Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Agung Prasetyo 2. Ike Wulandari 3. Mutia Maharani 4. Noviyanti 5. Riski Andre Agustina 6. Ulfa Dwi Anggraini.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Agung Prasetyo 2. Ike Wulandari 3. Mutia Maharani 4. Noviyanti 5. Riski Andre Agustina 6. Ulfa Dwi Anggraini."— Transcript presentasi:

1 1. Agung Prasetyo 2. Ike Wulandari 3. Mutia Maharani 4. Noviyanti 5. Riski Andre Agustina 6. Ulfa Dwi Anggraini

2 A. Diskusi dan Manfaatnya Diskusi adalah suatu metode untuk memecahkan masalah dengan proses berpikir kelompok. Berdiskusi berarti melaksanakan kegiatan berbicara aktif secara terkordinasi dengan aturan-aturan yang dipatuhi oleh anggota kelompok.

3 Untuk mengadakan sebuah diskusi harus dipersiapkan terlebih dahulu unsur-unsur berikut : 1. Unsur manusia, yaitu moderator atau pemimpin diskusi, pembicara, notulis atau sekretaris, dan peserta diskusi. 2. Unsur materi, seperti : topik diskusi atau permasalahan, dan tujuan atau sasaran. 3. Unsur fasilitas, seperti ruangan atau tempat, perlengkapan, misalnya : meja, kursi, papan tulis, dan kertas.

4 Diskusi yang baik akan membawa manfaat yang baik. Manfaat diskusi antara lain : 1. Membiasakan sikap saling menghargai 2. Menanamkan sikap demokrasi 3. Mengembangkan daya berpikir 4. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman 5. Mewujudkan proses kreatif dan analitis 6. Mengembangkan kebebasan pribadi 7. Melatih kemampuan berbicara

5 B. Tugas dan Peranan Unsur Diskusi Setiap unsur-unsur di dalam diskusi memiliki tugas dan peranannya masing-masing. Agar diskusi bisa berjalan dengan lancar maka setiap unsur diskusi harus menjalankan tugas dan peranannya tersebut dengan baik. Tugas unsur-unsur diskusi adalah sebagai berikut : 1. Tugas Moderator/Pemimpin Diskusi a. Menyiapkan pokok masalah yang akan dibicarakan b. Membuka diskusi dan menjelaskan topik diskusi c. Memperkenalkan komponen diskusi terutama pembicara jika ada unsur pembicara/penyaji.

6 2. Tugas Pembicara a. Menyiapkan materi diskusi sesuai topik yang akan dibahas. b. Menyajikan pembahasan materi atau menyampaikan gagasan. c. Menjawab pertanyaan secara objektif dan argumentatif. d. Menjaga agar pertanyaan tetap pada konteks pembicaraan. 3. Tugas Notulis a. Mencatat topik permasalahan. b. Waktu dan tempat diskusi berlangsung. c. Mencatat jumlah peserta. d. Mencatat segala proses yang langsung dalam diskusi.

7 4. Tugas Peserta Diskusi a. Mengikuti tata tertib dan aturan dalam diskusi. b. Mempelajari topik/permasalahan diskusi. c. Mengajukan pertanyaan, pendapat/sanggahan, atau usulan. d. Menunjukkan solidaritas dan partisipasi. e. Bersikap santun dan tidak emosional. f. Memusatkan perhatian. g. Turut serta menjaga kelancaran dan kenyamanan diskusi.

8 C. Menyampaikan Pendapat dan Gagasan dalam Diskusi Saat menyampaikan pendapat atau gagasan di dalam diskusi, gagasan yang akan disampaikan harus sesuai dengan topik yang sedang dibahas. - Pendapat harus bersifat logis, yaitu dapat diterima oleh akal disertai alasan-alasan serta bukti dan fakta-fakta. - Pendapat harus bersifat analitis, maksudnya pendapat disampaikan secara sistematis, teratur, dan mendalam serta tidak berbelit-belit. - Pendapat harus disampaikan secara kreatif, yaitu apa yang disampaikan merupakan hal yang baru dan bernilai tinggi atau berkualitas.

9 D. Menyampaikan Tanggapan dan Sanggahan di dalam Diskusi Dalam setiap diskusi terjadi perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Perbedaan pendapat di dalam diskusi menyebabkan diskusi berkembang asalkan cara menyampaikan perbedaan tersebut dengan sikap yang toleran dan saling menghargai. Sanggahan dapat diungkapkan dengan memerhatikan hal-hal berikut. 1. Menyatakan permohonan maaf terlebih dahulu sebelum menyampaikan sanggahan. 2. Memberikan pujian atau penghargaan terhadap pendapat yang akan ditanggapi. 3. Menyampaikan sanggahan dengan alasan yang masuk akal.

10 E. Mengambil Simpulan dalam Diskusi Tujuan diskusi adalah mencapai hasil berupa kesepakatan terhadap sesuatu atau pemecahan terhadap suatu masalah. Dalam diskusi, simpulan diambil dengan berdasarkan hal-hal berikut. 1. Pendapat yang dapat diterima oleh semua peserta diskusi. 2. Data-data dan fakta yang benar dan dapat diterima kebenarannya oleh peserta diskusi. 3. Segala pendapat atau gagasan yang sama dan sejalan. 4. Simpulan diupayakan merupakan rumusan yang inovatif, solusif, dan implementatif.

11

12

13


Download ppt "1. Agung Prasetyo 2. Ike Wulandari 3. Mutia Maharani 4. Noviyanti 5. Riski Andre Agustina 6. Ulfa Dwi Anggraini."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google