Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan awal 1)Selamat datang mahasiswa semester 2. 2)Perekenalan Dosen dan mahasiswa. 3)Pemilihan ketua kelas. 4)Motivasi bagi mahasiswa 5)Tugas-tugas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan awal 1)Selamat datang mahasiswa semester 2. 2)Perekenalan Dosen dan mahasiswa. 3)Pemilihan ketua kelas. 4)Motivasi bagi mahasiswa 5)Tugas-tugas."— Transcript presentasi:

1

2 Pertemuan awal 1)Selamat datang mahasiswa semester 2. 2)Perekenalan Dosen dan mahasiswa. 3)Pemilihan ketua kelas. 4)Motivasi bagi mahasiswa 5)Tugas-tugas yang harus dibuat 6)Pemamaparan mata kuliah.(SAP) (GBPP)dari pertemuan awal sampai terahir 7) Setiap mhs yang bisa menjawab pertanyaan tanpa dipanggil akan diberi penilaian 8) Bila selama perkuliahan terjadi keributan di dalam kelas, maka akan diadakan kuis/tugas dadakan. 9) HP mohon dimatikan selama pekuliahan atau di silent 10)Memakai pakaian sopan dan memakai sepatu.

3 SISISTEM PENILAIAN/EVALUASI MATA KULIAH DI STIE PASUNDAN KOMPONEN & PEMBOBOTANKRETIA PENILAIAN KOMPONENBOBOT INTERVALHURUP MUTU UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)30 % TUGAS,KEHADIRAN, & PARTISIPASI KELAS kehadiran 20/10% 30 % UJIAN AHIR SEMESTER (UAS)40 % A B C D < 45E

4 BUKU BACAAN Buku Wajib : (BW) 1. Amirullah/Haris Budiyono. Pengantar manajemen Yogyakarta. Graha Ilmu cetakan ke Dr. T. Hani Handoko M.B.A Manajemen edisi kedua. 3. Jamis A.F Stoner, R.Robet Freman, daniel I.Gilbert jr Manajemen, Sixth Edit 4.DR. H.B. Siswanto, Msi. Pengantar Mnajemen, Jakarta, Bumi Aksara Buku Anjuran : (BA) 1.Drs. Hasibuan Pengantar maanajemen 2.Erniyati Trinawati Sule/Kurniawan Saefuloh. Pengantar Manajemen Bisnis Edisi Pertama, cetakan ke 2, Kencana. 3.Basyu swasta, 2000, Asas-Asas Manajeme Modern. LebertiYogyakarta.

5 PENGANTAR MANAJEMEN PERTEMUAN 1 & 2 ORGANISASI DAN MANAJEMEN 1.PENGERTIAN DAN MANFAAT ORGANISASI. 2.PEMGERTIAN MANAJEMEN. 3. EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS MANAJEMEN 4.FUNGSI DAN PROSES MANAJEMEN. 5.BIDANG- BIDANG MANAJEMEN.

6 ORGANISASI DAN MANAJEMEN g 1.Banyak cara yang bisa dilakukan orang agar tujuannya dapat dicapai. 2. Dalam perkembangan zaman, pemenuhan kebutuhan ataupun pencapaian tujuan hidup tidak lagi sederhana. 3. Masyarakat moderen sudah mulai memikirkan perlunya bekerja sama dan saling berinter aksi antara sesama. 4.Inter aksi manusia yang satu dengan yang lainnya sering kali menimbulkan keinginan untuk hidup dalam suatu kelompok yang besar maupun yang kecil. 5.Hampir dapat dipastikan bahwa manusia akan selalu berbeda dalam lingkungan organisasi, baik dalam bentuk mempengaruhi atau dipengaruhi oleh organisasi yg bersangkutan. 6. Organisai dibentuk adalah untuk mencapai suatu tujuan bersama, tujuan yang sulit dicapai apabila dilakukan secara bersama – sama (organisasi) akan mempermudah pencapaian. 7. Dengan kata lain organisasi itu kita anggap sebagai alat bagi masyarakat untuk mencapai tujuan hidupnya. (pencapai tujuan akan lebih efektif apabila dilakukan secara bersama),

