Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modernisasi Pelabuhan Banjarmasin dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Pelayaran dan Perdagangan pada Pertengahan Kedua Abad Ke-20 oleh: SOLEKHA 3101409036.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modernisasi Pelabuhan Banjarmasin dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Pelayaran dan Perdagangan pada Pertengahan Kedua Abad Ke-20 oleh: SOLEKHA 3101409036."— Transcript presentasi:

1 Modernisasi Pelabuhan Banjarmasin dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Pelayaran dan Perdagangan pada Pertengahan Kedua Abad Ke-20 oleh: SOLEKHA

2 Banjarmasin  Merupakan salah satu kota di Kalimantan  Terdapat dua pelabuhan kecil yaitu: Pelabuhan Martapura (pelabuhan lama) Sungai Martapura Pelabuhan Trisakti (pelabuhan baru) Sungai Barito

3 Kondisi Fisik Pelabuhan Martapura dan Trisakti  Martapura Berlokasi di pusat kota Banjarmasin. Menjadi tempat berlabuh bagi kapal-kapal untuk pelayaran lokal dan perahu layar yang merupakan armada pelayaran rakyat. Fasilitas yang dimiliki kurang memadai.

4 Lanjutan....  Trisakti Diresmikan pada tanggal 10 september Terletak sekitar 23km dari muara sungai Barito. Ditujukan khusus bagi kapal-kapal yang melakukan pelayaran samudra dan Nusantara.

5 Aktivitas Pelayaran Terdapat 3 jenis pelayaran, yaitu: Pelayaran dalam negeri (domestik). Pelayaran luar negeri (internasional). Pelayaran khusus.

6 Aktivitas Perdagangan  Komoditas ekspor dari pelabuhan Banjarmasin untuk perdagangan antarpulau antara lain batubara, rotan, karet, kayu, damar, lilin, getah perca, lada, kopra, sarang burung, barang-barang anyaman,dll.  Komoditas impor terdiri dari kain lena, tembakau, gambir, garam, beras, tepung, minyak goreng, minyak tanah, tembaga, kertas, alat-alat rumah tangga,dll.

7 Lanjutan...  Daerah tujuan ekspor dari Banjarmasin adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, sumatera selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Nusa Tenggara dan kepulauan Riau.  Daerah tujuan impor Banjarmasin berasal dari Jawa dan Madura, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara dan kepulauan Riau.

8 Pengaruh Modernisasi Pelabuhan Banjarmasin Terhadap Aktivitas Pelayaran dan Perdagangan Skala Kecil Tidak dapat dipungkiri bahwa pelabuhan Martapura mampu menciptakan suatu lingkungan pusat kota yang kian ramai, perkembangan kota Banjarmasin tidak dapat terlepas dari pelabuhan Martapura. Letak pelabuhan Martapura yang berada ditengah kota telah memberi banyak kemudahan dalam pengambilan dan pengiriman barang dari pelabuhan.

9 Sekian... Terimakasih..


Download ppt "Modernisasi Pelabuhan Banjarmasin dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Pelayaran dan Perdagangan pada Pertengahan Kedua Abad Ke-20 oleh: SOLEKHA 3101409036."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google