Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dodi Setiawan Riatmaja

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dodi Setiawan Riatmaja"— Transcript presentasi:

1 Dodi Setiawan Riatmaja

2 Pengambilan keputusan merupakan suatu tugas yang sulit dalam kaitan dengan: ketidak-pastian masa depan konflik nilai-nilai atau hasil tujuan

3  kebijakan diambil dengan cara mengambil beberapa keputusan yang saling terkait dengan masalah yang ada. Pengambilan keputusan dapat diartikan sebagai pemilihan alternatif terbaik dari beberapa pilihan alternatif yang tersedia.

4 Pendekaan struktur pengambilan keputusan dapat membantu membuat keputusan yang terbaik, tetapi tidak dapat menggaransi hasil yang baik. Keputusan yang baik kadang-kadang menghasilkan hasil yang kurang baik.

5 Hasil dari setiap alternatif tindakan dapat ditentukan dimuka dengan pasti. Tujuan : Lebih dari satu tujuan. Lebih dari satu alternatif tindakan Setiap tindakan mempunyai satu atau lebih hasil

6  Kurang pastinya kejadian-kejadian dimasa mendatang, maka kejadian ini digunakan sebagai parameter untuk menentukan keputusan yang akan diambil

7 Pengambilan keputusan dalam ketidakpastian menunjukkan suasana keputusan dimana probabilitas hasil- hasil potensial tidak diketahui (tak diperkirakan).

8 1. Keadaan intern organisasi. 2. Tersedianya informasi yang diperlukan. 3. Keadaan ekstern organisasi. 4. Kepribadian atau kecakapan pengambil keptusan.

9 1. Memperhatikan perbendaan individu. 2. Peranan bagi tukang Pengambilan Keputusan. 3. Kemampuan yang terbatas dalam Pengambilan Keputusan.

10  Keputusan Terprogram  Keputusan Tidak Terprogram

11  Keputusan Terprogram adalah keputusan yang diambil berdasarkan kebiasaan, peraturan, atau prosedur.

12  KEPUTUSAN Tidak Terprogram adalah keputusan untuk menghadapi masalah yang unik dan khusus,

13  Kebiasaan  Pekerjaan rutin tata usaha : prosedur operasional yang baku.  Struktur Organisai: penerapan bersama suatu sistem dari sub sasaran informasi yang dirumuskan dengan baik.  Riset Operasi : Analisis matematis modul. Simulasi Komputer.  Pemrosesan data elektronik.

14  Penilaian, Intuisi dan Kreativitas.  Petunjuk Praktis.  Pemilihan dan Pelatihan eksekutif.  Melatih orang untuk mengambil keputusan.

15  Rumuskan, kaji, dan temukan masalah.  Kembangkan alternatif  Evaluasi alternatif dan pilih yang terbaik.  Laksanakan alternatif yang dipilih, kemudiaan ditindak lanjuti.


Download ppt "Dodi Setiawan Riatmaja"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google