7 DEFINISI ORGANISASI MENURUT GRIFFIN G Organisasi adalah a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goal. (organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam strukture dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu) atau dengan bahasa lain penulis mendefinisikan organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama. (Erni hal 4) Organisasi juga dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang saling berinter aksi dan bekerja sama untuk merealisasikan tujuan bersama. (Berdasarkan definisi tersebut jelas bahwa dalam suatu organisasi paling tidak terdapat tiga elemen yang satu dengan yang lainya sangat sulit untuk dipisahkan. Ketiga elemen tersebut adalah ; 1.Terdiri dari sekelompok orang. 2.Adanya inter aksi dan kerja sama. 3.Memiliki tujuan bersama. (amirulah hal 166)

8 PENGERTIAN DAN MANFAAT ORGANISASI B Organisasi dapat diartikan sebagai suatu pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu seperti contoh : -Rumah sakit, Perguruan tinggi, Bank, dan Negara, atau daerah tempat masyarakat tinggal merupakan bentuk – bentuk organisasi  Dari definisi dan contoh organisasi di atas, dapatlah suatu kesimpulan bahwa organisasi umumnya memiliki empat karakterristik utama seperti dalam gambar di bawah ini.

9 G.R. Terry (1975 : 40) Mengklasifikasikan tujuan menurut tingkatan yang ada dalam suatu organisasi sebagai berikut. Pada hierarki organisasi puncak dan pemberian tujuan untuk seluruh aktivitas merupakan tujuan pokok. Dibawahnya, tetapi erat hubungannya dengan tujuan pokok adalah tujuan yg mendeskripsikan tujuan bagian atau kesatuan organisasi tertentu, Tujuan bagian tersebut memiliki tujuan kelompok di bawahnya dan ahirnya dalam tujuan individu. Secara ringkas diilustarasikan pada gambar di bawah ini : Organisasi dirancang untuk merealisasikan tujuan tyt Tujuan pokok Tujuan bagian Tujuan kelompok Tujuan Kesatuan Tujuan individu

10 EMPAT KARAKTERISTIK ORGANISASI Gam.1 Strukture : mencerminkan rantai komando dan perintah, kepada siapa melapor dan kepada siapa tugas itu diberikan. Sistem dan Prosedure : Sistem dan prosedure dalam organisasi tercermin dari ketetapan tentang cara kerja, sistem sistem rekrut, dan bentuk pelaporan (birokrasi) Kumpulan orang: Organisasi adalah kelompok dua orang atau lebih yang ingin mencapaian tujuannya Tujuan, masing-masing organisasi mempunyai tujuan-tujuan tertentu. Cerminan dari tujuan suatu organisasi, biasannya tergambar pada sasaran-sasaran baik jangka panjang maupun jangka pendek, sasaran umum tujuan organisasi mencakup tiga bidang utama, 1. mencapai tingkat keuntungan (Profitability) 2. Mengejar pertumbuhan (Growth) dan 3. Bertahan hidup (survive)

11 MANFAAT ORGANISASI P Organisasi mengubah kehidupan masyarakat : (Organisasi kesehatan, organisasi pendidikan, oragnisasi kemiliteran dan kepolisian, (kehidupan menjadi aman dan tentram.) Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan, Dengan berorganisasi pencapain tujuan akan lebih efektif Organisasi menawarkan karier, Organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan tujuan oleh sebab itu, orang yang ingin selalu mengmbangkan karier dan pengetahuan akan dapat diperoleh dengan berorganisasi, organisasi akan selalu menawarkan karier yang lebih bila sesorang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Organisasi sebagai cagar ilmu : Dengan berorganisasi ilmu pengtahuan akan dapat ditingkatkan. Sejarah-sejarah masa lalu dapat didokomentasikan dengan baik. Penelitian dan pengembangan dapat terus dilaksanakan. Dengan demikian, pekerjaan yang tidak sanggup dilakukan sendiri dapat diselesaikan secara bersama (organisasi

12 PENGERTIAN MANAJEMEN. g Banyak definisi yang diberikan terhadap istilah manajemen, Beberpa penulis memberikan pengertian, antara lain : Harorld Koontz dan Cyril O”donnel. “MANGEMENT is getting done throught people, in bring about this coordinating of group activity, the manager as a manager plans, organizes,staff, directs and controls the activities other people. Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegitan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.

