Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Kekuasaan dan wewenang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Kekuasaan dan wewenang."— Transcript presentasi:

1 Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Kekuasaan dan wewenang

2 Powerpoint Templates Page 2 Pengertian Kekuasaan Kekuasaan  kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauannya sendiri, dengan sekaligus menerapkannya terhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orang-orang atau golongan-golongan tertentu (Max Weber)Kekuasaan  kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauannya sendiri, dengan sekaligus menerapkannya terhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orang-orang atau golongan-golongan tertentu (Max Weber) Kekuasaan  kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah lakunya seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang memiliki kekuasaan itu. (Miriam Budiardjo)Kekuasaan  kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah lakunya seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang memiliki kekuasaan itu. (Miriam Budiardjo) Kekuasaan  kemampuan untuk mengendali kan tingkah laku orang lain, baik secara langsung dengan memberi perintah, maupun secara tidak langsung dengan memper- gunakan segala alat dan cara yang tersedia. (R.M. MacIver) Pada dasarnya kekuasaan  ditunjukkan pada diri manusia (utamanya kekuasaan pemerintahan dalam negara).

3 Powerpoint Templates Page 3 Jenis Kekuasaan Kekuasaan militer Kekuasaan ekonomi Kekuasaan politik Kekuasaan budaya Kekuasaan pemerintahan (birokrasi) Kekuasaan hukum.

4 Powerpoint Templates Page 4 Sumber Kekuasaan Legitimate Power  perolehan kekuasaan melalui pengangkatan (UU, SK, dll) Coersive Power  perolehan kekuasaan melalui cara kekerasan (perebutan atau perampasan bersenjata, unconstitutional, kudeta (coup d’ etat). Expert Power  perolehan kekuasaan berdasarkan keahlian seseorang (merit system). Reward Power  perolehan kekuasaan melalui suatu pemberian atau karena berbagai pemberian. Reference Power  perolehan kekuasaan melalui daya tarik seseorang (fisik, performance, dll). Legitimasi Sosial  kekuasaan yag diperoleh melalui pemilihan yang dilakukan oleh masyarakat (rakyat).

5 Powerpoint Templates Page 5 Bentuk-bentuk Kekuasaan Influence, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengubah sikap dan perilakunya secara sukarela. Persuasion, kemampuan meyakinkan orang lain dengan argumentasi untuk melakukan sesuatu. Manipulasi, penggunaan pengaruh, dalam hal ini yang dipengaruhi tidak menyadari tingkahlakunya mematuhi pemegang kekuasaan. Coercion, ancaman paksaan yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap pihak lain agar bersikap dan berperilaku sesuai dengan kehendak pemilik keuasaan. Force, penggunaan tekanan fisik, membatasi kebebasan menimbulkan rasa sakit, atau pun membetasi pemenuhan kebutuhan biologis agar melakukan sesuatu.

6 Powerpoint Templates Page 6 Tiga cara individu/organisasi mempraktikkan kekuasaan (Collins) : Uang  banyak orang terkalahkan karena membutuhkan uang. Paksaan  banyak orang terkalahkan karena ancaman. Membangun solidaritas sosial. Langkah ini lebih efektif, sebab berhasil membuat individu merasa memiliki identitas.

7 Powerpoint Templates Page 7 Kewenangan : Kekuasaan negara dalam menguasai masyarakat memiliki otoritas dan kewenangan Otoritas dalam arti hak untuk memiliki legitimasi kekuasaan wewenang dalam arti hak untuk ditaati (obedience).

8 Powerpoint Templates Page 8 Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan : Kekuasaan Berhubungan dengan kepribadian individu Tidak selalu berupa kewenangan Memiliki keabsahan (legitimate power) Tidak selalu memiliki keabsahan Wewenang Berhubungan dengan posisi atau peranan sosial seseorang Hak moral untuk membuat dan melaksanakan keputusan politik dalam sebuah negara (pemerintahan) Wewenang adalah sebuah hubungan yang sah, dan bila tidak tunduk kepada perintah orang yang berwenang dapat dikenai sanksi tertentu.

9 Powerpoint Templates Page 9 PERFORMANCE KEKUASAAN PRESIDEN RI.

10 Powerpoint Templates Page 10 Diskusi analisis: “Menurut anda, jenis kekuasaan mana yang mendominasi di Indonesia?”Analisislah dengan data dan berikan contoh.


Download ppt "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Kekuasaan dan wewenang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google