Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KASKUS SEBAGAI FORUM DALAM MEDIA INTERNET Fahmi Maulana (1200093) Leni Mardiani (1200470) Muhammad Ali A F (1206517) M. Aridha Pratama (1205243) Nurjannah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KASKUS SEBAGAI FORUM DALAM MEDIA INTERNET Fahmi Maulana (1200093) Leni Mardiani (1200470) Muhammad Ali A F (1206517) M. Aridha Pratama (1205243) Nurjannah."— Transcript presentasi:

1 KASKUS SEBAGAI FORUM DALAM MEDIA INTERNET Fahmi Maulana ( ) Leni Mardiani ( ) Muhammad Ali A F ( ) M. Aridha Pratama ( ) Nurjannah ( )

2 Pengertian Forum Forum adalah sebuah sarana komunikasi untuk sebuah komunitas. Sama halnya seperti Social Network yang sedang ramai-ramainya di dunia maya. namun forum lebih berfokus untuk sebuah komunitas besar, dimana didalam forum tersebut terbagi menjadi sub-sub dari forum itu, lebih jelasnya didalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi.

3 Karakteristik Forum Adapun beberapa karakteristik dalam forum, yaitu : Kapasitas ruang diskusi yang luas Diskusi dapat dilakukan dimana dan kapan saja Dapat di akses oleh anggota forum maupun non anggota forum Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet Info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian Update perbaruan informasi dapat dilakukan kapan saja Bersifat interaktif Memiliki kesamaan minat dan kepentingan

4 Sejarah Forum Pada tahun 1994 internet sudah masuk ke Indonesia, pada awalnya bermunculan portal – portal berita seperti detik.com dan kompas.com. Perkembangan portal berita tersebut memancing munculnya berbagai forum onlilne sebagai sarana diskusi publik dalam berbagai aspek kehidupan baik politik, lifestyle hingga e-commerce yang kian diminati masyarakat. Kemudahan akses internet membuka peluang besar bagi forum- forum publik untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi. Forum – forum tersebut memberikan kemudahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

5 Fungsi dan Kegunaan Forum Forum juga suatu sarana untuk mencari informasi yang bisa di katakan lebih lengkap dan lebih detail, forum juga dapat di gunakan sebagai tempat untuk berdiskusi, dengan adanya forum, maka dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan anggota yang ada di forum.

6 Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan: Sumber informasi, sarana diskusi, sosiaisasi, iklan produk, hemat waktu dan biaya, tanpa batasan jarak Kekurangan : Informasi belum tentu akurat, bersifat anonim, rawan penipuan, kurang memperhatikan etika.

7 Etika Menggunakan Forum Internet 1. Kiriman Ganda Pelanggaran forum yang paling banyak adalah pengiriman ganda dalam forum yang sama. Hal ini juga dapat menunjuk kepada orang yang mengirim pada forum yang berbeda tetapi hanya memiliki sedikit perbedaan isi, khususnya di forum yang memperbolehkan pengguna menyunting kiriman sebelumnya.

8 2. Spam Pengiriman spam adalah bentuk pelanggaran etika forum dimana pengguna mengirim kata atau frasa yang sama berulang-ulang, tetapi berbeda dari kiriman ganda karena pengiriman spam lebih ditujukan karena kesengajaan dan kadang-kadang dengan niat yang buruk. 3. Sanksi Sanksi akan diberikan kepada anggota yang melanggar aturan forum. Sanksi dapat diberikan berupa peringatan keras, diblokir sementara dan yang paling berat adalah diblokir permanen. Sanksi yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya.

9 10 Forum Terfavorit di Dunia 1.Gaia Online 2.4chan 3.Kaskus 4.d2jsp 5.IGN Boards

10 6. Offtopic.com 7. Jogos 8. Vault Network Boards 9. Doctissimo.fr 10. Forocoches

11 Kaskus Sebagai Forum Media Online

12 Sejarah Kaskus KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.

13 Fitur dalam Kaskus 1.KasPay 2.e-pulsa 3.Kaskus Ads 4.Kaskus Radio 5.Kaskus Mobile

14 Sub Forum  Forum Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menemukan dan membahas mengenai hobi dan kegemaran.  Regional Forum tempat para pengguna Kaskus dapat berkomunikasi maupun berkumpul satu sama lain yang masih berdomisili di wilayah yang sama  Kaskus Corner Forum tempat para pengguna Kaskus dapat mendapatkan info mengenai acara/kegiatan tertentu seperti bakti sosial, gathering, atau seminar yang diselenggarakan oleh Kaskus atau pengguna terdaftar yang bersangkutan.

15 FJB sebagai salah satu Sub Forum Kaskus FJB Kaskus adalah singkatan dari Forum Jual Beli Kaskus, dimana forum ini merupakan wadah untuk para kaskuser (pengguna kaskus) dapat menjual dan atau membeli barang/jasa yang diinginkan.Selain forum “Loe-Ke-Loe (anda ke anda)”, FJB juga sebagai salah satu forum utama yang ada pada situs ini.Barang/ jasa yang dijual di forum ini sangat beragam.Dari yang murah hingga yang harganya selangit.Dari kaos oblong yang harganya Rp sampai dengan hak kepemilikan tanah yang harganya Rp

16 Keunggulan FJB KASKUS Semua orang dapat berjualan di FJB asal telah terdaftar sebagai member. Cara pembuatan thread yang tidak terlalu sulit alias mudah. Barang yang dijual akan semakin cepat laku, karena FJB kaskus termasuk salah satu forum yang paling banyak dikunjungi. Memiliki fasilitas Private Message(PM) dan Visitor message (VM) untuk mempermudah seller dalam melakukan promosi serta melakukan negosiasi harga lebih lanjut dan bersifat privasi.

17 Kelemahan FJB KASKUS Reputasi dan testimonial seller sangat menentukan kepercayaan buyer (pembeli) dalam membeli barang. Masih sering terjadi penipuan yang dilakukan oleh para seller. Sering terjadi over posting yang mengakibatkan ketidaknyamanan dalam transaksi.

18 Faktor kaskus menjadi begitu berarti bagi para netter Indonesia : Karena Alasan Nasionalisme sebangsa dan tanah air Indonesia, kaskus dianggap sebagai pemersatu bangsa, karena kaskus memiliki member beragam suku baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Karena Alasan Bisnis, kaskus dianggap sebagai salah satu sumber pencari nafkah secara online dalam subforum jual belinya yang sangat beraneka ragam kategori barang maupun jasa yang ditawarkan membernya.

19 Karena Alasan Pengetahuan, kaskus dianggap sebagai sumber informasi yang akurat baik oleh para siswa / mahasiswa maupun para pebisnis online dan offline, karena pada subforum tertentu pada kaskus membahas hal tersebut. Karena Alasan Informasi / Berita terkini, kaskus dianggap sebagai media informasi layaknya website berita maupun televisi seperti detik, kompas dan lainnya. Dan alasan alasan lainnya yang kamu anggap belum mengerti, kamu bisa bertanya dan saling tukar informasi pada member lainnya di kaskus.

20 SEKIAN


Download ppt "KASKUS SEBAGAI FORUM DALAM MEDIA INTERNET Fahmi Maulana (1200093) Leni Mardiani (1200470) Muhammad Ali A F (1206517) M. Aridha Pratama (1205243) Nurjannah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google