13 DEFINISI R. TERRY G ” Mangemen is a distinct proses consisting of planing, organizing actuating and controling performed to determine and accomplish stated objectives by the use human being and other resources” Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran- sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

14 Definisi James F. Stoner. “ Manajemen is the process of planing, organizing, leading, and controling the efforts of organization members and using oll other organizational resources to active stated organizational goals” “ Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Dengan demikian, istilah manajemen mengacu pada sutu proses pengkoordinasian dan mengitegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain. Fungsi tersebut biasanya disebut sebagai merencanakan,mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.

15 C. EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS MANAJEMEN. Efesiensi merupakan bagian yang terpenting dalam manajemen. Efisiensi itu mengacu pada hubungan antara keluaran dan masukan (output/input) menurut Drucer, efesiensi berarti mengerjakan sesutu dengan benar (doing thing right) sedangkan efektif adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things) Dalam bahasa sederhana efisiensi itu menunjukan kemampuan organisasi dalam menggunakan sumber daya dengan benar dan tidak ada pemborosan. - Banyak organisasi yang bekerja secara efisien tetapi belum tentu efektif.

16 Efisiensi dan efektivitas dalam manajemen. Gamb: Penggunaan sumber daya Pencapaian sasaran Efisiensi (menjalankan pekerjaan dg benar)Efektivitas (menjalankan peker Jaan yang benar) Limbah tinggi Limbah rendah Hasil ahir tinggiHasil ahir rendah Manajemen yang sukses Limbah yang rendah dan hasil akhir yang tinggi Efesinsi itu menunjukan kemampuan organisasi dalam menggunakan sumber daya Dengan benar dan tidak ada pemborosan. Efektifitas menunjukan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai saran-saran (hasil ahir) yang telah ditetapkan secara tepat.

17 Konsep manajemen mengacu kepada Perencanaan,Pengorganisasian, Pengarahan, Pengendalian (P4) 1)Manajemen sebagai proses kegiatan (yang dimulai dari kegiatan merencanakan, melaksanakan serta mengkoordinasikan apa yang direncanakan sampai dengan kegiatan mengawasi atau mengendalikannya agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan) 2)Manajemen sebagai suatu ilmu a. Prinsif dan konsep manajemen dapat dipelajari. b. Decision making dapat didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah c. Obyek dan sasaran manajemen untuk mencapai tujuan sebagian adalah elemen-elemen yg bersifat materi d. Dalam penerapannya manajemen memerlukan pendekatan dari bidang ilmu yang lainnya, seperti, ekonomi, statistik, akuntansi, dll.

18 Manajemen sebagai suatu seni : a)Kesuksesan dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sisifat-sifat dan bakat para manajer. b) Dalam proses pencapaian tujuan sering kali melibatkan unsur naluri (instingt) perasaan, dan intelektual c)Dalam pelaksanaan kegiatan, faktor yang cukup yang menentukan keberhasilannnya adalah kekuatan pribadi yg kereatif yang dimiliki. Dari ketiga ciri manajemen tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proses manajemen itu tidak hanya berkaitan dengan masalah kebendaan (materi fisik)saja, namun juga berhubungan dengan manusia. Seni disini adalah yang lebih luas dan umum, yaitu merupakan keahlian, kemahiran, kemapuan, serta keterampilan, dalam menerapkan prinsip,methoda, dan teknik, dalam menggunakan SDM, dan sumber daya alam secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.

19 3. Manajemen Sebagai Profes 3. Manajemen Sebagai Profesi Seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan tertentu akan memperoleh status dan insentif manakala mereka terlibat dalam organisasi. Oleh sebab itu mereka bekerja dalam organisasi dengan menggunakan keahliannya dikelompokan dalam kelompok manajemen profesionalis memanajemen di katagorikan kedalam suatu profesi yang memang membutuhkan suatu keahlian tertentu serta posisi dan keahliannya diakui oleh masyarakat. 4. Manajemen sebagai kumpulan orang untuk mencapai tujuan. Kolektivitas orang – orang tersebut bergabung dalam suatu organisasi dan dipimpin oleh seorang pemimpin (manajer) yang bertanggung jawab penuh atas upaya pencapaian tujuan secara efisien dan efektif

