Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Matius 11:28-30. * Matius 11:28-30 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Matius 11:28-30. * Matius 11:28-30 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah."— Transcript presentasi:

1 Matius 11:28-30

2 * Matius 11: :28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

3 KUK - PIKULAN

4

5 Matius 11:29, "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan." TR, αρατε τον ζυγον μου εφ υμας και μαθετε απ εμου οτι πραος ειμι και ταπεινος τη καρδια και ευρησετε αναπαυσιν ταις ψυχαις υμων Interlinear, arate {angkatlah} ton zugon {kuk} mou {Ku} eph {keatas} humas {mu} kai {dan} mathete {belajarlah} ap {dari} emou {Ku} hoti {karena} praos {lemah-lembut} eimi {Aku adalah} kai {dan} tapeinos {yang merendah} tê kardia {dihati} kai {dan} eurêsete {kamu akan beroleh} anapausin {kelegaan/ kesegaran} tais psuchais {bagi jiwa-jiwa} humôn {mu}

6 Kuk Kuk Lemah lembut Lemah lembut Rendah hati Rendah hati

7 Ratapan 3:27 Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanyaRatapan 3:27 Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanya

8 ALIYAH (naik) BEMAH (menghadap mimbar untuk menerima kuk Hukum Taurat)

9

10

11 'ASERET HADEVÂR Ï M – SEPULUH FIRMAN [01] ilah-ilah asing; [02] berhala; [03] nama Allah' [04] Sabat; [05] orang tua; [06] pembunuhan; [07] perzinahan; [08] pencurian; [09] kesaksian palsu; dan [10] ketamakan

12 "MITSVOT" adalah penjabaran dari Taurat Musa, disusun oleh para rabi Yahudi (rabi Rambam dan dimuat dalam Misyneh Torah dan Talmud, traktat Makot) menjadi 613 buah. Jika Sepuluh Firman ('ASERET HADEVÂRÏM) diibaratkan sebagai Undang-undang Dasar, maka Hukum Taurat merupakan Undang-undang (organik), dan "MITSVOT" adalah Peraturan Pemerintah.'ASERET HADEVÂRÏM Ke-613 "MITSVOT" ini terdiri atas 248 "MITSVOT 'ASEH" (perintah) dan 365 "MITSVOT LO TAASEH" (larangan). Angka 248 merupakan jumlah tulang dalam tubuh manusia, dan 365 adalah jumlah hari dalam satu tahun. Reff : vt218.html#424 vt218.html#424

13 1. TENTANG ALLAH, Mitsvot 1 – TENTANG TORAH (HUKUM TAURAT), Mitsvot 11 – TENTANG TANDA DAN LAMBANG, Mitsvot 17 – TENTANG DOA DAN BERKAT, Mitsvot 22 – TENTANG KASIH DAN PERSAUDARAAN, Mitsvot TENTANG ORANG MISKIN DAN YANG KURANG BERUNTUNG, Mitsvot 40 – TENTANG PERLAKUAN TERHADAP BANGSA KAFIR (ORANG NON-YAHUDI), Mitsvot 53 – TENTANG PERNIKAHAN, PERCERAIAN, DAN KELUARGA, Mitsvot 59 – TENTANG HUBUNGAN SEKSUAL YANG TERLARANG, Mitsvot 82 – TENTANG MASA (PERAYAAN) DAN MUSIM, Mitsvot 107 – TENTANG MAKANAN/MINUMAN, Mitsvot 143 – TENTANG PRAKTEK BISNIS, Mitsvot 170 – TENTANG PEKERJA, PELAYAN, DAN BUDAK, Mitsvot 184 – TENTANG SUMPAH DAN NAZAR, Mitsvot 203 – TENTANG PRAKTEK SABAT DAN TAHUN YOBEL, Mitsvot 210 – TENTANG MAHKAMAH DAN PROSEDUR PENGADILAN, Mitsvot 227 – TENTANG LUKA DAN KERUSAKAN, Mitsvot 263 – TENTANG HARTA BENDA DAN HAK ATAS KEPEMILIKAN, Mitsvot 267 – TENTANG HUKUM KRIMINAL, Mitsvot 278 – TENTANG PENGHUKUMAN DAN PENGGANTIAN KERUGIAN (PEMULIHAN), Mitsvot 285 – 308; 21. TENTANG NUBUAT, Mitsvot TENTANG PENYEMBAHAN BERHALA, Mitsvot TENTANG PERTANIAN DAN PETERNAKAN, Mitsvot TENTANG PAKAIAN, Mitsvot TENTANG HEWAN DAN ANAK SULUNG, Mitsvot TENTANG PARA IMAM DAN ORANG LEWI, Mitsvot 372 – TENTANG KORBAN, PERSEPULUHAN, DAN PAJAK, Mitsvot TENTANG BAIT ALLAH, RUANG KUDUS DAN BENDA-BENDA KUDUS, Mitsvot TENTANG KORBAN DAN PERSEMBAHAN, Mitsvot TENTANG HARAM DAN HALAL (NAJIS DAN TAHIR), Mitsvot TENTANG ORANG KUSTA DAN PENYAKIT KUSTA, Mitsvot TENTANG RAJA, Mitsvot TENTANG NAZIR (orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada Tuhan), Mitsvot TENTANG PERANG, Mitsvot

14 * Yakobus 2:10 "Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya."

15 * Galatia 2:16 "Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat."

16 Yesus mereformulasi hukum Taurat yang rumit Artinya, prinsip hukum Taurat tetap dilaksanakan dalam iman kristiani. Tetapi pelaksanaannya telah disempurnakan, dirumuskan ulang, direformulasikan sekaligus direvitalisasikan oleh Tuhan Yesus Kristus.

