Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEL TEORI SEL Pada tahun 1663 Robert Hooke menemukan sel pada potongan batang gabus, dibawah pengamatan mikroskop model kunonya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEL TEORI SEL Pada tahun 1663 Robert Hooke menemukan sel pada potongan batang gabus, dibawah pengamatan mikroskop model kunonya."— Transcript presentasi:

1

2 SEL

3

4 TEORI SEL Pada tahun 1663 Robert Hooke menemukan sel pada potongan batang gabus, dibawah pengamatan mikroskop model kunonya.

5 Struktur dan Fungsi Bagian Sel Membran Plasma (membran sel)

6 Plasma membran tersusun atas lapisan ganda lipid (lipid bilayer) yang mengndung protein, kolesterol, dan oligosakarida yang berfungsi dalam pembatas selektif terhadap zat yang keluar masuk sel. Lipid pada membran plasma disebut fosfolipid, bagian yang terdiri dari ekor hidrokarbon bersifat hidrofobik (tahan air), sedangkan kepala (polar) bersifat hidrofilik (suka air). Protein pada membran plasma dapat diklasifikasikan ke dalam 2 kelompok: protein integral yang terlihat menembus membran plasma; protein periferal yang berada di permukaan membran.

7 Membran Plasma

8 Nukleus (Inti sel) Nukleus adalah organel yang khusus yang melakukan proses informasi kegiatan sel dan pusat administrasi sel. Nukleus terpisah dari sitoplasma melalui membran ganda yang disebut selubung inti (nuclear envelope) Nukleus merupakan tempat dimana hampir seluruh replikasi DNA dan sintesis RNA terjadi. Nukleus merupakan pusat koordinasi dari aktivitas sel, seperti pertumbuhan sel, sintesis protein dan reproduksi sel.

9 Sitoplasma Sitoplasma adalah bahan yang menyerupai gel yang terletak di dalam membran sel dan di luar nukleus. Sitoplasma terdiri dari sitosol dan organel-organel.

10 Sitoskeleton Di dalam sitosol terdapat sitoskeleton yang mempertahankan bentuk sel, menjaga kekuatan mekanis, dan mengorganisasikan pergerakan sel dan juga pergerakan kromosom pada pembelahan sel. Sitoskeleton terdiri dari tiga kelompok, yaitu; mikrotubulus, mikrofilamen, dan intermediate filamen

11 Mikrotubulus Mikrotubulus berbentuk benang silindris dan kaku. berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai rangka sel. Contoh: organel ini antara lain benang-benang gelendong pembelahan. Selain itu mikrotubulus berguna dalam pembentukan sentriol, flagela, dan silia.

12 Mikrofilamen Mikrofilamen seperti mikrotubulus, tetapi lebih lembut. komponen utamanya yaitu protein aktin dan miosin (seperti pada otot). berperan dalam pergerakan sel.

13 Intermediate Filament Merupakan bagian dari sitoskeleton yang paling stabil Berfungsi untuk melekatkan sel dengan jaringan Contoh; beberapa intermediate filament yang disebut lamin secara struktur melekatkan permukaan dalam membran inti

14 Ribosom Ribosom merupakan organel kecil yang tersusun atas RNA ribosom (rRNA) dan beberapa protein Ribosom terdiri dari dua subunit yang bekerja sama dalam mentranslasi mRNA ke dalam rantai polipeptida selama proses sintesis protein. Ada dua macam ribosom: ribosom yang terdapat bebas di dalam sitoplasma dan ribosom yang melekat di retikulum endoplasma.

15 Retikulum Endoplasma Retikulum endoplasma (RE) adalah organel berkantung yang berperan dalam perakitan, pemrosesan, dan transportasi senyawa kimia yang digunakan di dalam dan di luar sel. RE berhubungan denagn dua-lapis selubung inti, sebagai saluran yang menghubungkan antara nukleus dengan sitoplasma. RE memiliki dua bentuk. Yakni: RE kasar dan RE halus.

16 Aparatus Golgi (Badan Golgi) Golgi adalah organel dengan membran yang berlekuk-lekuk yang mengkonsentrasi dan membungkus protein untuk dikeluarkan ke luar sel. Juga berperan dalam menambahkan pengarahan (jalur) bagi perjalanan akhir protein yang sudah dikemas.

17 Vesikula Vesikula berperan dalam transpor substansi dari satu organel ke organel lainnya

18 Peroxisomes Peroksisom mengandung enzim oksidatif (amino oksidase, asam hidroksi oksidase, dan katalase). Peroksisom juga mengandung racun inaktif Katalase dapat melindungi sel dari pengrusakan oleh hidrogen peroksida. Katalase dapat memecah ikatan hidrogen peroksida menjadi oksigen dan air. Lisosom Mengandung enzim pencernaan yang menghancurkan isi vakuola

19 Mitokondria Mitokondria merupakan pusat energi (power energy) bagi sel dan mengandung mesin molekuler untuk mengkonversi energi. Mitokondria memiliki membran luar yang menyelubungi dan membran dalam (cristae) yang berlekuk sebagai fasilitas dalam transpor enzim. Membran dalam yang menyertakan cairan matriks mengandung kompleks campuran enzim yang dapat larut dan mengkatalisis respirasi asam piruvat dan molekul organik kecil lainnya.

20 Kloroplas Sel yang berperan dalam proses fotosintesis Berbentuk oval dengan dua lapisan semifluida pada lapisan luarnya yang disebut stroma

21 Kloroplas Sel yang berperan dalam proses fotosintesis Berbentuk oval dengan dua lapisan semifluida pada lapisan luarnya

22


Download ppt "SEL TEORI SEL Pada tahun 1663 Robert Hooke menemukan sel pada potongan batang gabus, dibawah pengamatan mikroskop model kunonya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google