Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Quantum Teaching Belajar dengan meriah Prof. Dr. Ir. Suhardjono, MPd., Dipl. HE Disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Di Universitas Islam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Quantum Teaching Belajar dengan meriah Prof. Dr. Ir. Suhardjono, MPd., Dipl. HE Disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Di Universitas Islam."— Transcript presentasi:

1

2 Quantum Teaching Belajar dengan meriah Prof. Dr. Ir. Suhardjono, MPd., Dipl. HE Disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Di Universitas Islam Balitas Minggu, 26 Agustus

3

4 T A N D U R T umbuhkan minat ( tunjukan manfaat) A lami (siswa aktif) N amai (kata kunci, konsep,model) D emontrasikan (praktik, latihan) U langi (latihan) R ayakan keberhasilan Anda….

5 Mampu dan Mau adalah modal Sukses M a u MampuMampu Bagaimana caranya? Tujuan

6 Tingkatkan Mau

7 KEMAUAN akan meningkat bila.. Tahu manfaat Tahu manfaat Pikiran semangat Pikiran semangat Lingkungan belajar asyik Lingkungan belajar asyik Bersikap positif Bersikap positif Doa jangan lupa Doa jangan lupa

8 Bila mahasiswa tahu manfaat motivasi belajar akan meningkat. JELASKAN tujuan dan isi pelajaran Anda. tujuan dan isi pelajaran Anda. keterkaitan dengan pelajaran lainnya keterkaitan dengan pelajaran lainnya Ccntoh konkrit mengajar Ccntoh konkrit mengajar Harapan Anda pada mahasiswa Harapan Anda pada mahasiswa Harapan mhs terhadap Anda. Harapan mhs terhadap Anda.

9 Semangatkan pikiran melalui gerakan, sikap, penuh enersi. Semangatkan pikiran melalui gerakan, sikap, penuh enersi. pembelajaran afektif adalah “panutan” pembelajaran afektif adalah “panutan” Anda bersemangat, cinta, antusias Anda bersemangat, cinta, antusias latih mereka untuk makin sering melakukan... latih mereka untuk makin sering melakukan... memasang” mimik muka orang cerdas memasang” mimik muka orang cerdas

10 Makin aktif, belajar makin baik Kita belajar Kita belajar 10% dari apa yang kita baca 10% dari apa yang kita baca 20% dari apa yang kita dengar 20% dari apa yang kita dengar 30% dari apa yang kita lihat 30% dari apa yang kita lihat 50% dari apa yang kita lihat dan kita dengar 50% dari apa yang kita lihat dan kita dengar 70% dari apa yang kita katakan 70% dari apa yang kita katakan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan Untuk mempelajari sesuatu, praktikanlah ! Untuk mempelajari sesuatu, praktikanlah ! Kita belajar Kita belajar 10% dari apa yang kita baca 10% dari apa yang kita baca 20% dari apa yang kita dengar 20% dari apa yang kita dengar 30% dari apa yang kita lihat 30% dari apa yang kita lihat 50% dari apa yang kita lihat dan kita dengar 50% dari apa yang kita lihat dan kita dengar 70% dari apa yang kita katakan 70% dari apa yang kita katakan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan Untuk mempelajari sesuatu, praktikanlah ! Untuk mempelajari sesuatu, praktikanlah !

11 Yang mampu merubah kualitas diri, adalah diri sendiri.

12 Apakah garis ini sejajar?

13 Tingkatkan Mampu

14 Terampil belajar catat cermat catat cermat dengar cerdas dengar cerdas baca akurat baca akurat komunikasi efektif komunikasi efektif ingat tepat ingat tepat bertanya dengan bangga bertanya dengan bangga

15 Tingkatkan ke-MAMPU-an (KETRAMPILAN) belajar Belajar cara belajar dan cara berpikir. Belajar cara belajar : belajar-cepat (accelerated learning), belajar-super (super learning), suggestopedia, belajar dengan seluruh otak (whole-brain learning), belajar terpadu (integrative learning), atau belajar sejati (true learning). Metode belajar terbaik ternyata mirip dengan metode belajar pada diri anak-anak. Belajar cara belajar : belajar-cepat (accelerated learning), belajar-super (super learning), suggestopedia, belajar dengan seluruh otak (whole-brain learning), belajar terpadu (integrative learning), atau belajar sejati (true learning). Metode belajar terbaik ternyata mirip dengan metode belajar pada diri anak-anak. Keterampilan berpikir, metode yang umum yang dipakai, Lateral Thinking (Edward de Bono), Brainstroming (Alex Osborn), Creative Problem Solving (Donald Treffinger), Superbrain (Dilip Mukerjea), dan lain-lain. Keterampilan berpikir, metode yang umum yang dipakai, Lateral Thinking (Edward de Bono), Brainstroming (Alex Osborn), Creative Problem Solving (Donald Treffinger), Superbrain (Dilip Mukerjea), dan lain-lain.

