Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JARI TANGAN YANG MENULIS PADA DINDING ISTANA DANIEL 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JARI TANGAN YANG MENULIS PADA DINDING ISTANA DANIEL 5."— Transcript presentasi:

1 JARI TANGAN YANG MENULIS PADA DINDING ISTANA DANIEL 5

2

3 1.Walau sama berat tapi efeknya bisa berbeda. 2.Bandingkan 1 kilo kapas dengan 1 kilo besi. Besi benda padat dan keras, kapas sebaliknya. 3.Timbangan di pasar, di timbang 1 kilo, sampai di rumah, kurang dari satu kilo.

4 PENDAHULUAN Daniel 5 menerangkan adegan terakhir dari kerajaan Babel. Transisi dari emas kepada perak dari patung (Daniel 2). Perjamuan yang diadakan Belsyazar mungkin adalah pesta tahunan Babel yang dirayakan untuk menghormati dewa-dewa kafir (Dan 5:4). Raja Koresy mengetahui benar kebiasaan ini sehingga ia mengadakan perencanaan penyerangan terhadap Babel tepat di malam waktu orang-orang Babilon sedang berpesta.

5 Daniel 5:1-4 Belsyasar = Belshar-usur Belsyasar = Belshar-usur Artinya, “Bel melindungi raja.” Artinya, “Bel melindungi raja.” Raja terakhir yang memerintah Babel. Raja terakhir yang memerintah Babel. Dia adalah anak Nabonidus, cucu Nebukadnezar. Dia adalah anak Nabonidus, cucu Nebukadnezar. Dia mengadakan pesta pora dan diadakan di malam hari (v.30). Dia mengadakan pesta pora dan diadakan di malam hari (v.30). Dihadiri 1000 orang pembesar. Dihadiri 1000 orang pembesar.

6 Daniel 5:1-4 Kemabukan membuat Balsyasar tidak dapat membedakan mana yang suci dan tidak suci/biasa. Ia kehilangan akal sehatnya. Kemabukan membuat Balsyasar tidak dapat membedakan mana yang suci dan tidak suci/biasa. Ia kehilangan akal sehatnya. Kebiasaan menggunakan hal-hal yang suci untuk sesuatu kegiatan yang tidak suci bukanlah kebiasaan agama manapun. Kebiasaan menggunakan hal-hal yang suci untuk sesuatu kegiatan yang tidak suci bukanlah kebiasaan agama manapun. Kelihatannya permaisuri Belsyasar tidak ikut di dalam pesta. Kelihatannya permaisuri Belsyasar tidak ikut di dalam pesta.

7 Barang-barang perkakas rumah Allah yang sudah diasingkan hanya untuk upacara Kaabah digunakan untuk mabuk- mabukan. Barang yang kudus digunakan untuk kegiatan yang tidak kudus. Yang kudus tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak kudus. Jangan pernah bermain-main dengan hal- hal yang kudus.

8 Daniel 5:1-4 Menurut adat kebiasaan Yunani yang mungkin juga diserap oleh Babel, permaisuri dan istri-istri resmi tidak biasa mengikuti pesta semacam ini. Menurut adat kebiasaan Yunani yang mungkin juga diserap oleh Babel, permaisuri dan istri-istri resmi tidak biasa mengikuti pesta semacam ini. Baru di ayat 10, permaisuri muncul dan memberikan saran yang tepat kepada raja. Baru di ayat 10, permaisuri muncul dan memberikan saran yang tepat kepada raja. Orang mabuk tidak mungkin dapat memberikan saran yang benar. Orang mabuk tidak mungkin dapat memberikan saran yang benar.

9 Daniel 5:1-4 Pesta untuk pria dan wanita dipisahkan (Ester 1:9). Pesta untuk pria dan wanita dipisahkan (Ester 1:9). “Istri dan gundik” mungkin: “Istri dan gundik” mungkin: Kelas atas atau keluarga ningrat. Kelas atas atau keluarga ningrat. Wanita-wanita yang ditawan dari medan perang atau dibeli. Wanita-wanita yang ditawan dari medan perang atau dibeli.

10 Daniel 5:5-9 Muncul jari-jari tangan yang menulis di dinding dengan punggung tangan. Hati nurani raja menyalahkan segala tindakannya. Mukanya menjadi pucat, lututnya berantukan satu dengan yang lain. Ini akibat menggunakan hal-hal yang kudus untuk sesuatu yang tidak kudus.

