal mencukupi 7.Adanya "system administrator"

7 BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM PENATAAN JARINGAN/"SITE PLAN” KHUSUS 1.Server: hanya autorised person(s) can access 2.Katalogisasi: disesuaikan dengan alur kerja 3.OPAC: mudah dikenali, tidak terlalu berdekatan, tersedia terminal di ruang 4.Layanan: perlu disediakan terminal untuk layanan sirkulasi, layanan "reserve collection", layanan referensi dan penelusuran informasi, layanan informasi koleksi/baca

8 TUGAS PENGGANTI UJI KD I DENGAN BERKELOMPOK (maks. 5 orang) Susun Proposal Perencanaan Implementasi Automasi Perpustakaan dengan komponen sbb.: I. Latarbelakang 1.Profil perpustakaan 2.Tujuan Automasi Perpustakaan II. Kebutuhan Hardware dan software (termasuk dijelaskan besaran dana dan sumbernya) III. Skedule (Jadwal Kegiatan) IV. Penutup Tugas ini bisa mengacu pada materi pertemuan ke I s.d. III (yang telah didiskusikan) dan materi pertemuan ke IV dan dikumpulkan pada pertemuan ke V. Pertemuan ke V juga dimanfaatkan untuk menyampaikan materi Jaringan Komputer Perpustakaan.


Download ppt "PERTEMUAN II TOPIK : Jaringan Komputer Perpustakaan TUJUAN: Mahasiswa dapat menyebut perlunya penataan jaringan komputer perpustakaan REFERENSI: WIDODO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google