Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERKEMBANGAN BELAJAr MASA DeWASA Oleh Nurma Fajar Islami 1301412060.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERKEMBANGAN BELAJAr MASA DeWASA Oleh Nurma Fajar Islami 1301412060."— Transcript presentasi:

1 PERKEMBANGAN BELAJAr MASA DeWASA Oleh Nurma Fajar Islami

2 Dewasa Madya Dewasa Madya Dewasa Akhir Dewasa Akhir Dewasa Awal Dewasa Awal

3  Usia reproduktif  Usia memantapkan letak kedudukan  Usia banyak masalah  Usia ketegangan emosi  Masa keterasingan sosial  Masa komitmen  Masa ketergantungan  Masa perubahan nilai  Masa penyesuaian diri  Masa kreatif

4 Perkembangan Fisik Masa dewasa awal adalah masa dimana seseorang mencapai puncak kemampuan fisik dengan kondisi yang paling sehat. Kemampuan pendengaran mencapai puncak pada masa remaja dan tetap konstan pada permulaan dewasa awal, tetapi mulai mengalami penurunan pada akhir masa dewasa awal.

5 Pada masa dewasa awal terdapat perubahan dari mencari pengetahuan menuju menerapkan pengetahuan, menerapkan apa yang sudah diketahui, khususnya dalam hal penentuan karier dan mempersiapkan diri untuk menghadapi pernikahan dan hidup berkeluarga.

6 Pada masa dewasa awal orang mengalami tahap keintiman versus isolasi. Tugas perkembangan pada masa ini adalah membentuk relasi intim dengan orang lain. bahaya dari tidak tercapainya keintiman selama tahap ini adalah isolasi, yakni kecenderungan menghindari berhubungan secara intim dengan orang lain, kecuali dengan lingkup yang terbatas.

7 Dewasa Madya Dewasa Akhir Dewasa Awal

8 Aspek fisik sudah mulai agak melemah, termasuk fungsi- fungsi alat indra, dan mengalami sakit dengan penyakit tertentu yang belum pernah dialami (rematik, asam urat, dan sebagainnya)

9 Pada tahap ini perkembangan intelektual dewasa sudah mencapai titik akhir puncaknya yang sama dengan perkembangan tahap sebelumnya. Semua hal berikutnya sebenarnya merupakan perluasan, penerapan, dan penghalusan dari pola pemikiran ini. Orang dewasa dalam menyelesaikan masalahnya juga memikirkannya terlebih dahulu secara teoritis. Pada tahap ini perkembangan intelektual dewasa sudah mencapai titik akhir puncaknya yang sama dengan perkembangan tahap sebelumnya. Semua hal berikutnya sebenarnya merupakan perluasan, penerapan, dan penghalusan dari pola pemikiran ini. Orang dewasa dalam menyelesaikan masalahnya juga memikirkannya terlebih dahulu secara teoritis.

10 Pada tahap ini seorang mengalami tahap generativitas atau bisa juga tahap stagnansi, dimana ciri utama tapah generativitas adala perhatian terhadap apa yang dihasilkan serta pembentukan dan penetapan garis-garis pedoman untuk generasi mendatang. Apabila generativitas ini lemah atau tidak diungkapkan, maka kepribadian akan mundur, mengalami pemiskinan dan stagnansi.

11 Dewasa Madya Dewasa Akhir Dewasa Awal

12 Pada masa ini kemampuan fisik semakin melemah, seperti : Cepatnya menurunkan hubungan persyarafan. Lambat dalam merespon dan waktu untuk berfikir. Mengecilnya syaraf panca indera. Berkurangnya penglihatan, hilangnya pendengaran, mengecilnya syaraf pencium & perasa lebih sensitif terhadap perubahan suhu dengan rendahnya ketahanan terhadap dingin.

13 Orang – orang dewasa lanjut kurang mampu mengeluarkan kembali informasi yang telah disimpan dalam ingatannya. Hampir sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa setelah mencapai puncak pada usia antara 45 – 55 tahun, kebanyakan kemampuan seseorang secara terus menerus mengalami penurunan, hal ini juga berlaku pada seorang lansia.

14 Perkembangan psikososial masa dewasa akhir yaitu, intergitas versus keputusasaan. Integritas paling tepat dilukiskan sebagai suatu keadaan yang dicapai seseorang serta setelah berhasil melakukan penyesuaian diri dengan berbagai keberhasilan dan kegagalan dalam kehidupannya. Sedangkan bagi orang tau yang dihantuo perasaan bahwa hidupnya selama ini sama sekali tidak bermakna, maka ia akan merasa putus asa.

15


Download ppt "PERKEMBANGAN BELAJAr MASA DeWASA Oleh Nurma Fajar Islami 1301412060."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google