11 Daniel 5:5-9 Raja memanggil semua orang pintar di kerajaannya untuk mengartikan tulisan di dinding tapi mereka tidak bisa. Hadiah: Pakaian ungu. Lehernya akan dikalungkan kalung emas (Kej 41:42). Menjadi orang ketiga (Posisi pertama adalah Nabonidus; Posisi kedua adalah Belssyasar sendiri; dan posisi ketiga yang dapat ditawarkan).

12 Mengapa tulisan di dinding muncul? Ayat –Tidak merendahkan diri. –Meninggikan diri terhadap yang berkuasa di sorga. –Menggunakan perkakas Rumah Allah untuk hal yang tidak kudus. –Memuji dewa-dewa dari perak dan emas, tembaga, besi, kayu dan batu yang tidak melihat atau mendengar atau mengetahui, dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku.

13 Daniel 5:5-9 Orang besar tidak berarti di hadapan Tuhan kalau ia memandang enteng kepadaNya. Bahkan segala bangsa pun dianggap seperti tidak ada dihadapanNya” (Yes 40:17); yang berbahagia hanya “bangsa yang Allahnya itu Tuhan” (Mzm 144:15).

14 DANIEL 5:10-16 Kelihatannya permaisuri di sini adalah ibu dari Belsyasar. Kelihatannya permaisuri di sini adalah ibu dari Belsyasar. Menurut adat ketimuran, permaisuri tidak diperkenankan menghadap raja kalau tidak dipanggil, seperti Ester (Ester 4:11,17). Hanya ibu atau nenek raja yang diperkenankan masuk tanpa dipanggil oleh raja. Menurut adat ketimuran, permaisuri tidak diperkenankan menghadap raja kalau tidak dipanggil, seperti Ester (Ester 4:11,17). Hanya ibu atau nenek raja yang diperkenankan masuk tanpa dipanggil oleh raja.

15 DANIEL 5:10-16 Daniel tidak turut di undang ke dalam pesta. Daniel tidak turut di undang ke dalam pesta. Mungkin sudah pensiun, tapi masih diingat oleh generasi sebelumnya, termasuk ibu Belsyazar (v.11). Mungkin sudah pensiun, tapi masih diingat oleh generasi sebelumnya, termasuk ibu Belsyazar (v.11). Kelihatannya Daniel dipensiunkan bukan karena usia atau kondisi kesehatan (Dan 6:1- 3) Kelihatannya Daniel dipensiunkan bukan karena usia atau kondisi kesehatan (Dan 6:1- 3) Kata yang diucapkan permaisuri sama persis seperti yang diucapkan Nebukadnezar (Dan 4:8,9). Kata yang diucapkan permaisuri sama persis seperti yang diucapkan Nebukadnezar (Dan 4:8,9).

16 DANIEL 5:10-16 Pastinya, permaisuri ini mempunyai hubungan yang dekat dengan Nebukadnezar (putrinya). Pastinya, permaisuri ini mempunyai hubungan yang dekat dengan Nebukadnezar (putrinya). Kelihatannya Belsyazar tidak terlalu mengenal siapa Daniel dan pekerjaannya di masa lalu. Kelihatannya Belsyazar tidak terlalu mengenal siapa Daniel dan pekerjaannya di masa lalu. Berbeda dengan kata-kata permaisuri dan Nebukadnezar, Belsyazar menghilangkan kata “kudus” dalam ucapannya (Daniel 4:8; 5:11; 5:14). Berbeda dengan kata-kata permaisuri dan Nebukadnezar, Belsyazar menghilangkan kata “kudus” dalam ucapannya (Daniel 4:8; 5:11; 5:14).

17 DANIEL 5:17-24 Daniel tidak tergiur dengan hadiah karena arti tulisan itu lebih berat dari pada hadiah yang ditawarkan (v.17). Lagi pula kerajaan Babel akan segera jatuh. Daniel tidak tergiur dengan hadiah karena arti tulisan itu lebih berat dari pada hadiah yang ditawarkan (v.17). Lagi pula kerajaan Babel akan segera jatuh. Menerima jabatan dari raja kafir yang sudah menghina nama Tuhan dan melanggar kekudusan adalah memiliki resiko sendiri buat Daniel. Menerima jabatan dari raja kafir yang sudah menghina nama Tuhan dan melanggar kekudusan adalah memiliki resiko sendiri buat Daniel. Daniel mau menerima kedudukan selama ia melihat bahwa ia merasa dapat memberikan pengaruh positif untuk membebaskan bangsanya dari pembuangan. Daniel mau menerima kedudukan selama ia melihat bahwa ia merasa dapat memberikan pengaruh positif untuk membebaskan bangsanya dari pembuangan.

