Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING."— Transcript presentasi:

1 1 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING

2 2 PENGERTIAN  Perluasan kalimat merupakan perubahan kalimat tunggal menjadi lebih luas. erluasan kalimat tunggal itu dapat dilakukan dengan menambahkan unsur keterangan.

3 3  Keterangan tersebut antara lain dapat berupa keterangan cara, keterangan alat, keterangan kesertaan, dan keterangan saling.

4 4 Keterangan  Unsur kalimat yang menerangkan seluruh fungsiyang ada dalam suatu kalimat. Keterangan cara  Keterangan yang menyatakan cara terjadinya suatu peristiwa.  Ditandai dengan kata atau frasa :

5 5  seenaknya  semaunya  secepatnya  sepenuhnya  sebaliknya  dengan…  secara…  tanpa…

6 6 Contoh : 1.Para pekerja itu berbicara seenaknya dengan atasannya. 2.Mengapa kamu berpikir sebaliknya? 3.Mereka bekerja semaunya saja di kantor ini.

7 7 4.Saya akan menyampaikan berita itu secepatnya kepada pimpinan. 5.Kami percaya sepenuhnya tentang kemampuan kamu.

8 8 6. Peristiwa itu telah berlangsung dengan damai. 7.Kelemahan artis itu diungkapkannya secara blak- blakan. 8. Tanpa membawa ijazah, kamu tidak akan diterima untuk bekerja.

9 9 Keterangan alat KKeterangan yang menyatakan adaatau tidak ada alat yang dipakai untuk melakukan sesuatu.  Ketengan alat ditandai oleh frasa preposisi (kata depan), yaitu kata dengan atau tanpa.

10 10 Contoh : 1.Pekerja itu memotong tali karet dengan pisau. 2.Saya tidak dapat mengerjakan tugas tanpa bantuan kakakku. 3.Buku-buku yang tebal itu dibawanya dengan sepeda.

11 11 4.Dengan seutas tali dia berhasil menarik pedati itu. 5.Kami menyeberangi Selat Benggala dengan perahu karet.

12 12 6. Pengisian lembar jawaban komputer itu dilakukannya dengan pensil 2 B. 7. Kamu pasti bisa mengerjakan hitungan tanpa kalkulator. 8.Ayah tidak dapat membaca tanpa kacamata.

13 13 Keterangan kesertaan atau keterangan penyerta. ► Keterangan yang menyatakan ada atau tidak ada orang yang menyertai orang lain dalam melakukan suatuperbuatan.

14 14 DDitandai dengan menggabungkan preposisi dengan, tanpa, atau bersama. PPreposisi itu diikuti dengan kata atau frasa tertentu yang bernyawa atau dianggap bernyawa.

15 15 Contoh : 1.Adik berangkat ke sekolah dengan bibi. 2.Para siswa berdarmawisata bersama gurunya. 3.Pak Andri datang ke pesta tanpa istrinya.

16 16 4.Dalam diskusi itu Ita duduk bersama Andri. 5.Tanpa teman, Ida datang ke sekolah pagi-pagi sekali.

17 17 6. Pasti kamu dapat datang ke tempat saya tanpa ayah. 7.Presiden beserta rombongan sedang meninjau Televisi Edukasi.

18 18 Keterangan saling atau kesalingan  Menyatakan bahwa suatu perbuatan dilakukan secara berbalasan atau silih berganti.  Ditandai oleh kata satu sama lain atau saling.

19 19 Contoh : 1.Kedua anggota pengurus itu membenci satu sama lain. 2.Akhirnya, mereka saling memaafkan atas kekhilafan itu. 3.Kedua anak remaja itu saling memahami isi hati masing- masing.

20 20 4.Kakak adik itu satu sama lain sangat menyayangi. 5. Sebenarnya mereka sudah saling mencintai sejak duduk di kelas 2. 6.Keduanya menikah setelah menyadari kekurangan satu sama lain.

21 21 Latihan soal-soal ! 1.Keterangan cara terdapat pada kalimat … a. Guru menerangkan soal itu dengan tegas. b. Dengan guru, Pardi meneliti daun pepaya. c. Dengan sepeda Mardiah pergi ke sekolah. d. Niami menulis artikel dengan komputer.

22 22 Pembahasan a.… dengan tegas ~ menyatakan keterangan cara. b.Dengan guru…. ~ menyatakan keterangan kesertaan. c.Dengan sepeda … ~ menyatakan keterangan alat. d.… dengan komputer.~ menyatakan keterangan alat Jawaban : a

23 23 2.Kalimat berikut ini yang manggunakan keterangan kesalingan adalah …. a. Mereka bertukar pikiran dengan teman kelompoknya. b. Mereka bersalaman secara baik baik setelah menyadari kesalahannya.

24 24 c. Ketua rombongan itu sedang tukar - menukar vandel dengan senyum. d. Kedua kelompok itu menyalahkan satu sama lain.