20 D. Fungsi dan proses manajemen Pada umumnya manajemen di bagi beberapa fungsi yaitu : Perencanaan : dapat DIartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai, seperti menentukan tingkat penjualan, kebutuhan tenaga, modal yang dibutuhkan Pengarahan : Proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan untuk mencapai tujuan, yang efektif dan efisien Pengorganisasian::1.Membagi komponen kegiatan, 2. Memebagi tugas kepada manajer dan bawahan, 3. menetapkan wewenang Pengendalian : (controling) dapat di ketahui apakah kegitan sesuai dengan rencana, empat kegiatan pengendalian. 1. Menentukan standar prestasi, 2. mengukur prestasi 3. membnadingkan prestasi. 4. melakukan perbaikan

21 Kegitan dalam fungsi-fungsi Manajemen. (ERNIE. Hal 13) Menujukan arah tahapan dari setiap funsi manajemen. Menunjukan keterkaitan timbal balik antar fungsi manajemen PLANING : penentuan tujuan dan bagaimana cara pencapaian tujuan yang baik. ORGANIZING : : penentuan bagaimana penyusunan organisasi dan aktivitas dapat dilakukan LEADING : proses motivasi anggota organisasi agar pelaning dapat di jalankan CONTROLING: : monitoring dan perbaikan aktivitas yang sedang berjalan agar tujuan dapat tercapai.

22 E. BIDANG-BIDANG MANAJEMEN GAM 1.Bidang Pemasaran : menjadi ujung tombak bagi perusahaan. Empat aspek utama dalam manajemen pemasaran a. Perencanaan Produk. b. Menetapkan Harga c. Pengembangan periklanan d. Saluran distribusi (marketing MIX) 2. Bidang produksi bekerja bersama dengan bidang keuangan, pemasaran, bidang SDM. Tugas Utama bidang produksi a) Perencanaan produksi b) Perencanaan Luas produksi. c) Perencanaan lokasi pabrik, d) Layoaut mesin-mesin e) Perencanaan bahan baku f) perencanaan tenaga kerja 3. Bidang keuangan : Tugas utama mencari sumber pendanaan, untuk memperoleh sumber dana tersebut melalui penawaran saham, Sumber internal, Pinjaman kridit. (Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas. 4.Bidang MSDM. Menyangkut dengan a) Penarikan, perencanaan SDM, Rekuietmen, seleksi b) Pengembangan.c) Mempertahankan tenaga Kerja berkuakitas. 5Bidang informasi Untuk memastikan manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkain dengan perusahaan.

23 Sumber Daya Organisasi, Tujuan Organisasi, dan Fungsi-Fungsi Manajemen g Planing & Decision making Controling Organizing Leading FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN Sumber Daya Organisas -SDM - Modal - Sumber daya fisik - Informasi Tujuan Organisasi -Efektif - Efisien

24 Perytanyaan : 1.Sejak kapan orang/manusia mengenal organisasi ? 2.Tuliskan oleh saudara depinisi organisasi menurut griffin ? 3.Coba saudara tuliskan/terangkan empat karaktristi organisasi. 4.Tuliskan oleh saudara empat manfaat organisasi 5.Dalam membentuk organisasi pasti mempunyai tujuan, coba anda tuliskan tujuan sebuah organisasi peruahaan yg mencari keutungan. 6.Coba saudara tuliskan depinisi manajemen menurut, R. TERRY. Dan JAMES. F. STONER. 7.Coba saudara tuliskan efesinsi dan efektifitas dalam manajemen menurut DRUKER. 8.Coba saudara tuliskan konsep manajemen sebagai suatu ilmu. 9.Coba saudara gambarkan kegitan dalam fungsi-fungsi manajemen 10.Coba saudara tuliskan empat bidang manajemen. 11. Coba saudara tulis konsep manajemen sebagai suatu seni

25

26 Beberapa pandangan mengenai fungsi-fungsi manajemen. Luther Gullik George TerryJames AF. Stoner Koontz & Odonnel Nickeles, Mc Hugh &McHugh Richard W. Griffin Ernes Dale PLANING Organizing STAFINGACTUATINGLEADINGSTAFINGDIREKTINGLEADINGSTAFING DIREKTING COORDINATING I NOVATING REPORTING CONTROLING

27 SAMPAI JUMPA MINGGU DEPAN SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN


Download ppt "Pertemuan awal 1)Selamat datang mahasiswa semester 2. 2)Perekenalan Dosen dan mahasiswa. 3)Pemilihan ketua kelas. 4)Motivasi bagi mahasiswa 5)Tugas-tugas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google