Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MADE BY : DIMAS ARIF SETYAWIRA. PENGERTIAN MIKROTIK MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MADE BY : DIMAS ARIF SETYAWIRA. PENGERTIAN MIKROTIK MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router."— Transcript presentasi:

1 MADE BY : DIMAS ARIF SETYAWIRA

2 PENGERTIAN MIKROTIK MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

3 Layer 2 Konektivitas:  Wireless  Bridge  Virtual LAN  Synchronous  Asynchronous  ISDN  SDSL Layer 1 Penanganan Protokol TCP/IP:  Firewall dan NAT  Routing - Static routing  Data Rate Management  Hotspot  Point-to-Point tunneling protocols  Simple tunnels  Ipsec  DLL

4 MikroTik RouterOS™ MEMILIKI BEBERAPA LEVEL  Level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet.  Level 4 untuk wireless client atau serial interface.  Level 5 untuk wireless Acces Point  Level 6 tidak mempunyai limitasi apapun. JUMLAH PENGUNA DALAM APLIKASI HOTSPOT  Level 4 (200 pengguna),  Level 5 (500 pengguna)  Level 6 (tidak terbatas).

5 PENGERTIAN BANDWITH Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.

6 TERDAPAT 2 JENIS BANDWITH Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi. Analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat

7 PENGERTIAN BANDWITH MANAGEMENT Bandwidth Management (Traffic Control/Shaping) adalah suatu istilah yang ditujukan pada suatu subsistem antrian packet pada suatu jaringan atau network devices. Dan bertujuan untuk mengontrol traffic jaringan sehingga bandwidth lebih optimal dan performa network lebih terjamin. CONTOH SOFTWARE BANDWITH MANAGEMENT PADA WINDOWS : o BW METER o NET LIMITER o NET BALANCER

8 TERDAPAT 2 TEKNIK ANTRIAN DALAM BANDWITH MANAGEMENT  Teknik CBQ. (CLASS BASED QUEUE ) CBQ mengatur pemakaian bandwidth jaringan yang dialokasikan untuk tiap user, pemakaian bandwidth yang melebihi nilai set akan dipotong (shaping), cbq juga dapat diatur untuk sharing dan meminjam bandwidth antar class jika diperlukan. Fitur – Fitur Teknik CBQ : mudah dikonfigurasi. memungkinkan sharing bandwidth antar kelas (class) dan memiliki fasilitas user interface..

9  TEKNIK HTB (HIERARCHY TOKEN BUCKET) Teknik antrian HTB memberikan fasilitas pembatasan trafic pada setiap level maupun klasifikasi bandwidth yang tidak terpakai bisa digunakan oleh klasifikasi yang lebih rendah. Kita juga dapat melihat HTB seperti suatu struktur organisasi dimana pada setiap bagian memiliki wewenang dan mampu membantu bagian lain yang memerlukan, teknik antrian HTB sangat cocok diterapkan pada perusahaan dengan banyak struktur organisasi. Perbedaan Teknik antrian HTB dengan Teknik CBQ :  HTB lebih sedikit opsi saat konfigurasi.  Teknik HTB lebih presisi.

10 BANDWITH CONTROLLER sebuah software untuk mengatur bandwidth computer data atau traffic baik internet maupun data network.Bandwidth Controller bisa dikatakan sebagai software pembatas bagi computer lain atau memberikan prioritas bagi computer lain agar bisa mengaccess data internet maupun data lokal.

11 BERIKUT KEGUNAAN DARI BANDWITH CONTROLLER  Membatasi beberapa computer atau group dengan limit atau batas tertentu mengunakan trafik data ke server.  Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth  Penguncian dengan batas tertentu, misalnya seorang karyawan terlalu banyak access internet maka dapat dibatasi setelah kapasitas tertentu akan diturunkan kecepatannya.  Pengaturan dalam waktu, misalnya setelah jam 9 pagi dimana pemakai internet didalam kantor mulai aktif, maka software dapat membatasi kecepatan maksimum untuk mendownload diseluruh komputer.  Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP.  Dan fitur terbaik adalah dapat menampilkan daftar computer yang mana yang terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN.

12 Fungsi dan operasi traffic terdiri dari komponen- komponen berikut :  Queueing Disciplines (qdisc) Komponen ini berguna untuk mentransmisikan data  Classes Bagian pada qdisc yang berisi traffic transmisi data  Filters Bagian pada qdisc dan class berfungsi untuk men-split traffic menjadi beberapa child-class yang berbeda  Policer digunakan untuk meyakinkan filters sesuai/match hanya dengan satu rate paket tertentu

13 Contoh dalam memisalkan bandwith misalakan anda mendapat bandwidth 1 Mbps 1:4 user jadi (minimal bandiwdth yang di dapat adalah 1Mbps/4 = 256Kbps baik uplink dan downlink, dengan burstable sampai 1Mbps. Dan ketika anda sedang makai sendirian anda bisa mencapai 1Mbps tapi jika sedang penuh Pool nya ada hanya mendapat 256 Kbps pool = pengelompokan user di isp sesuai paketnya

14 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANYA SUMBER :   bandwidth-management.html  


Download ppt "MADE BY : DIMAS ARIF SETYAWIRA. PENGERTIAN MIKROTIK MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google