25 25 Pembahasan a.… dengan teman ~ menyatakan keterangan kesertaan. b.… secara baik-baik… ~ menyatakan keterangan cara.

26 26 c.… dengan senyum.~ menyatakan keterangan cara. d.… menyalahkan satu sama lain.~ menyatakan keterangan kesalingan. Jawaban : d

27 27 3. Kraton Yogyakarta merupakan tempat kediaman Gubernur DIY (1). Kraton tersebut terletak di pusat kota (2). Secara filosofis letak bangunan satu garis lurus dengan tugu Yogyakarta (3). Bangunan ini menjadi pusat kebudayaan dan tradisi Jawa (4).

28 28 Kalimat yang menyatakan cara Terdapat pada nomor…. a.(1)b. (2) c.(3)d. (4) Jawaban : c secara filosofis….

29 29 4.Kalimat yang menyatakan keterangan alat adalah…. a. Sopir itu mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi. b. Dalam waktu sepuluh menit mereka tampak saling mendahului. c. Jarak yang tidak begitu jauh dapat kami tempuh dengan sepeda. d. Dengan adik, kami rekreasi ke Danau Toba.

30 30 Pembahasan a.… dengan kecepatan tinggi. ~ menyatakan keterangan cara. b.… saling mendahului. ~ menyatakan keterangan kesalingan atau saling. c.… dengan sepeda. ~ menyatakan keterangan alat. d.Dengan adik… ~ menyatakan keterangan kesertaan. Jawaban : c

31 31 5.Dengan sikapnya itu, harga diri mereka betul-betul murah. Fungsi keterangan dalam kalimat tersebut dinyatakan oleh…. a. dengan sikapnya b. sikapnya itu c. harga diri d. betul-betul murah Jawaban : a

32 32 6.Di Jalan Dr. Cipto sering terjadi kemacetan lalu lintas. Hal ini disebabkan para sopir kendaraan umum menurunkan dan menaikkan para penumpang dengan seenaknya. Selain itu, di daerah ini tidak ada halte. Rambu- rambu lalu lintas juga belum banyak terpasang.

33 33 Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat…. a.Pertama b.Kedua c.Ketiga d.Keempat Jawaban : b … dengan seenaknya.

34 34 7. Kalimat yang menggunakan keterangan kesertaan adalah…. a. Dengan sigap, polisi itu menangkap penjahat. b. Kakak memotong kue dengan pisau. c. Dengan paman, kami pulang ke kampung halaman. d. Kedua anak itu saling membenci.

35 35 Pembahasan a.Dengan sigap… ~ menyatakan keterangan cara. b.… dengan pisau ~ menyatakan keterangan alat. c.Dengan paman… ~ menyatakan keterangan kesertaan. d.… saling membenci.~ menyatakan keterangan saling. Jawaban : c

36 36 8. Kalimat yang menyatakan cara adalah…. a. Memotong kayu lebih cepat dilakukan dengan gergaji listrik. b. Dengan pipet, minyak wangi itu dipindahkan ke botol lain. c. Kami berangkat ke pesta dengan ayah. d. Dengan mengangsur setiap bulan, Bu Siska membayar hutangnya.

37 37 Pembahasan : a.… dengan gergaji listrik. ~ menyatakan keterangan alat. b.Dengan pipet… ~ menyatakan keterangan alat. c.… dengan ayah. ~ menyatakan keterangan kesertaan. d.Dengan mengangsur… ~ menyatakan keterangan cara. Jawaban : d

38 38 9.Kalimat yang menyatakan keterangan alat terdapat pada…. a. Anas belajar dengan sungguh- sungguh. b. Karta berenang dengan teman- temannya. c. Ayah menggali lubang dengan cangkul. d. Tanpa teman, adik berangkat ke sekolah.

39 39 Pembahasan : a.… dengan sungguh-sungguh ~ menyatakan keterangan cara. b.… dengan temannya ~ menyatakan keterangan kesertaan. c.… dengan cangkul ~ menyatakan keterangan alat. d.Tanpa teman… ~ menyatakan keterangan kesertaan. Jawaban : c

40 (1) Menurut catatan polisi, sejak desember lalu hingga Februari ini, sedikitnya enam penjhat tertembus peluru petugas, satu di antaranya tewas. (2) Menurut Kadispen, sebelum petugas melepaskan tembakan ke arah penjahat, biasa didahului dengan tembakan peringatan.

41 41 (3) Kalau tembakan peringtan tidak digubris, malahan penjahatnya melawan dengan senjata tajam atau benda lain yang bisa mengancam jiwa petugas, penembakan kepada yang bersangkutan dapat dilakukan. (4) Tembakan itu dimaksudkan untuk melumpuhkan perlawanan.

42 42 Kalimat yang menyatakan alat dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor…. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) Jawaban : c … dengan senjata tajam….

43 43 SELAMAT BELAJAR DAN SUKSES DI UJIAN NASIONAL


Download ppt "1 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google