Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 MANUSIA DAN ALAM KEHIDUPAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 MANUSIA DAN ALAM KEHIDUPAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 1 MANUSIA DAN ALAM KEHIDUPAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

2 2 A.MANUSIA Hakikat Manusia  Apa yang disebut manusia adalah 5 kelompok kehidupan (pancakkhanda), yang terdiri atas: (1) unsur jasmani (rupakkhanda), (2)perasaan (vedanakkhanda), (3)pencerapan (sannakkhanda), (4)bentuk-bentuk pikiran (sankharakkhanda), (5)kesadaran (vinnanakkhanda)

3 3 Kelompok jasmani tebentuk karena empat unsur utama yaitu: 1.unsur padat/tanah (pathavi-dhatu), berfungsi sebagai penyokong dan memberi sifat keras-lunak; 2.unsur cair/air (apo-dhatu), berfungsi sebagai pengikat dan memberi sifat kohesi arus; 3.unsur panas/api (tejodhatu), berfungsi sebagai pematurasi dan memberi sifat panas-dingin; 4.unsur gerak/angina (vayo-dhatu), berfungsi dalam pergerakan dan memberi sifat ekspansi-kontraksi.

4 4 Kelompok perasaan adalah kelompok yang meliputi semua perasaan yang menyenangkan, tidak menyenangkan, dan netral yang muncul karena: 1. kesan-kesan penglihatan oleh mata; 2. kesan-kesan pendengaran oleh telinga; 3. kesan-kesan penciuman oleh hidung; 4. kesan-kesan pengecapan oleh badan; 5. kesan-kesan batin.

5 5 Kelompok pencerapan adalah kelompok yang meliputi semua pencerapan yang menyenangkan, tidak menyenangkan, dan netral yang terdiri atas: 1. pencerapan bentuk-bentuk oleh mata; 2. pencerapan suara-suara oleh telinga; 3. pencerapan bau-bauan oleh hidng; 4. pencerapan rasa-rasa oleh lidah; 5. pencerapan sentuhan oleh badan; 6. pencerapan objek batin oleh pikiran.

6 6 Kelompok bentuk pikiran adalah kelompok yang meliputi semua keadaan batin yang menyenangkan, tidak menyenangkan, dan netral: 1. terhadap bentuk yang dilihat; 2. terhadap suara yang didengar; 3. terhadap bau-bauan yang dicium; 4. terhadap rasa-rasa yang dikecap; 5. terhadap sentuhan-sentuhan yang disentuh; 6. terhadap kesan-kesan objek batin oleh pikiran.

7 7 Kelompok kesadaran adalah kelompok yang meliputi semua kesadaran yang menyenangkan, tidak menyenangkan, dan netral, terbagi dalam enam golongan yaitu: 1. kesadaran mata; 2. kesadaran telinga; 3. kesadaran hidung; 4. kesadaran lidah; 5. kesadaran jasmani; 6. kesadaran batin.

8 8 Jenis Manusia 1.Manusia peta = manusia setan 2.Manusia niraya = manusia neraka 3.Manusia tiracchana = manusia binatang 4.Manusia manussa = manusia yg sebenarnya 5.Manusia deva = manusia dewa 6.Manusia ariya = manusia suci

9 8 Martabat Manusia Martabat Manusia diuraikan Buddha dalam Sutta Nipata, Vasala Sutta, sebagai berikut: “Bukan karena kelahiran seseorang disebut sampah masyarakat (vasala). Bukan karena kelahiran seseorang disebut Brahmana. Hanya karena perbuatan seseorang disebut vasala. Hanya karena perbuatan seseorang disebut Brahmana.

10 9 Ada 3 faktor proses terjadinya kehidupan manusia: adanya pertemuan unsur laki-laki dan perempuan; Dalam kondisi masa subur; dan adanya kesadaran penerus (gandhabba) yang siap terlahir kembali

11 2 B. ALAM KEHIDUPAN  Alam kehidupan adalah tempat berdiamnya para makhluk hidup Jumlah Alam Kehidupan: Terdapat 31 alam kehidupantersebut terbagi atas: - 11 alam nafsu (kama bhumi 11) -16 alam brahma bermateri (rupabhumi 16), - 4 alam brahma tanpa materi (arupa bhumi 4)

12 3  Kamaloka terdiri atas 11 Alam Kehidupan yaitu: 4 alam menyedihkan (Apayaloka) yaitu alam neraka, alam asura, alam binatang, dan alam peta; dan 7 alam menyenangkan (Kama Sugati Loka) yaitu - 1 alam manusia, dan - 6 alam surga: Catumaharajika, Tavatimsa, Yama, Tusita, Nimanarati, dan Paranimitavassavati  Rupaloka: Rupaloka adalah alam kehidupan para Dewa Rupa Brahma yaitu Rupaloka terdiri atas 16 alam kehidupan  Arupaloka: Arupaloka adalah alam kehidupan para Dewa Arupa Brahma terdiri atas 4 alam

13 4 ALAM KEHIDUPAN ANAGAMI Aviha bhumi Atappa bhumi Sudassa bhumi Sudassi bhumi Akanittha bhumi

14 5  Sebab-sebab Kelahiran di Alam Kehidupan: 1. Keserakahan (lobha) akan mendorong makhluk terlahir ke alam setan/asura (peta/asura); 2. Kebencian (dosa) akan mendorong makhluk terlahir ke alam neraka (niraya); 3. Kebodohan batin (moha) akan mendorong makhluk terlahir ke alam binatang (tiracchana); 4. Moralitas (sila) akan mendorong makhluk terlahir ke alam manusia/dewa (manussa/suggati); 5. Rupa jhana akan mendorong makhluk terlahir ke alam rupa bhumi 6. Arupa jhana akan menorong makhluk terlahir ke alam arupa bhumi

15 6 SIFAT ALAM KEHIDUPAN Setiap alam kehidupan bersifat tidak kekal, apapun yang merupakan perpaduan unsur-unsur pasti akan mengalami perubahan

16 Referensi: Mukti, Krishanda W Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan Piyadassi, Mahathera Spektrum Ajaran Buddha. Diterjemahkan oleh Hetih Rusli, Vivi, dan Titin Negsi. Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Tri Ratna phala.or.id/naskahdamma_dtl.php?id=1042&multi=T&hal=0

17 KUIS; 1.Apakah harkat dan martabat manusia ditentukan oleh keturunan, jenis kelamin, kekayaan dan jabatannya? Jelaskan! 2.Jelaskan mengapa ada sebutan ‘manusia setan, neraka, binatang, dewa, dan manusia suci! 3.Uraikan peran dan tanggung jawab manusia dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat! 4.Uraikan tiga kelompok alam kehidupan! 5.Jelaskan sebab kelahiran di alam-alam yang menyedihkan! 6.Bagaimana caranya agar seseorang dapat terlahir di alam surga dan brahma!


Download ppt "1 MANUSIA DAN ALAM KEHIDUPAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google