Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TM Ke-1: PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN. DEFINISI PERILAKU ORGANISASI Adalah suatu studi yang menyangkut aspek- aspek tingkah laku manusia dan kelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TM Ke-1: PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN. DEFINISI PERILAKU ORGANISASI Adalah suatu studi yang menyangkut aspek- aspek tingkah laku manusia dan kelompok."— Transcript presentasi:

1 TM Ke-1: PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN

2 DEFINISI PERILAKU ORGANISASI Adalah suatu studi yang menyangkut aspek- aspek tingkah laku manusia dan kelompok dalam suatu organisasi. Adalah suatu studi yang menyangkut aspek- aspek tingkah laku manusia dan kelompok dalam suatu organisasi. Studi tersebut mencakup pembahasan tentang aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia yang bekerja di dalamnya; juga aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi di mana mereka berada. Studi tersebut mencakup pembahasan tentang aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia yang bekerja di dalamnya; juga aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi di mana mereka berada. Tujuannya memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi. Tujuannya memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi.

3 PENDEKATAN STUDI PERILAKU 1. Pendekatan COGNITIF : Edward Tolman Berdasarkan pemahaman seseorang terhadap informasi 2. Pendekatan BEHAVIORISTIC : I.P. Pavlov dan J.B. Watson Berdasarkan Response yang muncul apabila diberi stimulus tertentu 3. Pendekatan Social Learning : A. Bandura Berdasarkan penggabungan pendekatan Cognitif dan behavioristic

4 LINGKUP PERILAKU ORGANISASI MODEL 3 LEVEL (S.P. ROBIN) Mempelajari perilaku manusia dalam organisasi melalui tiga tingkatan analisis. 1. Tingkatan Individu : karakteristik bawaan individu dalam organisasi. 2. Tingkatan Kelompok : dinamika perilaku kelompok dan faktor-faktor determinannya 3. Tingkatan Organisasi : faktor-faktor organizational yang mempengaruhi perilaku.

5 PERILAKU ORGANISASI & PSIKOLOGI INDUSTRI Keduanya berfokus pada penjelasan tentang perilaku manusia dalam organisasi Psikologi Industri berangkat dari psikologi, sementara Perilaku Organisasi bersifat multidisiplin. Perbedaan pada basis keilmuan dan lingkup kajian

6 PERILAKU ORGANISASI & TEORI ORGANISASI Perilaku organisasi mempelajari perilaku individu / kelompok dalam organisasi dan aplikasinya (analisis Mikro). Perilaku organisasi mempelajari perilaku individu / kelompok dalam organisasi dan aplikasinya (analisis Mikro). Teori organisasi mempelajari struktur, proses dan performansi organisasi (analisis Makro) Teori organisasi mempelajari struktur, proses dan performansi organisasi (analisis Makro) Perbedaan : pada unit analisis dan objek kajian.

7 PERILAKU ORGANISASI & MSDM Perilaku organisasi dianggap lebih mendasar (teoritis; berdasar pada konsep) Manajemen sumber daya manusia lebih terapan dengan fokus pada teknik pengelolaan sumber daya manusia. Perbedaan : pendekatan yang digunakan

8 Perilaku organisasi dalam beberapa jenis pendekatan manajemen : Manajemen tradisional Tiap individu memiliki perilaku tertentu dalam tiap proses perencanaan, organisasi, penggerakan dan pengawasan. Tiap kelompok/unit kerja memiliki karakteristik tertentu dalam berinteraksi di dalam maupun antar kelompok/unit kerja. Manajemen berdasarkan sasaran : Tiap individu atau kelompok memupunyai interest tertentu dalam menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan penentuan sasaran organisasi. Manajemen stratejik : Tiap individu atau kelompok memiliki pandangan yang berbeda dalam menganalisa lingkungan, penentuan visi dan misi, perumusan strategi, implementasi strategi maupun pengendalian strategi. Manajemen mutu terpadu : Tiap individu atau kelompok memiliki tolok ukur mutu yang berbeda dan memiliki komitmen mutu yang berbeda pula..

9 Manfaat ilmu perilaku organisasi bagi pimpinan dan anggota organisasi. Manfaat ilmu perilaku organisasi bagi pimpinan dan anggota organisasi. - Menentukan kebijaksanaan - Menentukan kebijaksanaan - Membuat aturan - Membuat aturan - Memecahkan masalah, dll.. - Memecahkan masalah, dll..

10 Karakteristik Perilaku Organisasi 1.Perilaku 2.(Struktur) Organisasi


Download ppt "TM Ke-1: PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN. DEFINISI PERILAKU ORGANISASI Adalah suatu studi yang menyangkut aspek- aspek tingkah laku manusia dan kelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google