Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Feminisme - joice c.siagian.1 FEMINISME. feminisme - joice c.siagian.2 FEMINISME FEMINIM (feminine): adalah kategori arbitrer yang diberikan oleh sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Feminisme - joice c.siagian.1 FEMINISME. feminisme - joice c.siagian.2 FEMINISME FEMINIM (feminine): adalah kategori arbitrer yang diberikan oleh sistem."— Transcript presentasi:

1 feminisme - joice c.siagian.1 FEMINISME

2 feminisme - joice c.siagian.2 FEMINISME FEMINIM (feminine): adalah kategori arbitrer yang diberikan oleh sistem budaya patriarki terhadap penampilan atau perilaku perempuan, misalnya, kaum perempuan dimaknai dalam serangkaian stereotipe yang lembut, halus, lemah, emosional, dan submisif.

3 feminisme - joice c.siagian.3 FEMINISME FEMINISME (feminism): merupakan istilah yang digunakan oleh kaum feminis kultural dan esensialis untuk mendeskripsikan ideologi superioritas perempuan. Ideologi pembebasan perempuan, karena adanya keyakinan bahwa perempuan mengalami ketidakadilan.

4 feminisme - joice c.siagian.4 FEMINISME FEMINITAS (feminity): deskripsi konstruksi ‘keperempuanan’ oleh masyarakat dan mempunyai konotasi daya tarik seksual bagi laki-laki. Merupakan ideologi yang menempatkan posisi perempuan sebagai ‘the other’, yang berbeda dengan maskulinitas, yang dianggap oleh masyarakat sebagai yang lebih kompeten.

5 feminisme - joice c.siagian.5 FEMINISME KONSEP SEX: Mengacu pada perbedaan biologis antara perempuan dan laki-laki; pada perbedaan antara tubuh laki- laki dan perempuan. Bersifat biologis dan tidak dapat diubah.

6 feminisme - joice c.siagian.6 FEMINISME KONSEP GENDER: Mengacu pada perbedaan psikologis, sosial, dan budaya antara laki-laki dan perempuan. Pada pengetahuan dan kesadaran, baik secara sadar ataupun tidak, bahwa diri seseorang tergolong dalam suatu sex tertentu dan bukan dalam sex lain.

7 feminisme - joice c.siagian.7 FEMINISME AGEN YANG PENTING dalam SOSIALISASI GENDER:  Keluarga  Kelompok Bermain  Sekolah  Media Massa

8 feminisme - joice c.siagian.8 FEMINISME GENDER DAN STRATIFIKASI:  Sebagai ketimpangan dalam pembagian kekayaan, kekuasaan, dan privilese, antara laki-laki dan perempuan.  Mendorong terbentuknya gerakan feminisme.

9 feminisme - joice c.siagian.9 FEMINISME SEXISM, keyakinan bahwa keunggulan suatu sex merupakan pembawaan sejak lahir. FEMINISM: dua kategori pertanyaan: “what about the women?” dan “why is women’s situation as it is?”

10 feminisme - joice c.siagian.10 FEMINISME PERBEDAAN SEX, Dalam seluruh masyarakat manusia, pria tampaknya lebih daripada wanita dalam hal:  Bersaing kuat dengan rekan sejenisnya untuk mendapatkan pasangan sexnya.  Menginginkan lebih dari satu pasangan (poligami).  Merasa cemburu dalam soal sex.  Terangsang secara sexual oleh rangsangan-rangsangan sex.  Tertarik secara sexual oleh yang muda dan yang cantik.  Menginginkan variasi sexual.  Memandang sex sebagai suatu pelayanan yang diberikan oleh lawan jenisnya.

11 feminisme - joice c.siagian.11 FEMINISME Stigma (citra negatif) terhadap gerakan feminisme:  anti keluarga  anti lelaki  eksklusif untuk kulit putih  khusus untuk kelas menengah ke atas  lesbianisme

12 feminisme - joice c.siagian.12 FEMINISME Jenis-jenis Gerakan Feminisme:  Feminisme Liberal  Feminisme Radikal  Feminisme Marxis  Feminisme Sosialis

13 feminisme - joice c.siagian.13 FEMINISME Gender dan Periklanan Perempuan dalam representasi iklan, dalam media yang bersegmentasi gender, ada kecenderungan eksploitasi pada:  Tubuh dan daya tarik seksualitas perempuan.  Ketubuhan perempuan.  Stereotip domestikisasi.

14 feminisme - joice c.siagian.14 FEMINISME Gender dan Periklanan Laki-laki dalam representasi iklan, dalam media yang bersegmentasi gender:  Stereotip orientasi laki-laki sebagai sosok dominan di dunia publik.  Stereotip laki-laki sebagai sosok subjek yang dominan.

15 feminisme - joice c.siagian.15 FEMINISME Gender dan Periklanan Estetisisme Iklan dan Sensitivitas Ketidakadilan Gender bagi Perempuan:  Representasi bahasa iklan yang banyak memakai sistem tanda berupa figur perempuan, cenderung bermakna eksploitatif dan diskriminatif.  Figur perempuan digunakan demi daya tarik dan memikat perhatian audiens.


Download ppt "Feminisme - joice c.siagian.1 FEMINISME. feminisme - joice c.siagian.2 FEMINISME FEMINIM (feminine): adalah kategori arbitrer yang diberikan oleh sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google