16 Keterampilan mencatat Gambar Peta Pikiran Gambar Peta Pikiran –Tema utama terletak di tengah- tengah Ada cabang-cabang utama untuk setiap sub tema Ada cabang-cabang utama untuk setiap sub tema Kata-kata tunggal digunakan untuk setiap konsep Kata-kata tunggal digunakan untuk setiap konsep Bila mungkin, setiap konsep memiliki sebuah gambar. Bila mungkin, setiap konsep memiliki sebuah gambar.

17 Pendengar cerdas. sikap semangat, sikap semangat, mengkaitkan dengan pengetahuan yang dipunyainya, mengkaitkan dengan pengetahuan yang dipunyainya, membuat pertanyaan–gunakan enam pelayan Anda membuat pertanyaan–gunakan enam pelayan Anda aktif tanya-jawab, diskusi. aktif tanya-jawab, diskusi.

18 membaca cepat dan akurat. Kiat membaca-cepat Kiat membaca-cepat –Pastikan dahulu informasi apa yang Anda cari –Letakkan buku Anda sejauh 50 cm dari mata: cukup untuk melihat seluruh halaman. –Gerakkan telunjuk Anda ke bawah ditengah-tengah halaman. Dengan mata, lihatlah tepat di atas ujung jari. –Gerakkan jari dengan cepat sehingga Anda tidak punya waktu untuk berhenti pada setiap huruf dan mengucapkannya

19 Berapa kaki gajah ini?

20 berkomunikasi, mencari dan menggunakan informasi. memakai sumber-sumber informasi –perpustakaan, internet, CD-Rom, memakai sumber-sumber informasi –perpustakaan, internet, CD-Rom, berbahasa, berbahasa, berkomunikasi baik lisan (berbincang santai, bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pidato, dll) maupun tertulis (membina sahabat pena, mengirim , dll)., berkomunikasi baik lisan (berbincang santai, bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pidato, dll) maupun tertulis (membina sahabat pena, mengirim , dll)., kerapihan dan ketertiban dalam mendokumentasi, dan menyimpan informasi, kerapihan dan ketertiban dalam mendokumentasi, dan menyimpan informasi,

21 Keterampilan mengingat. Keterampilan bertanya. Semakin luas Anda mengkait-kaitkan berbagai hal, semakin banyak Anda belajar. Semakin luas Anda mengkait-kaitkan berbagai hal, semakin banyak Anda belajar.

22 Rangkuman

23 Es TOMAT (eSenyum, Tolong, Maaf, dan Terima kasih).

24 Selalu ADA Perubahan Selalu ADA Perubahan Siapkan kita menghadapinya ?

25

26 Mari kita diskusikan Terima kasih atas perhatiannya

27 Data diri pemakalah: Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. J ln. AR Hakim IV/129 Malang, telp/fax Guru Besar Metode Penelitian / IV d Guru Besar Metode Penelitian / IV d Doktor Kependidikan (IKIP Malang, 1990) Doktor Kependidikan (IKIP Malang, 1990) Magister Teknologi Pendidikan (IKIP Jakarta, 1982) Magister Teknologi Pendidikan (IKIP Jakarta, 1982) Diploma on Hydraulic Engineering (IHE Delft, 1977) Diploma on Hydraulic Engineering (IHE Delft, 1977) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Ketua Pusat P3AI-LP3 Unibraw ( ) Ketua Pusat P3AI-LP3 Unibraw ( ) Dosen Tetap Jurusan Teknik Pengairan Unibraw (sejak 1972) Dosen Tetap Jurusan Teknik Pengairan Unibraw (sejak 1972) Dekan FT Unibraw ( , ) Dekan FT Unibraw ( , )


Download ppt "Quantum Teaching Belajar dengan meriah Prof. Dr. Ir. Suhardjono, MPd., Dipl. HE Disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Di Universitas Islam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google