Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Prinsip 90/10 Click to advance Oleh: Stephen Covey Temukan Prinsip 90/10 Ini akan mengubah hidup anda (atau paling tidak, bagaimana anda bereaksi terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Prinsip 90/10 Click to advance Oleh: Stephen Covey Temukan Prinsip 90/10 Ini akan mengubah hidup anda (atau paling tidak, bagaimana anda bereaksi terhadap."— Transcript presentasi:

1

2 Prinsip 90/10 Click to advance

3 Oleh: Stephen Covey Temukan Prinsip 90/10 Ini akan mengubah hidup anda (atau paling tidak, bagaimana anda bereaksi terhadap situasi yang anda hadapi)

4 Prinsip apakah ini? 10% dari hidup dibentuk oleh hal2 yang kita alami. …90% dari hidup ditentukan oleh cara kita bereaksi

5 Maksudnya? Kita TIDAK memiliki kendali atas 10% kejadian yang kita alami

6 Kita tidak dapat mencegah kerusakan mobil. Pesawat tertunda, sehingga jadwal kita terbengkalai. Mobil kita bisa saja disalip di lalu-lintas.

7 Kita tidak bisa mengendalikan yang 10% 90% yang lain berbeda. Anda menentukan yang 90% yang lain. Bagaimana caranya…? Melalui reaksi anda.

8 Anda tidak bisa mengendalikan lampu merah. Tetapi, anda bisa mengendalikan reaksi anda. Jangan biarkan orang lain mempermainkan anda. Anda bisa mengendalikan reaksi anda. Sebagai contoh…

9 Anda sedang sarapan bersama keluarga. Putri anda menjatuhkan kopi keatas baju anda. Anda tidak memiliki kendali atas apa yang baru saja terjadi. Apa yang akan terjadi selanjutnya akan ditentukan oleh reaksi anda

10 Anda memaki. Anda memarahi putri anda karena menjatuhkan kopi. Ia menangis. Setelah memarahi dia, anda beralih kepada isteri anda dan mengkritik dia karena menaruh cangkir terlalu dekat ke tepi meja. Perang mulut terjadi. Anda bergegas ke kamar dan mengganti baju. Keluar dari kamar, anda melihat putri anda belum selesai sarapan dan menangis terisak-isak. Putri anda ketinggalan bus.

11 Isteri anda segera berangkat kerja. Anda bergegas ke mobil dan mengantarkan putri anda ke sekolah. Karena anda terlambat, Anda mengemudi melampaui batas kecepatan.

12 Setelah tertunda 15 menit dan membayar denda, anda sampai di sekolah. Putri anda bergegas masuk ke dalam sekolah tanpa berpamitan. Setelah tiba di kantor terlambat 20 menit, anda sadar lupa membawa tas kerja. Anda memulai hari anda dengan buruk. Sepanjang hari, sepertinya menjadi semakin dan semakin buruk. Anda berharap segera pulang ke rumah.

13 Ketika sampai di rumah, anda menemukan gesekan kecil dalam hubungan dengan isteri dan putri anda Mengapa? Ini disebabkan oleh cara anda bereaski di pagi hari

14 Mengapa anda mengalami hari yang buruk ? A) Karena kopi? B) Karena putri anda? C) Karena polisi? D) Karena anda sendiri? Jawabannya “D”

15 Anda tidak memiliki kendali atas kejadian yang disebabkan oleh kopi. Bagaimana anda bereaksi dalam 5 detik itu, itulah yang membuat anda mengalami hari yang buruk Berikut adalah yang bisa saja terjadi dan semestinya terjadi.

16 Kopi jatuh mengenai anda. Putri anda ketakutan dan hampir menangis. Dengan tenang dan lembut anda berkata: “Tidak apa-apa, sayang, kamu hanya perlu lebih berhati- hati lain kali.” Anda mengambil tas kerja, dan anda keluar tepat waktu dan melihat putri anda naik bus tepat waktu. Dia menoleh dan melambaikan tangan. Anda tiba 5 menit lebih awal dan dengan senang hati menyapa rekan-rekan kerja. Lihat perbedaannya?

17 Dua skenario yang berbeda. Dua skenario yang berbeda. Keduanya bermula dengan cara yang sama. Keduanya bermula dengan cara yang sama. Keduanya berakhir dengan cara yang berbeda. Keduanya berakhir dengan cara yang berbeda. Mengapa? Dikarenakan cara anda bereaksi Dikarenakan cara anda bereaksi Anda sebenarnya tidak memilik kendali atas 10% Anda sebenarnya tidak memilik kendali atas 10% kejadian atas hidup anda. kejadian atas hidup anda. 90% yang lain ditentukan oleh reaksi anda. 90% yang lain ditentukan oleh reaksi anda.

18 Berikut beberapa cara anda menerapkan Prinsip 90/10. Bila seseorang mengatakan sesuatu yang negatif tentang anda, Jangan menyerapnya seperti spon. Biarkan serangan itu bergulir pergi seperti air di atas kaca. Anda tidak perlu membiarkan komentar negatif tsb mempengaruhi anda. Bereaksilah dengan benar dan itu tidak akan menghancurkan hari anda. Reaksi yang salah akan berakibatkan kehilangan sahabat, kehilangan pekerjaan, atau menjadi tertekan.

19 Bagaimana reaksi anda saat disalip di jalan? Anda menjadi marah dan emosi? Memukul steer kendali? (seorang teman saya membuat steernya jatuh), Apakah anda memaki? Tekanan darah memuncak? Apa salahnya bila anda terlambat 10 detik? Mengapa membiarkan mobil itu menggangu perjalanan anda?

20 Ingat Prinsip 90/10 dan jangan kuatir. Anda diberitahu anda dipecat. Mengapa tidak bisa tidur, kuatir dan merasa tersinggung? Selalu ada jalan keluarnya. Pakai energy kuatir anda untuk mendapatkan pekerjaan baru

21 Pesawat tertunda. Ini akan mengacaukan jadwal anda. Mengapa melampiaskan kemarahan anda pada pramugari ? Ia tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi. Gunakan waktu anda untuk belajar, mengenal penumpang yang lain, mengapa menjadi stres? Itu hanya akan membuat keadaan menjadi semakin parah.

22 Sekarang anda mengenal Prinsip 90/10. Praktekkan dan anda akan terheran-heran akan hasilnya. Tidak ada ruginya untuk mencoba. Prinsip 90/10 ini sangat ajaib. Sangat sedikit orang tahu dan menerapkan Prinsip ini. Hasilnya? Anda rasakan sendiri!

23 Jutaan orang menderita stres yang tidak perlu, cobaan dan sakit kepala. Kita semua harus memahami dan mempraktekan Prinsip 90/10. Itu akan mengubah hidup anda! …Rasakan dan nikmati... Hanya dibutuhkan tekat untuk memberi diri kita izin untuk mengalaminya.

24 Pastinya semua yang kita lakukan, berikan, katakan atau bahkan pikirkan berlaku seperi bumerang. Itu semua akan kembali kepada kita. Jika kita ingin menerima, kita perlu belajar untuk memberi terlebih dahulu… Mungkin kita akan berakhir dengan tangan kosong, namun hati kita akan dipenuhi dengan cinta… Dan barangsiapa yang mencintai kehidupan, Memiliki perasaan itu terukir dalam hati mereka…

25 Tamat Re-edition, concepts and photography using free access images from the net Courtesy of Carlos Rangel


Download ppt "Prinsip 90/10 Click to advance Oleh: Stephen Covey Temukan Prinsip 90/10 Ini akan mengubah hidup anda (atau paling tidak, bagaimana anda bereaksi terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google