Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TOPIK 11 GENERASI MEDIA BARU DAN INTERNET. MEDIA BARU Media baru merupakan istilah yang digunakan oleh negara-negara maju sejak tahun 1960-an yang merujuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TOPIK 11 GENERASI MEDIA BARU DAN INTERNET. MEDIA BARU Media baru merupakan istilah yang digunakan oleh negara-negara maju sejak tahun 1960-an yang merujuk."— Transcript presentasi:

1 TOPIK 11 GENERASI MEDIA BARU DAN INTERNET

2 MEDIA BARU Media baru merupakan istilah yang digunakan oleh negara-negara maju sejak tahun 1960-an yang merujuk pada berkembangnya teknologi komunikasi dimana komunikasi tradisional berevolusi akibat meningkatnya inovasi teknologi.

3 REVOLUSI KOMUNIKASI Dua jejak utama sebagai hasil inovasi hasil revolusi komunikasi : Komunikasi Satelit Komunikasi Internet KOMUNIKASI TRADISIONAL KOMUNIKASI DIGITAL

4 DIGITALISASI Memungkinkan segala jenis informasi dalam segala bentuk/format untuk dibawa dan disebarluaskan dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Kapasitas transmisi terus berkembang.

5 MEDIA TRADISIONAL DAN MEDIA BARU Media tradisional memetik keuntungan dari perkembangan teknologi media baru. Media baru menjadi kompetitor baru media tradisional. Media baru mengubah cara berkonsumsi media: MEDIA TRADISIONAL SATU ARAH MEDIA BARUINTERAKTIF

6 INTERNET SEBAGAI MEDIA Internet mengubah komunikan menjadi lebih desentralisasi dibandingkan yang ditawarkan oleh media massa sebelumnya Internet memberikan power bagi audien perorangan untuk dapat menemukan informasi- informasi yang sebelumnya tidak tersedia dan melakukan kontrol terhadap pesan-pesan yang akan masuk

7 INTERNET SEBAGAI MEDIA Internet memberikan model komunikasi “banyak untuk satu” ( ke satu alamat sentral  banyak pengguna yang berinteraksi dengan 1 website dan “banyak untuk banyak” ( , milis). Hampir semua media besar mempunyai versi on-line.

8 8 INTERNET DAN PENGARUHNYA Saat ini internet banyak mempengaruhi/ mentransformasi cara kita hidup sehari-hari, cara kita berpikir, berbicara, bekerja, dll. Dengan internet, kita dapat mengakses berita dengan segera (internet provides instant news) Dengan internet, seseorang dapat menjadi reporter, editor dan publisher. Siapa saja dapat membuat web site atau memasukkan situs berita. Internet tidak memiliki gatekeepers (penyaring informasi). Jadi informasi yang terdapat di internet tidak semuanya akurat dan memiliki kredibilitas. Tidak adanya gatekeeper juga berarti tidak adanya sensor.

9 9 INTERNET DAN PENGARUHNYA The media (internet) shape culture – Internet dan world wide web berpengaruh terhadap pembentukan budaya – Kita dapat mencari informasi, mengeksplorasi dan melihat budaya lain melalui internet The media shape attitudes – Media dapat dapat mempengaruhi cara kita bersikap.

10 10 INTERNET DAN PENGARUHNYA The media shape behavior – Internet mempengaruhi kita dalam berkomunikasi. Alur komunikasi menjadi semakin cepat dan orang-orang dapat memenuhi kebutuhannya dengan segera. – Dengan internet, seseorang dapat meningkatkan dan memperluas kemampuan berkomunikasi – Internet mempengaruhi perilaku/ cara kita bertindak; misalnya dalam menjalin hubungan (relationships), berbahasa (language), interpersonal communication, perilaku sex (sex behavior), dsb.

11 11 INTERNET DAN PENGARUHNYA The media connect us with the global community – Internet menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan penjuru dunia dengan biaya yang cukup murah The media create productive workers – Productive workers atau pekerja yang produktif dapat dikatakan pekerja yang memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer sebagai teknologi untuk mengakses, menyimpan, memproduksi dan menyebarkan informasi.

12 INTERNET DAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Akibat internet, komunikasi internasional tidak lagi dimonopoli oleh negara. Individu dari berbagai belahan dunia dapat mengakses beragam informasi dari belahan dunia lainnya. Sebelum adanya internet, pemerintah dalam satu negara dapat membatasi arus informasi dan memanipulasi berita yang akan disampaikan kepada khalayak.

13 INTERNET DAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Internet menjadi momok bagi pemerintahan di berbagai negara. Internet menjadi suatu tantangan bagi banyak pemerintahan di dunia seperti Cina dan Singapura yang sangat memperhatikan pengendalian arus informasi ke dalam negara mereka.

14 INTERNET DAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Pemerintahan yang berkeinginan untuk mengendalikan konten berbau politik di internet berupaya sangat keras untuk membuat masyarakatnya tetap dapat menikmati kebebasan informasi, namun tetap mengendalikan akses terhadap kebebasan informasi tersebut.

15 UPAYA MEMBATASI ARUS INTERNET Negara-negara yang merasa internet dapat mengancam kesatuan negara, melakukan berbagai cara melalui peraturan-peraturan yang dapat membatasi arus informasi dan isi dari internet kepada pengguna maupun sebaliknya.

16 NEGARA PEMBATAS INTERNET Belarus Burma Cina Kuba Iran Libya Maladewa Nepal Utara Korea Arab Saudi Suriah Tunisia Turkmenistan Uzbekistan

17 TERIMA KASIH


Download ppt "TOPIK 11 GENERASI MEDIA BARU DAN INTERNET. MEDIA BARU Media baru merupakan istilah yang digunakan oleh negara-negara maju sejak tahun 1960-an yang merujuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google