Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS By Ari Pambudi. TUJUAN Memahami solusi studi kasus menggunakan konsep berorientasi objek dalam visual basic (VB)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS By Ari Pambudi. TUJUAN Memahami solusi studi kasus menggunakan konsep berorientasi objek dalam visual basic (VB)"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS By Ari Pambudi

2 TUJUAN Memahami solusi studi kasus menggunakan konsep berorientasi objek dalam visual basic (VB)

3 Materi Konsep Objek Dalam Visual basic Objek in form and control Implementation in VB Selection List form Program selection and Method from from Object manipulation in VB Collection concept Create a new object using class module Object oriented design in VB

4 Referensi Hollis, Billy S (1999). Visual Basic 6; Design, Specificaiton and objects. Marko Publishing, Denmark Petroutsos, Engelos (2000). Mastering Database with visual basic 6 Peter Norton’s, Guide to Visual Basic 6, SAMS Publishing, 1998 Richard Mansfield, Panduan Berilustrasi Visual Basic dalam Aplikasi, Dinastindo, Jakarta 1995 Djoko Pramono, Mudah Menguasai Visual Basic 6, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1999 Ross Nelson, Menguasai Visual Basic for Window versi 3, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1995

5 Mengenal Visual Basic (VB) Krisna D. Octovhiana Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintahperintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All- purpose Symbolic Instruction Code)yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).

6 Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6 Aktifkan VB 6 melalui tombol Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0. Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan berikut : Pilih Standard EXE dan klik tombol Open.

7 Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6 Anda akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6. Kenali bagian-bagian utama di dalam IDE VB6 berikut ini :

8 Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6 KETERANGAN 1 Menubar 2 Toolbar 3 Toolbox Bila Toolbox tidak muncul klik tombol Toolbox pada bagian Toolbar atau klik menu View > Toolbox. 4 Jendela Form Bila Jendela Form tidak muncul klik tombol View Object pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Object. 5 Jendela Code Bila Jendela Code tidak muncul klik tombol View Code di pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Code. 6 Project Explorer Bila Project Explorer tidak muncul klik tombol Project Explorer pada bagian Toolbar atau klik menu View > Project Explorer. 7 Jendela Properties Bila Jendela Properties tidak muncul klik tombol Properties Window pada bagian Toolbaratau klik menu View > Properties Window.

9 TOOLBOX (1) TOOLBOX MENGANDUNG KONTROL- KONTROL YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK MENAMBAH GAMBAR,LABEL DAN ELEMEN LAINNYA TOOLBOX BERISI KUMPULAN OBJEK YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT USER INTERFACE SERTA PENGONTROLAN BAGI PROGRAM YANG DIBUAT

10 TOOLBOX(2) TOOLBOX(2) Membuat User Interface (UI) PictureBo x TextBox Comman d ListBox VScrollBa r FileListB ox Data DrivelistB ox Line Pointer Label Frame CheckBo x ComboBo x Timer HScrollBa r DirListBo x Shape Image Ole OtionButto n Aktifkan VB 6 melalui tombol Start. Kenali jenis-jenis komponen (control) yang ada di dalam bagian ToolBox :

11 FORM (1) FORM ADALAH JENDELA YANG BISA DIUBAH- UBAH UNTUK MEMBUAT ANTARMUKA PROGRAM FORM BISA MENGANDUNG MENU, TOMBOL, KOTAK DAFTAR, BARIS PENGGULUNG DAN ITEM-ITEM LAIN FORM – FORM TAMBAHAN BISA DITAMBAHKAN FORM ADALAH LEMBAR DESAIN TAMPILAN DARI PROGRAM YANG DIBUAT

12 FORM (2) Project Name Bidang Form Caption Symbol actif Bidang project MinimizeMaximizeClose

13 CODE EDITOR (1) JENDELA INILAH TEMPAT MENULIS DAN MENYUNTING RUTIN YANG AKAN MENENTUKAN MEKANISME PROGRAM PROCEDURE VIEW AKAN MENYEBABKAN CODE EDITOR AKAN MENAMPILKAN RUTIN PROGRAM DALAM BENTUK PROSEDUR- PROSEDUR FULL MODUL VIEW AKAN MENYEBABKAN CODE EDITOR AKAN MENAMPILKAN SEMUA RUTIN PROGRAM YANG ADA DALAM SATU MODUL

