Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANUSIA DAN KEJATUHAN Pertemuan 7, Stmik_mdp, Pdt. Asyer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANUSIA DAN KEJATUHAN Pertemuan 7, Stmik_mdp, Pdt. Asyer."— Transcript presentasi:

1 MANUSIA DAN KEJATUHAN Pertemuan 7, Stmik_mdp, Pdt. Asyer

2 Manusia diciptakan menurut gambar Allah. Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar- Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan- Nya mereka.

3 Kita adalah gambar yang sacral dari Allah yaitu mahkluk yang diberi kapasitas secara unik untuk mencerminkan dan merefleksikan karakter Allah. Hal yang nampak dari manusia seperti dengan Allah adalah bahwa kita mahkluk yang bermoral dengan dilengkapi akal budi, hati dan kehendak. Bagian dari gambar ini termasuk panggilan manusia untuk memerintah, memenuhi, menaklukan dan memenuhi bumi. Yang merefleksikan akan Allah memerintah dengan kebenaranNya, kebaikan dan keadilan. Pada waktu kejatuhan sesuatu yang tragis telah terjadi, gambar Allah telah sangat tercemar, kemampuan kita untuk mencerminkan kekudusan Allah telah sedemikian tercemar, sehingga sekarang cermin itu kabur. Kejatuhan itu tidak menghancurkan kemanusian kita. Meskipun kemampuan kita untuk merefleksikan kekudusan Allah telah hilang pada waktu kejatuhan. Kita tetap menyandang tanda dari pencipta.

4 Manusia sebagai Tubuh dan Jiwa. Manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah adalah mahkluk yang dibuat dari tubuh yang bersifat materi dan jiwa yang bukab materi, jiwa kadang-kadang disebut dengan roh. Baik tubuh maupun jiwa diciptakan oleh Allah dan merupakan aspek yang berbeda dengan kepribadian kita. Tubuh dan jiwa mrupakan suatu dualitas bukan dualisme. Dualisme mengajarkan bahwa sesuatu yang bersifat meteri itu jahat/tidak sempurna, jadi tubuh dilihat sesuatu yang jahat dan menjadi tempat dari jiwa yang murni. Bagi orang Yunani keselamatan berarti penebusan dari tubuh yang jahat yaitu pada waktu jiwa kita pada akhirnya dibebaskan dari penjara tubuh. Sedangkan dualitas berarti manusia merupakan satu keberadaan dengan dua unsure yang berbeda yang disatukan oleh Allah didalam penciptaan. Keberadaan ini tidak memerlukan penambahan unsure/substansi yang lain. Pada waktu kematian meskipun tubuh ini mati tetapi jiwa orang percaya maupun tidak percaya tetap hidup.

5 Manusia terdiri dari daging dan roh. Tubuh dan roh adalah sama pentingnya dan harus dipelihara dengan benar. Setiap orang Kristen dipenuhi oleh Roh Kudus, namun pemenuhan derajtnya berbeda hal ini tergantung sejauh mana orang Kristen membiarkan dirinya dikuasai Roh Kudus. Oleh karena pengudusan adalah proses seumur hidup maka orang Kristen setiap hari berhadapan dengan perjuangan melawan nature kita yang lama didalam rangka menuju pertumbuhan didalam Roh dan didalam anugerah. Pribadi yang lama mati setiap hari dan pribadi yang baru dalam Roh Kudus setiap haripun ditumbuhkan. Orang Kristen diberikan roh Kudus sebagai jaminan dan oleh Nya kita dimeteraikan pada akhirnya akan memenangkan peperangan ini. Orang Kristen terus bergumul dengan dosa dan pencobaan, pertobatan membebaskan kita dari penguasaan kedagingan tetapi tidak menyempurnakan kita.

6 Setan. Dalam alkitab istilah setan berarti musuh. Setan awalnya adalah malaikat yang diciptakan Allah sebelum manusia diciptakan kemudian ia memberontak kepada Allah. Ia disebut bapa kegelapan, penipu, penuduh dan ular yang licik. Dalam alkitab bahwa setan muncul sebagai malaikat terang yaitu suatu gambaran setan untuk menipu manusia dengan bertopeng dibalik sesuatu yang baik, ia pandai memanipulasi, cerdik dan licik. Dia bisa berbicara sangat menarik dengan penampilan yang mempesona. Bagaiamana sikap kita terhadap setan: I Pet. 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. I Yoh. 4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

7 Roh-roh jahat. Merupakan kebradaan supranatural yang merupakan pengikut setan. Rasul Paulus menyatakan bahwa dewa-dewa yang disembah oleh penyembah- penyembah berhala tidak ada tetapi roh-roh jahat ada dan dia yang menjerumuskan dan mengikat orang-orang pada penyembah berhala dan orang-orang ini sebenarnya menyembah pada roh-roh jahat. Kateristik dari roh-roh jahat adalah penyerangan secara mental dan fisik, seperti kebutaan, menyksa diri sendiri. Roh-rh jahat memilki kekuatan dan pengetahuan supra natural, serta memberitahukan sesuatu yang akan terjadi. Meskipun roh-roh jahat berkuasa dan nyata namun tidak ada alasan untuk percaya bahwa mereka dapat memiliki dan mengusai orang Kristen. Kita memang dapat digoda, diganggu, dicobai,dan dituduh oleh roh-roh jahat tetapi mereka tidk dapt mengusai dan mengontrol kita-sebab Roh Kudus yang menjamin dan mendiami kita lebih besar kuasanya.

8 Dosa. Digambarkan seperti anak panah yang dilepaskan dari busurnya dan meleset dari target yang ditentukan. Definisi alkitab tentang dosa adalah meleset dari sasaran. Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. dosa didefinisikan sebagai pelanggaran terhadap hokum Allah yang diberikan kepada mahkluk hidup yang berakalbudi. Definisi ini memiliki tiga dimensi: pertama dosa merupakan ketidakmauan untuk mentaati yaitu ketidaktaatan terhadap hokum Allah. kedua pelanggaran terhadap hokum Allah, berarti melanggar batasan yang telah ditentukan. Ketiga dosa merupakan tindakan yang dilakukan oleh mahkluk yang berakal budi. Pada waktu kita melakukan sesuatu yang salah kita memilih untuk tidak mentaati hokum Allah maka kita berdosa.

9 Dosa asal merupakan dosa yang pertama kali dibuat oleh Adam dan Hawa, sebagai akibatnya setiap orang terlahir dengan nature dosa dan tercemar, dan berakibat pada seluruh umat manusia mengalami kerusakan secara total. Dosa yang tidak dapat diampuni yaitu penghujatan terhadap Roh Kudus. Matius12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. 32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak. Dalam hal ini konteksnya adalah ketika Yesus dituduh berasal dari setan maka orang itu telah melakukan dosa yang tidak diampuni.

10 Hati nurani. Mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan orang Kristen. Hati nurani sering dikenal dengan suara hati dari Allah dimana melaluinya pikiran kita menyatakan sesuatu itu dosa atau tidak. Ada dua unsure dalam hati nurani yang pertama kesadaran akan benar dan yang salah. Kedua kemampuan secara menalitas untuk mengaplikasikan hokum-hukum, norma- norma dan aturan-aturan pada situasi yang kongkrit. Roma 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela. Roma14:23 Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.


Download ppt "MANUSIA DAN KEJATUHAN Pertemuan 7, Stmik_mdp, Pdt. Asyer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google