Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUAD AGUNG KURNIAWAN, 3351405072 PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PT KARUNIA NIAGA SEJAHTERA)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUAD AGUNG KURNIAWAN, 3351405072 PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PT KARUNIA NIAGA SEJAHTERA)"— Transcript presentasi:

1 FUAD AGUNG KURNIAWAN, PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PT KARUNIA NIAGA SEJAHTERA)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FUAD AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - fak_ad pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Sri Kustini - PEMBIMBING 2 : Maylia Pramono Sari, S.E., M.Si., Akt. - TGL UJIAN :

3 Judul PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PT KARUNIA NIAGA SEJAHTERA)

4 Abstrak PT Karunia Niaga Sejahtera merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang industri pertanian dan berpotensi untuk bersaing baik, di pasar didalam maupun luar negeri. Perusahaan harus mempunyai berbagai keunggulan strategik salah satu cara untuk mendapatkan keunggulan strategik itu dengan menerapkan konsep Balanced Scorecard, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Karunia Niaga Sejahtera untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan dan seluruh pelanggan PT. Karunia Niaga Sejahtera ada di provinsi Jawa Tengah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Sampel yang di ambil untuk kepuasan karyawan yaitu seluruh karyawan bidang pemasaran dan administrasi, dan untuk kepuasan yaitu pelanggan yang berada di karisidenan Surakarta. Hasil analisa, menunjukkan bahwa hasil kinerja Perspektif Keuangan PT. Karunia Niaga Sejahtera termasuk baik, perpektif customer, pangsa pasar yang dicapai PT. Karunia Niaga Sejahtera termasuk baik karena dapat mencapai target yang telah ditetapkan, akan tetapi dilihat dari segi profitability customer kinerja kurang baik karena tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan dan juga pelanggan merasa tidak puas. Perspektif bisnis Internal sudah menunjukan hasil yang bagus karena semua target yang ditetapkan oleh manajemen dapat tercapai semuanya, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan kurang baik karena tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan. Melihat hasil analisa tersebut, penulis mengusulkan dalam penerapan sistem Balanced Scorecard pada PT.Karunia Niaga Sejahtera untuk mengukur kinerja perusahaan Sistem informasi yang baik sa lah satunya denga n menggunakan CBIS (Computerized Based Information System). Perusahaan juga lebih memperhatikan kepuasan karyawan yang berdasarkan survei masih cukup rendah. Hal terpenting lainnya dalam menerapkan suatu sistem baru adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang akan menjalankan sistem tersebut yaitu dengan memberikan pelatihanpelatihan. Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecard membantu perusahaan dalam mendeteksi apabila terjadi penurunan

5 Kata Kunci

6 Referensi Azwar, Saifuddin, Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Liberty. Erich, Melfet, Teknik Analisis Keuangan, DBA, Erlangga. Fitrianasari.Ririn Penerapan Balanced Scorecard di RSUD Kudus, Skripsi Harahap, Sofyan S "Laporan Keuangan". Jakarta : PT. Bumi Aksara. Hidayati, Faizah.2001.Penerapan Balanced Scorecard di PT. Indah Jaya Surabaya, skripsi Http: //www. up.ac.za/asservices/ais/cyber/cyber.htm, Kaplan, Robert S dan Norton, David P "Balanced Scorecard : Translating Strategy into Action"Boston : Harvard Business School Press. Mulyadi Strategic Management System dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jilid II, Usahawan No. 03/ Th XVIII Maret. _____ "Balanced Scorecard "Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat Ganda Kinerja Keuangan Perusahaan". Jakarta : Salemba Empat. Mulyanto,Indro Pengukuran Kinerja Perusahaan Bisnis Dengan Metode Balanced Scorecard, Tesis Mulyati,Juliana Sri Penerapan Balanced Scorecard di RS Telogorejo Semarang, Skripsi Quality & Productivity Journal, March Rahmawati, Dian Yuli.2003.Penerapan Balanced Scorecard di Rs.Banyumanik Semarang, Skripsi Riyanto, Bambang Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yogyakarta: BPFE SAK.2002.Jakarta:PT.Salemba Emban Satria Saleh, Sansubar, Drs. M.Soc.Sci Statistik Non Parametrik, Yogyakarta, BPFE Singaribun, M, Effendi, S Metode Penelitian Survey, Jakarta : LP3 S Soebiyantoro, Arif Statistik 11. Yogyakarta: Pusat Penerbitan dan Percetakan UPN Yogyakarta. Sudjana, Prof. Dr Metode Statistika. Bandung: Tarsito Tunggal, Amin W Memahami Konsep Balanced Scorecard,Jakarta:Harvarind Van Home,C,Wachowicz,Jr Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta : Salemba Empat

7 Terima Kasih


Download ppt "FUAD AGUNG KURNIAWAN, 3351405072 PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PT KARUNIA NIAGA SEJAHTERA)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google