Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS PADA CV. NEW SURABAYA TENT Achmad Syarif 06.41010.0263.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS PADA CV. NEW SURABAYA TENT Achmad Syarif 06.41010.0263."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS PADA CV. NEW SURABAYA TENT Achmad Syarif

2 Latar Belakang Masalah Pentingnya pencatatan barang inventaris pada suatu perusahaan, terutama bagi perusahaan persewaan alat pesta. Pada New Surabaya Tent, pencatatan inventaris masih dilakukan secara manual. Laporan yang ada meliputi stok barang dan mutasi barang saat ada event. Keterbatasan informasi ini menyebabkan perusahaan tidak mempunyai informasi tentang posisi dan kondisi barang secara detail. Pengecekan yang tidak dilakukan secara detail menyebabkan pengelolaan barang inventaris perusahaan tidak berjalan dengan baik, sehingga sering terjadi selisih jumlah barang. Barang yang rusak atau barang yang keluar karena perbaikan atau perawatan barang tidak dapat terdeteksi. Diperlukan suatu sistem informasi pengelolaan barang inventaris yang dapat dikelola secara efektif dan efisien. Dengan sistem informasi pengelolaan barang inventaris diharapkan dapat memudahkan dalam pengelolaan barang inventaris tersebut, baik karena pergantian, pemesanan, perawatan maupun penghapusan barang, sehingga inventarisasi pada New Surabaya Tent dapat berjalan secara maksimal.

3 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas, didapatkan rumusan permasalahan, yaitu: “Bagaimana membuat rancang bangun sistem informasi pengelolaan barang inventaris pada New Surabaya Tent”

4 Pembatasan Masalah Sistem informasi pengelolaan barang inventaris ini diimplementasikan pada perusahaan dekorasi khususnya New Surabaya Tent. Data yang digunakan merupakan data riil yang didapat dari New Surabaya Tent. Sistem ini mencakup proses transaksi pemesanan, pembelian dan pemeliharaan barang. Sistem ini tidak membahas tentang perhitungan akuntansi.

5 Tujuan Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari dibuatnya sistem informasi ini adalah : “Terbentuknya sistem informasi pengelolaan barang inventaris yang memudahkan pihak manajemen dalam mengelola inventaris New Surabaya Tent.”

6 Landasan Teori Pengertian dan Manfaat Inventarisasi Manajemen Inventarisasi Konsep Dasar Sistem Informasi Analisa dan Perancangan Sistem Data Flow Diagram (DFD) Entity Relationship Diagram (ERD) PHP Hypertext Preprocessor Database MySQL

7 Block Diagram

8 Document Flow

9

10

11 Context Diagram

12 Evaluasi Jenis Data dan Instrumen Pengumpulan Data Sumber data yang digunakan pada Tugas Akhir ini diambil dari data buku dan transaksi yang diperoleh dari CV. New Surabaya Tent. Pengumpulan data-data tersebut didapatkan dari hasil survei dan wawancara.

13 Evaluasi Desain Analisis Hasil Uji Coba Analisis hasil uji coba dilakukan dengan membandingkan hasil uji coba pada tahap evaluasi dengan hasil yang diharapkan. Uji coba dinyatakan berhasil apabila proses yang terjadi berjalan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan proses pengelolaan inventaris sebelum adanya sistem ini. Selain itu juga menilai ketepatan informasi yang dihasilkan, dalam hal ini pengelolaan barang inventaris pada CV. New Surabaya Tent. Sebaliknya apabila tidak memenuhi kriteria diatas maka uji coba dinyatakan gagal.


Download ppt "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS PADA CV. NEW SURABAYA TENT Achmad Syarif 06.41010.0263."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google