Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma Pemrograman 2B (VISUAL BASIC) Dosen : Nuraini Purwandari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma Pemrograman 2B (VISUAL BASIC) Dosen : Nuraini Purwandari."— Transcript presentasi:

1 Algoritma Pemrograman 2B (VISUAL BASIC) Dosen : Nuraini Purwandari

2 Pengertian Visual Basic Visual Basic merupakan bahasa pemrograman visual yang berjalan di atas sistem operasi Windows. Visual Basic mudah dipelajari untuk membuat sebuah aplikasi atau program dengan cepat. Aplikasi Visual Basic berisi komponen-komponen berupa objek. Setiap komponen memiliki event dan metode (misalnya, mengklik, mengetik, meletakkan kursor dsb), itu semua event-event yang akan memicu metoda yang ada dalam objek tersebut.

3 Perkembangan VB –GW Basic, Basica, Obasic, Qbasic, Visual Basic –Microsoft Visual Basic 3.0 menggunakan Sistem operasi Windows 3.1 –Microsoft Visual Basic 4.0 menggunakan Sistem operasi16 bit Windows 3.1 dan 32 bit Windows 95 –Microsoft Visual Basic 5.0 menggunakan Sistem operasi Windows 95 dan windows NT –Microsoft Visual Basic 6.0 menggunakan Sistem operasiWindows 9x, 2000, Windows XP dan windows NT

4 Keuntungan Visual Basic –Mendukung pembentukan program aplikasi berbasis windows (jendela – jendela ) dengan menu yang menarik dan professional. –Jendela yang dihasilkan dapat dipindah- pindahkan ( Moveable ) dan diperbesar atau diperkecil ( Resizeable ) –Microsoft Visual Basic secara otomatis dapat mengenal dan memanfaatkan mouse

5 Istilah-istilah dalam VB –Event-Driven, artinya setiap aplikasi yang ada digerakan oleh user –GUI ( Grafical Unit Interface ) adalah pemrograman yang menggunakan tampilan grafik sebagai alat komunikasi dengan pemakainya –DAO ( Data access Object ) dukungan untuk memudahkan akses terhadap database lain –OLE ( Object Linking dan Embedding ) kemudahan menghubungkan beberapa aplikasi dalam Windows –Active X aplikasi yang digunakan oleh pengguna internet –OCX dukungan untuk menggunakan tolls tambahan –DLL ( Dynamic Link Library ) adalah kumpulan library untuk menggabungkan program dalam microsoft Visual Basic dengan bahasa pemrograman lainnya –DDE ( Dynamic Data Exchange ) Dukungan kemudahan pertukaran dalam membangun program.

6 Ilustrasi sebuah objek melakukan aksi sbb : Event (Tindakan User) Metode (Kode Program) Aksi (Hasil Program) User mengklik tombol perintah Event Click ini memicu metode pada objek Metode tersebut menjalankan aksi tertentu pada program

7 Memulai Visual Basic Menjalankan Start-Program >Microsoft VB 6.0 Pilihan file New, Existing atau File Recent atau dengan menunjuk ikon shortcut VB 6.0

8 Keterangan Tampilan Editor VB 1. Standard EXE Proyek standard EXE merupakan proyek yang paling umum digunakan. Proyek ini menghasilkan file EXE yang dapat dieksekusi secara langsung. Proyek semacam ini langsung dilengkapi dengan form. 2. ActiveX EXE Proyek ActiveX EXE digunakan untuk membuat komponen ActiveX yang bisa diksekusi secara langsung. 3. ActiveX DLL Proyek AxtiveX DLL digunakan untuk membuat ActiveX yang berupa DLL (Dynamic Link Library).

9 4. ActiveX Control Proyek ActiveX Contriol digunakan untuk membuat control ActiveX, yaitu komponen yang dapat disisipkan pada program. 5. VB Application Wizard. Proyek VB Application Wizard merupaka proyek yang ditujukan untuk membuat kerangka dari suatu program aplikasi. 6. VB Wizard Manager Proyek VB Wizard Manager digunakan untuk membangun sebuah wizard, yaitu sekumpulan informasi dari pengguna yang akan dikumpulkan untuk membangun aplikasi.

