Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANDIKA RAKA DIANJAYA, 2350404049 Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANDIKA RAKA DIANJAYA, 2350404049 Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant."— Transcript presentasi:

1 ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ANDIKA RAKA DIANJAYA - NIM : PRODI : Sastra Perancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - the_high_reaction pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Conny Handayani - PEMBIMBING 2 : Suluh Edhi W - TGL UJIAN :

3 Judul Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant

4 Abstrak Skizofrenia adalah gangguan mental yang disebut psikosis. Gangguan tersebut menyerang psikologi kejiwaan dari pasiennya. Di dalam kehidupan masyarakat pengarang merefleksikan fenomena tersebut dalam bentuk karya sastra. Hal ini dikarenakan karya sastra merupakan cermin masyarakat pada zamannya. Cerpen Le Horla karya Guy de Maupassant. menggambarkan tentang hari-hari seorang penderita psikosis yang merasa akan „dimakan‟ oleh „makhluk misterius yang tidak terlihat‟. Makhluk tersebut dikenal sebagai Le Horla. Adapun cerpen ini merupakan cerminan diri dari pengarang yang juga mengidap penyakit tersebut sampai akhir hidupnya. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu mengungkapkan pengaruh penyakit skizofrenia yang diderita oleh tokoh utama yang didalamanya juga menganalisis : (1) munculnya skizofrenia pada diri tokoh utama, (2) reaksi tokoh utama terhadap skizofrenia yang dideritanya, (3) upaya tokoh utama untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya, (4) akibat penyakit skizofrenia yang diderita tokoh utama terhadap dirinya sendiri dan masyarakat disekitarnya dan (5) efek skizofrenia yang mempengaruhi tokoh utama untuk mengakhiri hidup. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh skizofrenia terhadap diri tokoh utama, berikut dengan alasan, dan dampak dari penyakit skizofrenia tersebut pada tokoh utama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik untuk menganalisis pengaruh skizofrenia terhadap diri tokoh utama. Penelitian ini mengambil data berupa kalimat-kalimat yang mengandung unsur-unsur dari gejala skizofrenia sesuai dengan permasalahan. Sumber data dalam penelitian ini berupa roman yang berjudul Le Horla karya Guy De Maupassant. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini: (1) gejala-gejala awal yang muncul pada diri tokoh utama berupa demam yang diikuti dengan hilangnya keberanian dan munculnya perasaan gelisah, (2) kegelisahan pada diri tokoh utama menimbulkan sebuah halusinasi bahwa dirinya telah diikuti dan diawasi oleh sosok misterius, (3) penyakit skizofrenia merupakan penyakit psikologis sehingga dokter pada saat itu belum bisa mendiagnosis pada penderita psikosis, (4) pengaruh skizofrenia telah mempengaruhi jiwa dan pikiran tokoh utama sehingga halusinasi dan delusi yang muncul semakin jelas dan membuat diri tokoh utama begitu tertekan dalam menjalani hidupnya, dan (5) dampak dari tekanan gangguan skizofrenia membuat diri tokoh utama memilih untuk bunuh diri.

5 Kata Kunci Skizofrenia, Psikologi

6 Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Arif, Imam Setiadi Skizofrenia Memahami Dinamika Keluarga Pasien. Bandung : Refika Aditama. Diragagunarsa, Singgih Pengantar Psikologi. Jakarta : Mutiara. Endraswara, Suwardi Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta : Media Pressindo. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta : Media Pressindo. Halgin, R.P., Whitbourne, S.K Abnormal Psychology. The Human Experience of Psychological Disorder. New York: McGraw Hill Book Co. Hawari, D Pendekatan Holistik pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Edisi III. Cetakan I. Jakarta: FK UI. Jumali, Ahmad Skripsi Skizofrenia Tokoh Utama Dalam Novel Pintu Terlarang Karya Sastra Sekar Ayu Asmara. Semarang : UNNES. Maupassant, G Le Horla. Paris : … Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada. Wellek & Warren Teori Kesusteraan. Terjemahan oleh Melani Budianto. Jakarta : Gramedia. Teeuw, A Sastra & Ilmu Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Guy_de_Maupassant di sunting pada tanggal 12 Januari 2001) (http://fr.wikipedia.org/wiki/Le_Horla disunting pada tanggal 21 Desember 2010).

7 Terima Kasih


Download ppt "ANDIKA RAKA DIANJAYA, 2350404049 Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google