18 DANIEL 5:17-24 Daniel mengulangi sejarah pahit raja Nebukadnesar dan bagaimana Tuhan memberikan kerajaan yang besar kepada Nebukadnezar. Daniel mengulangi sejarah pahit raja Nebukadnesar dan bagaimana Tuhan memberikan kerajaan yang besar kepada Nebukadnezar. Karena Belsyazar keras kepala, tidak mau bertobat dan merendahkan diri seperti Nebukadnezar, maka Tuhan menyuruh punggung tangan untuk menulis (v.23,24). Karena Belsyazar keras kepala, tidak mau bertobat dan merendahkan diri seperti Nebukadnezar, maka Tuhan menyuruh punggung tangan untuk menulis (v.23,24). Penghakiman Allah bagi Belsyazar telah tiba. Penghakiman Allah bagi Belsyazar telah tiba.

19 Daniel 5:25-29 Tulisan itu dapat dibaca langsung oleh Daniel, tapi tetap raja dan pembesarnya tidak dapat mengerti maknanya. Tiap kata mempunyai arti, karena tiap kata ibarat sebuah kalimat.

20 Tulisan di Dinding Mene, Mene, Tekel, Ufarsin (ayat 25) 1.Mene = mena –Menghitung 2.Teqel = Teqal –Syekel –Menimbang 3.Ufarsin –U = Dan –Farsin = Peres Membagi-bagi

21 Makna Sepintas Se-mina, Se-mina, Se-syekel dan setengah syekel. Hitunglah, se-mina, se-syekel, setengah syekel.

22 Daniel 5:25-29 Mene = Dihitung hari-harinya sebagai raja dan harus diakhiri. Kerajaan Belsyazar, sesudah dihitung- hitung perbuatan-perbuatannya yang tidak becus, akan diakhiri. Puncaknya adalah penggunakan perabot kaabah untuk pesta pora.

23 Daniel 5:25-29 Tekel = Tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan. Daniel memberitahukan kepada raja bahwa kerajaannya telah ditimbang dan dinilai dan didapati terlalu ringan, kurang dalam nilai rohaninya. “Didapati ringan” berarti menyalahkan raja yang melalaikan kesempatan yang diberikan Tuhan untuk mengenalNya.

24 Hari Penghakiman Semua manusia sedang ditimbang-timbang dengan neraca sorga untuk mengetahui apakah sifat moral dan keadaan rohaninya sesuai dengan berkat-berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan kepadanya. Semua manusia sedang ditimbang-timbang dengan neraca sorga untuk mengetahui apakah sifat moral dan keadaan rohaninya sesuai dengan berkat-berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan kepadanya. Tidak ada orang yang boleh naik banding karena putusan pengadilan Tuhan. Tidak ada orang yang boleh naik banding karena putusan pengadilan Tuhan. Setiap orang harus berjaga-jaga agar tidak didapati terlalu ringan dan tidak bersedia (2 Taw 5:21; Why 22:11,12). Setiap orang harus berjaga-jaga agar tidak didapati terlalu ringan dan tidak bersedia (2 Taw 5:21; Why 22:11,12).

25 Daniel 5:25-29 Ufarsin berasal dari kata Aram peres yang berarti bagian atau pecahan. Kerajaan Babilon dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia. Malam itu Belsyazar mati dibunuh.

26 Apa Hal-hal yang kudus yang diberikan Tuhan kepada kita? Apa arti “dikuduskan”? Kudus berarti diasingkan atau dipisahkan untuk maksud-maksud Allah. Kudus juga berarti sesuatu yang dikuduskan itu sekarang menjadi milik Tuhan sepenuhnya, bukan milik manusia lagi.

27 Apa yang kudus yang diberikan Tuhan kepada kita? 1.Hari Sabat Keluaran 20:8-11 “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” Keluaran 31:14,15 “Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu.”

