Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AHMAD MUSHADAD, 3150404021 PERAN KIAI NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KONDISI POLITIK DI KABUPATEN JEPARA 1999-2004 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL POLITIK)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AHMAD MUSHADAD, 3150404021 PERAN KIAI NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KONDISI POLITIK DI KABUPATEN JEPARA 1999-2004 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL POLITIK)"— Transcript presentasi:

1 AHMAD MUSHADAD, PERAN KIAI NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KONDISI POLITIK DI KABUPATEN JEPARA (KAJIAN SEJARAH SOSIAL POLITIK)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AHMAD MUSHADAD - NIM : PRODI : Ilmu Sejarah - JURUSAN : Sejarah - FAKULTAS : Ilmu Sosial - shademuse pada domain ymail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Karyono, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Arif Purnomo, SS, S.Pd, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul PERAN KIAI NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KONDISI POLITIK DI KABUPATEN JEPARA (KAJIAN SEJARAH SOSIAL POLITIK)

4 Abstrak Peran kiai sangatlah besar dalam kehidupan sosial masyarakat Jepara, bahkan kepemimpinannya melebihi atau lebih mempunyai otoritas dalam kehidupan masyarakat. Mulai dari bagaimana peran kiai dalam kehidupan sosial masyarakatnya sampai pada bagaimana peran kiai dalam kehidupan politiknya yang secara tradisional mampu mempengaruhi sikap politik masyarakat di sekitarnya. Faktor dari perilaku politik kiai dipengaruhi mulai dari masalah individu maupun masalah sosial sampai pada persoalan politis dan ekonomis yang secara bersamaan saling berinteraksi membentuk satu kesatuan yang utuh. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu: (1) bagaimana perkembangan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jepara, (2) bagaimanakah peran para kiai Nahdlatul Ulama terhadap kondisi politik di Kabupaten Jepara tahun 1999 sampai tahun 2004, dan (3) bagaimana pengaruh perilaku politik Kiai Nahdlatul Ulama dalam kehidupan sosial dan sikap politik masyarakat di kabupaten Jepara dari tahun 1999 sampai tahun 2004?. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui sejarah perkembangan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jepara., (2) untuk mengetahui bagaimana peran kiai Nahdlatul Ulama terhadap kondisi politik di Kabupaten Jepara dari tahun 1999 sampai tahun 2004., dan (3) untuk mengetahui pengaruh perilaku politik kiai Nahdlatul Ulama dalam kehidupan sosial dan sikap politik masyarakat di Kabupaten Jepara dari tahun 1999 sampai tahun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode historis meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan wawancara. Teknik Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan, mencatat, dan mengkaji berbagai materi atau data yang sesuai dengan tema penelitian. Teknik wawancara dilakukan dengan mencari narasumber yang mengetahui persoalan tema penelitian, mempersiapkan instrumen berupa daftar pertanyaan wawancara guna memperoleh jawaban pertanyaan yang disampaikan oleh narasumber. Teknik analisis data dengan menginterpretasikan data sejarah menjadi fakta sejarah. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah (1) NU lahir di Jepara pada tahun 1930-an. Dalam perkembangannya setelah kemerdekaan sampai sekarang, NU di Jepara terorganisir dengan baik. (2) keterlibatan kiai dalam politik merupakan dampak dari keterlibatan NU dalam politik, menjadikan mereka ikut berkiprah dalam memenangkan partai tertentu dan acapkali kiai yang berpolitik tidak bisa lepas dari konflik kepentingan kepartaian dan agama, sehingga terjadi benturan yang melibatkan umat di belakangnya. Kiai yang menjalankan politik praktis hanya terpolarisasi dalam dua partai yaitu PPP dan PKB. (3) pemerintah memberi kemudahan terhadap kiai berupa fasilitas untuk berdakwah, keterlibatan kiai dalam politik menimbulkan sikap fanatisme yang dilakukan oleh jamaahnya dan santri. Perilaku politik kiai NU mempunyai pengaruh pada sikap politik masyarakat.

5 Kata Kunci Kiai, Politik.

6 Referensi Azyumardi, Azra “Reposisi Hubungan Agama dan Negara: Merajut Kerukunan Antarumat”. Jakarta: Kompas. Budiarjo, Miriam.1988.”Dasar-Dasar Ilmu Politik”. Jakarta: Gramedia. Gothsslack, Louis. Terj Nugroho Notosusanto. “Mengerti Sejarah” Jakatarta: UI Press. Huda, Nor ”Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia”. Yogyakarta: Arruz Media Group. Jamil, M. Muhsin, M. A ”Tarekat dan Dinamika Sosial: Tafsir Sosial Sufi Nusantara”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hidayat Komaruddin, M. Yudhi Haryono ”Manuver Politik Ulama: Tafsir Kepemimpinan Era Reformasi Danm Dialektika Ulama-Negara”. Yogyakarta: Jalasutra. Kuntowijoyo ”Identitas Politik Umat Islam”. Jakarta: Prenada Media. LP2KS DPW PKB Jawa Tengah ”Partai Untuk Rakyat”. Semarang: Aneka Ilmu Semarang Muzadi, Abdul Muchith ”Mengenal Nahdlatul Ulama”. Surabaya: Khalista Nata, Abuddin.2002.”Problematika Politik Islam”. Jakarta: Grasindo. Noer, Deliar Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900 – Jakarta : LP3ES. Sastroatmodjo, Sudijono.1995.”Perilaku Politik”. Semarang: Ikip semarang. Scharf, Betty R “Sosiologi Agama”. Jakarta: Prenada Media. Sujuthi, Mahmud ”Politik Tarekat”. Yogyakarta: Galang Press. Su’ud, Abu.2003.”Islamologi”. Jakarta: Rineka Cipta. Tahqiq, Nanang “Politik Islam”. Jakarta: Pranada Media Ummatin, Khoiro “Perilaku Politik Kiai”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bruinessen, Van ”NU: Tradisi Relasi-Relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru”. Yogyakarta: Jalan Sutera. Wasino “Dari Riset hingga Tulisan Sejarah”. Semarang: UNNES Press. Zen, Fathurin.2004.”NU Politik: Analisis Wacana Media”. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta. Dokumen: Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD, Propinsi dan DPRD Kabupaten Jepara Tahun 2004 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara Website: Koran Tempo 6 Juni 2004 (www.kompas.com) Kompas 9 Desember 2003 (http:/partaiinfo/datapartai.co.id) Kompas, 2 mei 1999 (www.kompas.com) Majalah.tempointeraktif.com Karya Ilmiah: Disertai Arief Mudatsir Mandan “Ideologi Politik Bagi Kaum Santri: Makna Azas Islam Bagi Kiprah Politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP)” (www.ui.com). Buku Acuan Diskusi: PCNU, Jepara ”Kerangka Acuan Diskusi Terarah: Sosial Politik Nahdlatul Ulama”. Jepara: GP Anshor-Fatayat-Lakpesdam.

7 Terima Kasih


Download ppt "AHMAD MUSHADAD, 3150404021 PERAN KIAI NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KONDISI POLITIK DI KABUPATEN JEPARA 1999-2004 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL POLITIK)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google