10 7.Data Project Proyek ini identik dengan jenis proyek Standard EXE, namun disini kontrol untuk akses database langsung ditambahkan secara otomatis. 8.IIS Application Proyek ini digunakan untuk membangun sebuah aplikasi yang akan dijalankan pada web server IIS (Internet Information Server). 9.Addin Dengan proyek Addin, kita dapat mendapat add-ins baru. Add-ins merupaka perintah yang dapat ditambahkan pada menu Visual Basic.

11 10.ActiveX Document DLL Proyek ini akan menghasilkan sebuah dokumen ActiveX, dalam format DLL 11.ActiveX Document EXE Proyek ini akan menghasilkan dokumen ActiveX, dalam format EXE 12.DHTML Application DHTML (Dynamic Hypertext Markup Language) Application merupakan jenis proyek yang memudahkan kita untuk membuat suatu halaman DHTML 13.VB Enterprise Edition Control Proyek ini pada dasarnya sejenis dengan proyek STANDARD EXE, hanya disini semua tool untuk VB Enterprise Edition akan diaktifkan.

12 EDITOR VB

13 MENU BAR FILE KELOMPOK PERINTAH YANG BERFUNGSI UNTUK MENGATUR SUATU FILE, SEPERTI NEW, SAVE, OPEN, REMOVE, PRINT DLL EDIT KELOMPOK PERINTAH UNTUK PENGEDITAN, BAIK OBYEK, KOMPONEN MAUPUN KODE PADA CODE EDITOR CTH : CUT, PASTE, DELETE DLL VIEW PERINTAH-PERINTAH UNTUK MENGAKTIFKAN BAGIAN-BAGIAN IDE VB6 PROJECT BERFUNGSI UNTUK MANAJEMEN PROYEK SERTA PENDUKUNGNYA. FORMAT KELOMPOK PRINTAH UNTUK MELAKUKAN PROSES FORMAT DEBUG UNTUK PENGATURAN DALAM PENCARIAN KESALAHAN PROGRAM RUN BERFUNGSI UNTUK MENANGANI PROSES KOMPILASI PROGRAM CTH: RUN, BUILD, STEP OVER, DEBUG DLL QUERY KUMPULAN PERINTAH UTK MENGAKSES DATA YANG DIPERLUKAN PADA APLIKASI DATABASE. DIAGRAM, PERINTAH UNTUK PENGATURAN DIAGRAM TOOLS SEBAGAI PENYEDIA PERLENGKAPAN TAMBAHAN YG DIPERLUKAN DLM PENYUSUNAN PROGRAM ADD-INS UTK PENGATURAN PROGRAM TAMBAHAN BAGI VB6 WINDOW UTK PENGATURAN WINDOW YG SEDANG TERBUKA HELP MENYEDIAKAN INFORMASI UTK MENOLONG PEMAKAI.

14 TOOLBAR ADD STANDARD EXE PROJECT => MEMBUAT SEBUAH PROJECT BARU JENIS STANDAR ADD FORM => MENAMBAHKAN SEBUAH FORM KE DALAM PROJECT YG SEDANG TERBUKA MENU EDITOR => MENAMPILKAN MENU EDITOR YG BERFUNGSI SEBAGAI PEMBUAT MENU OPEN PROJECT => MEMBUKA SEBUAH PROJECT YG PERNAH DIBUAT SAVE PROJECT => MENYIMPAN PROJECT YG SEDANG TERBUKA TANPA MENUTUPNYA CUT => MEMOTONG OBYEK TERPILIH PASTE => MEMBUAT SALINAN OBYEK YG DISIMPAN DI CONTAINER WINDOWS DAN DIPASANG DI LOKASI BARU FIND => MENEMUKAN OBYEK TERTENTU UNDO => MENGGAGALKAN PELAKSANAAN PERINTAH-PERINTAH TERURUT DARI BELAKANG YG PERNAH DILAKUKAN REDO => MENGULANGI PELAKSANAAN PERINTAH-PERINTAH TERURUT DARI BELAKANG YG PERNAH DILAKUKAN START => MENJALANKAN PROGRAM YG SEDANG TERBUKA DAN AKTIF

