Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Muhammad khulqi rasyid NIM: 13.230.0056 Kelas: 1p51 Sistem informatika Stmik Widya Pratama Tahun ajaran 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Muhammad khulqi rasyid NIM: 13.230.0056 Kelas: 1p51 Sistem informatika Stmik Widya Pratama Tahun ajaran 2013."— Transcript presentasi:

1 Nama: Muhammad khulqi rasyid NIM: Kelas: 1p51 Sistem informatika Stmik Widya Pratama Tahun ajaran 2013

2 Topologi Star

3 Perngertian Topologi star Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung kecentralpoint. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).endpointcentralpoint.

4 Karakteristik Topologi Star Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi. Mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node. Keunggulan jika terjadi kerusakan pada salah satu node maka hanya pada node tersebut yang terganggu tanpa mengganggu jaringan lain. Dapat digunakan kabel lower karena hanya menghandle satu traffic node dan biasanya menggunakan kabel UTP.

5 Kelebihan Topologi Star Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. Tingkat keamanan termasuk tinggi. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. Akses kontrol terpusat. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan. Paling fleksibel.

6 Kekurangan Topologi Star Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti. Boros dalam pemakaian kabel. HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat. HUB Terlalu penting hub sehinga ketika terdapat masalah dengan HUB maka jaringan tersebut akan down. Jaringan tergantung pada terminal pusat. Jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.switch Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring.busring

7 Cara kerja Topologi Star Cara kerja topologi star menyatukan tiap host tanpa terpengaruh oleh kesalahan/kerusakan jalur host lainnya. topologi ini paling sederhana dan mudah untuk di administrasikan. Penggunaannya sendiri biasa kita lihat dalam sehari-hari, yaitu di warnet skala kecil dimana tiap komputer yang terhubung satu sama lain melalui HUB dan kabel utp tercolok ke port kartu jaringan di komputer dengan port di HUB. Tentu saja sekalipun topologi star lebih sederhana setiap komputer harus di set dulu ip,workgroup, dll.

8 #Good lock !!!


Download ppt "Nama: Muhammad khulqi rasyid NIM: 13.230.0056 Kelas: 1p51 Sistem informatika Stmik Widya Pratama Tahun ajaran 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google