Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN, 2501907023 Upaya meningkatkan Kemampuan Vokal Pada Siswa Kelas VII melalui Metode Membaca Notasi Angka di SMP Negeri I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN, 2501907023 Upaya meningkatkan Kemampuan Vokal Pada Siswa Kelas VII melalui Metode Membaca Notasi Angka di SMP Negeri I."— Transcript presentasi:

1 YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN, Upaya meningkatkan Kemampuan Vokal Pada Siswa Kelas VII melalui Metode Membaca Notasi Angka di SMP Negeri I Guntur Demak

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - yahya60 pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Joko Wiyoso, S.Kar, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Widodo B.S. S.Sn, M.Hum - TGL UJIAN :

3 Judul Upaya meningkatkan Kemampuan Vokal Pada Siswa Kelas VII melalui Metode Membaca Notasi Angka di SMP Negeri I Guntur Demak

4 Abstrak SMP Negeri I Guntur berdiri tahun 1983 di Desa Bogosari, Kecamatan Guntur, kabupaten Demak. Letaknya diapit oleh 4 desa yaitu ; sebelah selatan desa Pamongan, sebelah utara desa Guntur, sebelah timur desa Tlogoweru, dan sebelah barat adalah desa Temuroso. Sedangkan siswa SMP Negeri I Guntur berasal dari desa Bogosari, dan desa-desa sekitar yang berdekatan. Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa (1) apakah prestasi belajar siswa yang rendah, kemampuan belajar untuk membaca notasi kurang baik?, dan (2) apakah aktivitas belajar siswa yang kurang baik?. Penelitian dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri I Guntur Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun 2008/ 2009, dengan subyek penelitian 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 19 siswa putri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya khususnya kompetensi dasar ketrampilan dasar membaca notasi dan praktek vokal, dan (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya khususnya kompetensi dasar ketrampilan dasar membaca notasi angka dan praktek vokal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu pembelajaran dengan cara membaca notasi angka yang meliputi empat tahapan penelitian yaitu : (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Keempat tahapan tersebut membentuk siklus. Desain penelitian yang diterapkan adalah desain penelitian menurut Hopkins. Penelitian ini bersifat kolaboratif, yaitu peneliti melibatkan guru seni budaya untuk melaksanakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian danalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan mendiskrisikan temuan data dan membandingkan dengan indicator kinerja yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, pembelajaran dengan upaya meningkatkan kemampuan vokal melalui pembelajaran membaca notasi angka pada siswa kelas VII E di SMP Negeri I Guntur kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Terbukti ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 30 % pada kegiatan prasiklus menjadi 80 % pada kegiatan akhir siklus II. Kedua, dengan pembelajaran menggunakan metode membaca notasi angka dapat meningkatkan kemampuan dan aktivitas belajar siswa. Terbukti terjadi peningkatan skor aktivitas dari 2,15 atau kualifikasi kurang baik pada kegiatan prasiklus menjadi 3,36 atau kualifikasi baik pada kegiatan akhir siklus II.

5 Kata Kunci Kemampuan Vokal, Membaca Notasi Angka

6 Referensi Arikunto, S Prosedur Penelitian. Jakarta : rineka Cipta Faizal, S Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : usaha Nasional Hamdjui, Atan dan Armillah Windawati Pengetahuan Seni Musik untuk SMP dan Sederajat. Jakarta : Mutiara Sumber Widya Jazuli, M Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press. Jamalus Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kinney Sikap Tubuh dalam Menyanyi membantu dalamPengeluaran suara Pasaribu, Anur Analisis Musik Indonesia. Jakarta : PT Pantja Simpati. Pekerti Widia Pendidikan Seni Musik/Tari/Drama. Jakarta : Titik Terang. Pranajaya Teknik-teknik Bernyanyi dan Penguasaan Melodi yang merupakan unsur dalam seni musik. Raharja Slamet Teori Seni Vokal. Semarang Widya Duta. Rianto,Yatim Metodologi Penelitian Pendidikan. Suatu Tinjauan Dasar. Surabaya SIC. Suharto, M Belajar Notasi Balok. Jakarta. PT Gramedia. Suharto, M Pendidikan Seni Musik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Sudjana Poppy, Teori Musik dan Kumpulan Lagu-lagu. Tiga Serangkai. Sugeng, H R Teori Musik untuk SMP. Surakarta. Tiga Serangkai. Sugiyanto, Setyobudi, Munsi.Mf, Setyaningsih. DP, Kerajinan Tangan dan Kesenian untuk SLTP kelasI. Jakarta. Erlangga. Sugiyanto Kesenian Untuk SMP kelas VII. Jakarta. Erlangga. Sumaryanto Totok Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Pendidikan Seni. Universitas Negeri Semarang. Sunaryo.1989, Seni Musik I. Klaten: PT. Intan Pariwara Susilo Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Book Publisher. Yogyakarta , et. Al Pelajaran Seni Musik untuk SMTP. Jakarta. PT Gramedia Wiriaatmadja, Rochiati Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosda Karya.

7 Terima Kasih


Download ppt "YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN, 2501907023 Upaya meningkatkan Kemampuan Vokal Pada Siswa Kelas VII melalui Metode Membaca Notasi Angka di SMP Negeri I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google