15 FORM FORM ADALAH BAHAN UNTUK PEMBUATAN WINDOW. MEMILIKI PERAN YANG SANGAT PENTING SEBAGAI MEDIA INTERFACE USER. MEMILIKI BEBERAPA PENGATUR YANG DISEBUT “PROPERTI” TITLE BAR GRIDE ADALAH TITIK – TITIK PEMBANTU UNTUK MELETAKKAN OBJEK PADA FORM ADALAH JUDUL DARI FORM YANG DPT DIATUR DARI PROPERTI CAPTION OBJEK FORM TSB

16 WINDOW CODE ADALAH TEMPAT KITA MENULISKAN PRORGAM. TERDAPAT DUA BUAH FASILITAS UTAMA, YAITU : LIST OBYEK DAN LIST PROSEDUR / EVENT

17 TOOLBOX POINTER PICTURE BOX => MENAMPILKAN GAMBAR STATIS MAUPUN GAMBAR AKTIF DARI SUMBER DILUAR DIRINYA LABEL => KONTROL YANG BISA DIGUNAKAN UTK MENAMPILKAN TEKS YG TIDAK BISA DIUBAH OLEH PENGGUNA PROGRAM / USER TEXT BOX => MEMBUAT AREA TEKS DIMANA TEKSNYA BISA DIUBAH OLEH PEMAKAI FRAME => MENGELOMPOKKAN BEBERAPA KONTROL COMMAND BUTTON => MEMBUAT SEBUAH TOMBOL PELAKSANA PERINTAH CHECK BOX => MEMBUAT KOTAK CHECK YG MUDAH PEMAKAIANNYA. OPTION BUTTON => PEMILIHAN DUA KEADAANDARI BANYAK PILIHAN, NAMUN HANYA SATU PILIHAN SAJA YG BISA DIAKTIFKAN PADA SATU SAAT COMBO BOX => MENGHASILKAN KONTROL MERUPAKAN KOMBONASI DARI LIST BOX DAN TEXT BOX, SEHINGGA USER BISA MEMASUKKAN PILIHAN MELALUI DAFTAR ATAU MENULISKANNYA LIST BOX => DIGUNAKAN UNTUK MENAMPILKAN DAFTAR PILIHAN YANG BISA DIGULUNG HSCROLL BAR => UTK PENGGULUNGAN DENGAN LANGKAH LEBAR DGN INDIKASI POSISI PEMILIHAN DLM POSISI HORIZONTAL

18 PROJECT EXPLORER MENAMPILKAN DAFTAR FORM, MODUL SERTA OBJEK LAIN YANG ADA DLM PROJECT YG AKTIF. SEBUAH PROJECT MERUPAKAN SEKUMPULAN FILE YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBANGUN SEBUAH APLIKASI. TERDAPAT 3 TOMBOL PENGAKTIF UNTUK WINDOW CODE, WINDOW OBJECT DAN TOGGLE FOLDER.

19 WINDOW PROPERTIES DIGUNAKAN UNTUK MENGATUR PROPERTI SEBUAH OBJEK ATAU KONTROL YANG DIPILIH.

20 WINDOW FORM LAYOUT DIGUNAKAN UNTUK MENGONTROL POSISI FORM PADA APLIKASI.

21 OBJECT BROWSER UNTUK MENAMPILKAN CONTROL- CONTROL BESERTA FUNGSI, METODE SERTA EVENT- EVENT YANG ADA DI DALAMNYA. MEMILIKI UTILITI UNTUK MENCARI SUATU FUNGSI / KEYWORD

22 WINDOW IMMEDIATE, LOCAL DAN WATCH WINDOW-WINDOW INI MERUPAKAN WINDOW TAMBAHAN YANG DIGUNAKAN UTK PROSES DEBUG APLIKASI.

23 KODE PENAMAAN KONTROL NAMA KONTROL KODENAMA KONTROL KODENAMA KONTROL KODE COMBO BOX cboLIST BOXLstFORMFrm CHECK BOX chkMENUMnuRICH TEXT BOX Rtb COMMAND BUTTON cmdMODULEModGRIDGrd DIRECTOR Y LIST BOX DirOLEOleHORIZONT AL SCROLL BAR Hsb DRIVE LIST BOX DrvOPTION BUTTON OptIMAGEImg FILE LIST BOX FilPICTURE BOX PicLABELLbl FRAMEFraRESOURC E resLINElin NAMA KONTROL KODE SHAPEShp TIMERTmr TEXT BOXTxt USER DEFINED DATA TYPE Typ VERTICAL SCROLL BAR vsb