14 CODE EDITOR (2) Kotak nama2 prosedure Kotak Event Prosedur VScrollb ar HScrollbar Tempat menulis kan rutin Program

15 PROJECT EXPLORER (1) PROJECT EXPLORER DIGUNAKAN UNTUK MENGELOLA FILE YANG MENYUSUN PROYEK PROJECT EXPLORER INI BERISI DAFTAR FORM, MODUL, MODUL CLASS DAN FILE RESOURCE YANG DIGUNAKAN

16 PROJECT EXPLORER (2) View Object View Code Tonggle Folder

17 PROPERTIES (1) JENDELA PROPERTIES DIGUNAKAN UNTUK MENGUBAH KARAKTERISTIK ATAU SETTING PROPERTI DARI ELEMEN YANG TERDAPAT PADA FORM JENDELA PROPERTIES MENGANDUNG KOTAK DAFTAR DROP- DOWN YANG MENAMPILKAN SEMUA ELEMEN OBJEK PADA FORM SETIAP ELEMEN ATAU COMPONENT MEMILIKI PROPERTI YANG SUDAH DITENTUKAN PROPERTIES DIBAGI MENJADI DUA YAITU ALPHABETIC DAN CATEGORIZED ALPHABETIC, PROPERTI DIATUR BERDASARKAN URUTAN ABJAD CATEGORIZED, PROPERTI DIATUR DALAM KELOMPOK- KELOMPOK KATEGORI

18 PROPERTIES (2) Diurutkan ber dsrkan Abjad Diurutkan berda sarkan fungsi ObjectBox PropertieList Kelompok katagori Keterangan dari propertie yg dipilih

19 Memahami Istilah Object, Property, Method dan Event Dalam pemrograman berbasis obyek (OOP), anda perlu memahami istilah object, property, method dan event sebagai berikut : Object : komponen di dalam sebuah program Property : karakteristik yang dimiliki object Method : aksi yang dapat dilakukan oleh object Event : kejadian yang dapat dialami oleh object Sebagai ilustrasi anda dapat menganggap sebuah mobil sebagai obyek yang memiliki property, method dan event. Perhatikan gambar berikut :

20 Memahami Istilah Object, Property, Method dan Event

21 Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain seperti Delphi dan Java VB juga Bersifat event driven progamming. Artinya anda dapat menyisipkan kode program pada event yang dimiliki suatu obyek.

22 Memahami Istilah Object, Property, Method dan Event Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain seperti Delphi dan Java VB juga Bersifat event driven progamming. Artinya anda dapat menyisipkan kode program pada event yang dimiliki suatu obyek.

23 CONTOH PROGRAM (1) Buka project baru, disainlah object commandbutton1 dan commandbutton2 pada form1 ( dgn cara Double click tool CommandButton pada toolbox) dan seting properti caption nya menjadi : Exit dan Clear, seperti terlihat dibawah ini, dimana form1 tsb, dlm keadaan Running :

24 CONTOH PROGRAM (2) Double click control Command (clear) yang ada di dalam form Kemudian ketik kode VB di dalam prosedur sebagai berikut: Private Sub Command1_Click() Form1.Cls End Sub Private Sub Command2_Click() End End sub

25 CONTOH PROGRAM (3) Private Sub Form_Click() Form1.Print Form1.FontName = "Arial Black" Form1.FontSize = 12 Form1.ForeColor = vbRed Form1.Print "Haloo...Selamat Datang di VB" Form1.FontSize = 14 Form1.ForeColor = vbYellow Form1.Print "HALOOO SELAMAT DATANG DI VB" Form1.FontBold = True Form1.FontSize = 16 Form1.ForeColor = vbGreen Form1.Print "HALOOO SELAMAT DATANG DI VB" Form1.FontItalic = True Form1.FontSize = 18 Form1.ForeColor = &H Form1.Print "HALOOO SELAMAT DATANG DI VB" End Sub


Download ppt "PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS By Ari Pambudi. TUJUAN Memahami solusi studi kasus menggunakan konsep berorientasi objek dalam visual basic (VB)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google