Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamu Alaikum, Wr.Wb. PERKENALAN Na Nama: Wien Pudji Priyanto, M.Pd NIP: 131644621/19550710 198609 1 001 Alamat Rmh: Jl.tongkol V/7 Rt.08/Rw.02 Perumnas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamu Alaikum, Wr.Wb. PERKENALAN Na Nama: Wien Pudji Priyanto, M.Pd NIP: 131644621/19550710 198609 1 001 Alamat Rmh: Jl.tongkol V/7 Rt.08/Rw.02 Perumnas."— Transcript presentasi:

1 Assalamu Alaikum, Wr.Wb

2 PERKENALAN Na Nama: Wien Pudji Priyanto, M.Pd NIP: / Alamat Rmh: Jl.tongkol V/7 Rt.08/Rw.02 Perumnas Minomartani Ngaglik sleman Telp.Rumh/HP: (0274) Hp Keluarga: Rubiyat Pujiastuti, M.Pd Dian Asti Anggraeni, S.Pd (Mhs.S-2) Diaz Agung Pronowibowo (UGM) Asli: Purbalingga, Banyumas Jawa Tengah.

3 Pengajar : 1. Tata Teknik Pentas 2. Manajemen Seni Pertunjukan 3. Tari Nusantara III (BMS) 4. Olah Tubuh 5. Teknik Tari 6. Apresiasi Seni 7. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 8. Kewirausahaan 9. Kesenian (PLB-FIP) Tugas di FBS : Ketua Humas, Kerjasama dan Protokoler FBS

4 TATA TERTIB KULIAH TTP 1.Mahasiswa datang tepat waktu/tdk boleh terlambat. 2.Mahasiswa menunggu di ruang kuliah. 3.Mahasiswa wajib menggunakan Rok dan hem bagi wanita serta Celana panjang dan hem bagi priya. 4.Mahasiswa wajib memiliki diktat TTP dan Catatan. 5.Kuliah Teori, Praktek, Tugas dan KKL 6.KKL dilaksanakan di luar DIY. 7.PBM dilaksanakan melalui Be Smart UNY atau E-Learning

5 Visi UNY Menghasilkan insan yang Cendekia, Mandiri dan bernurani Visi FBS Menghasilkan insan yang Akademis, Humanis, Profesional dan Berbudaya Visi Jurusan Pendidikan Seni tari Menghasilkan insan yang menguasai bidang keahlian, kreatif, inovatif dan produktif. TATATEKNIKPENTASTATATEKNIKPENTAS

6 PILAR PENDIDIKAN KKEMAMPUAN PEDAGOGIK KKEMAMPUAN KEPRIBADIAN KKEMAMPUAN SOSIAL KKEMAMPUAN PROFESIONAL TATATEKNIKPENTASTATATEKNIKPENTAS

7 TATA TEKNIK PENTAS oleh Wien Pudji Priyanto, M.Pd.

8 DESKRIPSI MK Kode MK: PST.220, T=1, L=1 Mata kuliah Tata Teknik Pentas (TTP) bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan perancangan tentang penataan benda-benda dan manusia/pemain di atas panggung terkait dengan pertunjukan. MK ini membahas konsep dasar teknik penataan dan perancangan panggung, lampu/Lighting, Suara/Sound sistem, Rias dan busana, dalam sebuah pementasan. Kegiatan kuliah meliputi tatap muka (perkuliahan teori), praktek perancangan, penataan, apresiasi, praktek laboratorium dan KKL. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas, praktek lapangan, diskusi, pembuatan laporan dan ujian akhir semester. TATATEKNIKPENTAS TATATEKNIKPENTAS

9 5 w + 1 H WHAT IS TTP? WHY? WHO? WHERE? WHEN? HOW? TATATEKNIKPENTASTATATEKNIKPENTAS

10 WHAT IS TTP ? TTP kependekan dari TATA TEKNIK PENTAS, yaitu sebuah pengetahuan yang mempelajari tentang penyusunan/penataan atau pengaturan benda-benda dan pemain di atas pentas sesuai dengan tema, cerita yang dimainkan. TTP TATATEKNIKPENTASTATATEKNIKPENTAS

11 WHY ?  Mahasiswa seni tari perlu mempelajari TTP karena kelak akan menjadi penari, koreografer dan guru/pelatih tari harus menguasai ilmu yang berkaitan dengan tata panggung, tata lampu, tata suara, tata rias dan busana serta pendukung pentas lainnya dalam sebuah pertunjukan.

12 TTP MHS GURU/PELATIH KOREOGRAFER PENARI TATATEKNIKPENTASTATATEKNIKPENTAS

13 WHO ? Yang mempelajari TTP adalah semua mahasiswa seni tari FBS UNY dan siswa SMK bidang seni pertunjukan. Pelatih, Guru dan Dosen yang mengampu dan bergelut dengan dunia seni pertunjukan baik musik, tari, teater dsb.

14 WHERE ? TTP dapat dipelajari di Sekolah Kejuruan Seni (SMK) pertunjukan Perguruan Tinggi Seni seperti ISI UNY, IKJ, UNJ, STKW, ASTI, serta lembaga non formal antara lain, LPK Natya Lakshita, PSBK, Kembangsore dan sanggar yang bergerak dalam seni pentas, Media Elektronik TV.

15 When ? TTP di pelajari sejak usia dini Pra TK, TK, SD, SMP, SMK, Perguruan Tinggi. TTP di pelajari sejak usia dini Pra TK, TK, SD, SMP, SMK, Perguruan Tinggi. Secara tidak langsung mereka belajar TTP saat mulai menari, manggung, pentas baik di sekolah, masyarakat maupun pada saat belajar di sekolah formal. Secara tidak langsung mereka belajar TTP saat mulai menari, manggung, pentas baik di sekolah, masyarakat maupun pada saat belajar di sekolah formal.

16 HOW ? Seorang penari, koreografer, guru seni tari dan pelatih tari dan pembina kesenian harus dan wajib memiliki, mengetahui dan menguasai Tata Teknik Pentas agar penampilan menjadi tertata apik, kreatif, bervariasi, tidak monoton, enak di tonton. Seorang penari, koreografer, guru seni tari dan pelatih tari dan pembina kesenian harus dan wajib memiliki, mengetahui dan menguasai Tata Teknik Pentas agar penampilan menjadi tertata apik, kreatif, bervariasi, tidak monoton, enak di tonton.


Download ppt "Assalamu Alaikum, Wr.Wb. PERKENALAN Na Nama: Wien Pudji Priyanto, M.Pd NIP: 131644621/19550710 198609 1 001 Alamat Rmh: Jl.tongkol V/7 Rt.08/Rw.02 Perumnas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google