24 CONTROL EVENT EVENT ADALAH HAL-HAL YG TERJADI ATAU YANG DILAKUKAN OLEH USER TERHADAP SEBUAH KONTROL EVENTKETERANGAN CHANGETERJADI PADA SAAT PROPERTI CAPTION / TEXT BERUBAH CLICKTERJADI PADA SAAT USER MENGKLIK PADA KONTROL DBLCLICKTERJADI PADA SAAT USER MENGKLIK GANDA PADA KONTROL DRAGDROPTERJADI PADA SAAT PROSES DRAG KONTROL KOMPLET DRAGOVERTERJADI SEWAKTU PROSES DRAG OF KONTROL GOTFOCUSTERJADI PADA SAAT KONTROL MENDAPAT FOKUS KEYDOWNTERJADI PADA SAAT USER MENEKAN SEBUAH TOMBOL PADA KEYBOARD DAN PROPERTI KEYPREVIEW KONTROL DI FORM BERNILAI TRUE KEYPRESSTERJADI PADA SAAT USER MENEKAN SEBUAH TOMBOL PADA KEYBOARD MELALUI KONTROL

25 EVENTKETERANGAN KEYUPTERJADI PADA SAAT USER MELEPAS SEBUAH TOMBOL PADA KEYBOARD MELALUI KONTROL LINKCLOSETERJADI SAAT PROSES DDE TERHENTI LINKERRORTERJADI PADA SAAT PROSES DDE GAGAL LINKNOTIFYTERJADI PADA SAAT DDE MENULIS KONTROL DENGAN PERUBAHAN PESAN YANG TERJADI LINKOPENTERJADI PADA SAAT PROSES DDE DIMULAI LOADTERJADI PADA SAAT FORM DI-LOAD. EVENT INI HANYA MILIK FORM LOSTFOCUSTERJADI PADA SAAT KONTROL MULAI KEHILANGAN FOKUS MOUSEDOWNTERJADI PADA SAAT USER MENEKAN TOMBOL MOUSE MELALUI KONTROL CONTROL EVENT EVENT ADALAH HAL-HAL YG TERJADI ATAU YANG DILAKUKAN OLEH USER TERHADAP SEBUAH KONTROL

26 EVENTKETERANGAN MOUSEMOVETERJADI PADA SAAT USER MENGGERAKKAN MOUSE MELALUI KONTROL MOUSEUPTERJADI PADA SAAT USER MELEPAS PENEKANAN MOUSE MELALUI KONTROL UNLOADTERJADI PADA SAAT FORM DIUNLOAD/ DITUTUP. EVENT HANYA MILIK FORM CONTROL EVENT EVENT ADALAH HAL-HAL YG TERJADI ATAU YANG DILAKUKAN OLEH USER TERHADAP SEBUAH KONTROL

27 LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN APLIKASI Membuat antar muka visual dengan objek-objek siap pakai buatan microsoft atau pihak ketiga. Selain mempermudah pemrograman juga menjamin bahwa aplikasi yang dibuat compatible dengan windows Mengubah nilai properti objek agar sesuai dengan aplikasi yang dibuat Menuliskan kode-kode untuk menghubungkan objek maupun kode program berdasarkan kombinasi dari perintah vb yang tersedia Menyimpan file proses pembuatan aplikasi dalam direktori tersendiri, ini penting karena vb menggunakan banyak file dengan nama yang berbeda meskipun aplikasi yang dibuat hanya satu. File-file yang diorganisir dari jendela project explorer disebut project

28 Membuat Program VB 1. Membuat Label

29 Langkah – langkah yang dilakukan : Memilih / mengklik tombol Label pada Tool box Mendrag label sesuai yang dikehendaki pada jendela Form1 Memilih objek dengan Label1 dan event dengan click. Setelah itu memasukkan / menuliskan kode program yang diinginkan. Label1.Caption : memasukkan teks yaitu UNIVERSITAS GUNADARMA. Label1.ForeColor : memberikan warna merah pada teks dilabel1. Label1.FontName : memberikan jenis huruf Arial pada teks dilabel1. Label1.FontSize : memberikan ukuran huruf sebesar 14 pada teks.

30 Output Program

31


Download ppt "Algoritma Pemrograman 2B (VISUAL BASIC) Dosen : Nuraini Purwandari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google