Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“Analisis Karakteristik Kaum Urban dalam dunia kerja di Surabaya” Urbanisasi dan Migrasi 1.Desi Rosimiati (120231100074) 2.Milla Firdiatiningsih (120231100081)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“Analisis Karakteristik Kaum Urban dalam dunia kerja di Surabaya” Urbanisasi dan Migrasi 1.Desi Rosimiati (120231100074) 2.Milla Firdiatiningsih (120231100081)"— Transcript presentasi:

1 “Analisis Karakteristik Kaum Urban dalam dunia kerja di Surabaya” Urbanisasi dan Migrasi 1.Desi Rosimiati ( ) 2.Milla Firdiatiningsih ( ) 3.Inawati Puspitasari ( ) 4.Merisa Nur Kumalasari ( )

2 Latar Belakang Di Indonesia banyak orang yang melakukan urbanisasi dengan harapan meningkatkan pendapatan mereka. Banyaknya fasilitas yang ada di kota, mereka berharap dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat serta pendidikan yang mendukung untuk mencari kerja atau membuka usaha di kota tersebut guna memperoleh hasil yang diharapkan. Dan dengan hal tersebut maka dapat kita ketahui bersama bahwa kota menjadi harapan hidup bagi kebanyakan masyarakat.

3 “Penelitian urbanisasi pada umumnya lebih menyoroti pola adaptasi yang dilakukan para pendatang setibanya kota dan besarnya arus urbanisasi sebagai akibat kesenjangan kondisi sosial ekonomi yang cukup menonjol antara daerah pedesaan dengan perkotaan. Kesenjangan ini yang mendorong penduduk pedesaan untuk mencari alternatif lain guna meningkatkan penghasilan atau menikmati fasilitas yang ada di daerah kota”.(Tri Joko S. Haryono;1999)

4 Namun kenyataannya tidak semua urbanisasi berdampak positif bagi masyarakat. Urbanisasi justru membuat kehidupan masyarakat lebih buruk. Dari hal tersebut kami tertarik untuk melakukan sebuah penelitian tentang “Karakteristik Kaum Urban dalam dunia kerja di Surabaya”. Dengan berbagai macam karakteristik yang ada maka kaum urban akan menemukan banyak cara dalam menghadapi permasalahan dunia kerja di Surabaya.

5 Tujuan Dan Manfaat Penelitian Tujuan Meneliti seberapa tinggi tingkat adaptasi penduduk urban dalam dunia kerja di kota Surabaya Manfaat Mengetahui tingkat adaptasi kaum penduduk urban dalam menghadapi dunia kerja di Surabaya

6 Pemukima n kumuh Kesenjang an Sosial

7 Permasalahan  Bagaimana karakteristik kaum urban untuk beradaptasi dalam menghadapi dunia kerja? Karakteristik sendiri merupakan sifat, ciri khas atau perilaku dari seseorang dalam menghadapi berbagai macam permasalahan. Sehingga karekteristik kaum urban dalam dunia kerja yang lebih spesifik dibahas adalah tentang bagaimana cara seseorang dalam menghadapi permasalahan urbanisasi.

8 Metodologi Penelitian 1.Objek Penelitian Penelitian ini mengambil sampel penduduk pendatang di Kec. Rungkut Surabaya dengan fokus penelitian karakteristik kaum urban di Surabaya. 2. Variabel Dependent Variabel Dependent adalah penduduk urban 3. Variabel Independent adalah karakteristik kaum urban

9 4. Jenis Data dan Sumber Data a. Data Primer melalui wawancara dan survei lapangan. b. Data Sekunder melalui sumber lain yang ada sebelumnya

10 Penelitian Terdahulu Tri Joko S. Haryono, ”Dampak Urbanisasi terhadap Masyarakat di Daerah Asal,” Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Th XII, No 4, Oktober 1999, menurutnya dampak urbanisasi yang menarik yaitu adanya variasi dalam pola urbanisasi penduduk desa jetis, yaitu pada daerah asal, pada aspek sosial ekonomi, pada aspek sosial budaya. Kesimpulannya bahwa urbanisasi mempunyai dampak signifikan terhadap masyarakat. Nugraha Setiawan, “Perubahan Konsep Perkotaan di Indonesia dan Implikasinya terhadap Analisis Urbanisasi,” Konsep Perkotaan, Analisis urbanisasi, Indonesia, perubahan konsep di perkotaan tidak memiliki implikasi terhadap analisis urbanisasi yang hanya dilakukan secara spesial, karena tidak ada perbedaan konsep regional dan nasional.

11 Titi Rata, “Perilaku Pergerakan Masyarakat Perkotaan dalam Proses Urbanisasi Wilayah di Kabupaten Tegal,” Urbanisasi Wilayah, pergerakan, Kabupaten Tegal, pembangunan berkelanjutan, Moh. Insaf, “Fenomena Urbanisasi Kawasan Pinggiran Kota Jakarta,”urbanisasi,sub urbanisasi, konurbasi, urbanisasi menyebabkan perubahan dalam kehidupan penduduk asli.

12 Terimakasih


Download ppt "“Analisis Karakteristik Kaum Urban dalam dunia kerja di Surabaya” Urbanisasi dan Migrasi 1.Desi Rosimiati (120231100074) 2.Milla Firdiatiningsih (120231100081)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google