28 Apa yang kudus yang diberikan Tuhan kepada kita? 2.Perpuluhan Imamat 27:30 “Segala persembahan persepuluhan…adalah milik Tuhan, itulah persembahan kudus bagi Tuhan.”

29 Apa yang kudus yang diberikan Tuhan kepada kita? 3.Tubuh (I Korintus 6:19,20; Roma 12:1) Merajah tanda pada tubuh/Tatto (Imamat 19:28) Makanan yang halal (Imamat 11; 20:25; Ulangan 14:2,3; I Korintus 10:31) Minuman keras/alcohol (Amsal 20:1; 23:31,32) Rokok Narkoba/Drugs

30 Apa yang kudus yang diberikan Tuhan kepada kita? 4.Hidup (I Petrus 1:15,16) Berpaling pada arwah atau peramal (Imamat 19:31; 20:6). Perkawinan, Seks bebas, dan Perceraian (Kej 2:24; Imamat 18; Matius 19;19; I Kor 6:13,18). Rumus pernikahan: 1 (Pria) + 1 (Wanita) =1 Say no to free sex

31 Wahyu 20:12,13 1.Semua orang menghadap takhta. 2.Dibuka semua kitab-kitab (kitab peringatan [ Mal 3:16; kitab catatan dosa [Yes 65:6,7] termasuk kitab kehidupan. 3.Semua orang dihakimi menurut perbuatannya masing-masing yang dicatat di buku catatan sorga. 4.Allah sedang menimbang hidup kita (penghakiman). Pertanyaannya adalah, apakah kita memang berat? Beratnya kapas atau besi? Apakah kita memang betul-betul asin, atau malah tawar?

32 Quality or Quantity Berat boleh sama (quantity), tapi quality bisa berbeda. Sama-sama ke gereja, sama-sama baca Alkitab, sama-sama melayani, sama-sama mengembalikan perpuluhan, menjaga kesehatan tubuh, dll, tapi mungkin kualitas bisa jauh berbeda.

33 Quality of the best Salt Kita bisa mantap menjadi garam dunia kalau kita memang adalah “garam” yang berkualitas, bukan sekedar garam- garaman. Ada garam yang tidak terlalu asin, tapi ada garam yang sangat asin. Boleh saja kita menjadi “garam,” tapi apakah saya garam biasa atau garam yang asin dan beryodium. Ada orang yang sangat membenci garam, tapi ada orang yang sangat menyukai dan bahkan membutuhkan garam.

34 Berbeda tapi disukai Jadilah garam yang disukai banyak orang. Garam yang disukai orang adalah garam yang berkualitas dan itu mahal harganya dan jelas berbeda dengan garam yang biasa-biasa. Untuk menjadi garam yang berkualitas memang harus berbeda, dan membutuhkan pengorbanan dan proses, tapi hasilnya dia akan disukai banyak orang. Berbeda tapi tidak di benci orang. Jangan berbeda tapi dibenci orang (karena dianggap aneh). Barang yang berkualitas tidak pernah di benci orang. Barang rongsokan atau palsu dibenci, bahkan muak orang melihatnya.

35 Tidak Terkontaminasi Ikan hidup di laut tapi tidak menjadi asin dagingnya. Dia tidak membiarkan dirinya terkontaminasi dengan keasinan air laut. Tapi bagaimana kalau ikan itu sudah mati lalu diberi garam? Dia menjadi asin. Jadilah “Garam” yang berkualitas, sehingga engkau bisa “Mengasinkan” dunia ini dengan “garam”mu yang berkualitas, benar-benar asin, beryodium lagi “menyehatkan.

36 KESIMPULAN I Yoh 2:1 “Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang adil. I Yoh 1:6 “Barang siapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”

37 KESIMPULAN Tidak ada arti “orang besar” dihadapan Tuhan kalau ia tidak menghormatiNya. Tidak ada arti “orang besar” dihadapan Tuhan kalau ia tidak menghormatiNya. Tuhan dapat mengambil nyawa “orang angkuh” setiap saat. Tuhan dapat mengambil nyawa “orang angkuh” setiap saat. Hamba Tuhan yang murni tidak menaruh minat pada hadiah dan kehormatan yang berasal dari orang jahat. Hamba Tuhan yang murni tidak menaruh minat pada hadiah dan kehormatan yang berasal dari orang jahat.


Download ppt "JARI TANGAN YANG MENULIS PADA DINDING ISTANA DANIEL 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google