17 * Roma 10:4 "Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya."

18 Kuk Hukum Kasih * Matius 22: :37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

19 Matius 11:29-30, 11:30 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

20

21 "yang memberi tidak berkewajiban, yang menerima tidak mempunyai hak" Bukan, Konsep imbal-Balik, “kita mendapatkan sesuatu karena melakukan sesuatu”

22 Matius 11:29, "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan." TR, αρατε τον ζυγον μου εφ υμας και μαθετε απ εμου οτι πραος ειμι και ταπεινος τη καρδια και ευρησετε αναπαυσιν ταις ψυχαις υμων Interlinear, arate {angkatlah} ton zugon {kuk} mou {Ku} eph {keatas} humas {mu} kai {dan} mathete {belajarlah} ap {dari} emou {Ku} oti {karena} praos {lemah-lembut} eimi {Aku adalah} kai {dan} tapeinos {yang merendah} tê kardia {dihati} kai {dan} eurêsete {kamu akan beroleh} anapausin {kelegaan/ kesegaran} tais psuchais {bagi jiwa- jiwa} humôn {mu} Matius 11:29, "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan." TR, αρατε τον ζυγον μου εφ υμας και μαθετε απ εμου οτι πραος ειμι και ταπεινος τη καρδια και ευρησετε αναπαυσιν ταις ψυχαις υμων Interlinear, arate {angkatlah} ton zugon {kuk} mou {Ku} eph {keatas} humas {mu} kai {dan} mathete {belajarlah} ap {dari} emou {Ku} oti {karena} praos {lemah-lembut} eimi {Aku adalah} kai {dan} tapeinos {yang merendah} tê kardia {dihati} kai {dan} eurêsete {kamu akan beroleh} anapausin {kelegaan/ kesegaran} tais psuchais {bagi jiwa- jiwa} humôn {mu}

23 Lemah-lembut adalah salah satu sifat dari buah Roh : * Galatia 5: :22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, KJV, But the fruit of the Spirit is love, joy, peace, longsuffering, gentleness, goodness, faith, TR, ο δε καρπος του πνευματος εστιν αγαπη χαρα ειρηνη μακροθυμια χρηστοτης αγαθωσυνη πιστις Interlinear, ho de {tetapi} karpos {buah} tou pneumatos {Roh} estin {adalah} agapê {kasih} chara {sukacita} eirênê {damai-sejahtera} makrothumia {kesabaram} chrêstotês {kemurahan hati} agathôsunê {kebaikan hati} pistis {kesetiaan} 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. KJV, Meekness, temperance: against such there is no law. TR, πραοτης εγκρατεια κατα των τοιουτων ουκ εστιν νομος Interlinear, praotês {kelemah-lembutan} egkrateia {penguasaan diri} kata {nenentang} tôn {hal-hal} toioutôn {demikian} ouk {tidak} estin {ada} nomos {hukum}

24 | | | Murka teramat sangat PRAOTES Tidak marah, dan tidak terkontrol meskipun apa saja yang terjadi Aristoteles mendefinisikan 'praotês' sebagai sikap seseorang yang marah hanya pada saat yang tepat dan tidak pernah marah pada saat yang tidak tepat. Yang paling dapat menjelaskan arti kata 'praotês' adalah kata sifat 'praos' yang dipakai untuk menyebut binatang yang telah dijinakkan dan berada di bawah kendali tuannya. Maka kata 'praotês' menunjuk kepada pengendalian diri kita yang dapat diberikan oleh Kristus saja.

25 * 2 Timotius 2: :22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. 2:23 Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran, 2:24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar 2:25 dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, 2:26 dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.

26 Matius 11:29, "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan." TR, αρατε τον ζυγον μου εφ υμας και μαθετε απ εμου οτι πραος ειμι και ταπεινος τη καρδια και ευρησετε αναπαυσιν ταις ψυχαις υμων Interlinear, arate {angkatlah} ton zugon {kuk} mou {Ku} eph {keatas} humas {mu} kai {dan} mathete {belajarlah} ap {dari} emou {Ku} hoti {karena} praos {lemah-lembut} eimi {Aku adalah} kai {dan} tapeinos {yang merendah} tê kardia {dihati} kai {dan} eurêsete {kamu akan beroleh} anapausin {kelegaan/ kesegaran} tais psukhais {bagi jiwa-jiwa} humôn {mu}

27 Filipi 2:6-8 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, Translit Interlinear, hos {yang} hen {dalam} morphê {rupa/sifat} theou {Allah} huparchôn {walaupun adalah} oukh {tidak} arpagmon {suatu rampasan/ sesuatu yang dipertahankan} êgêsato {menganggap} to {hal} einai {menjadi} hisa {yang setara} theô {dengan Allah} 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Translit Interlinear, all {melainkan} eauton {diriNya sendiri} ekenôsen {telah mengosongkan} morphên {rupa} doulou {seorang hamba} labôn {mengambil} hen {dalam} homoiômati {kesamaan} anthrôpôn {(dengan) manusia} genomenos {menjadi} 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Translit Interlinear, kai {dan} schêmati {dalam wujud} euretheis {ditemui} hôs {sebagai} anthrôpos {manusia} etapeinôsen {ia telah merendahkan} eauton {diriNya} genomenos {menjadi} hupêkoos {taat} mekhri {sampai} thanatou {kematian} thanatou {kematian} de {yaitu} staurou {(di) kayu salib} Filipi 2:6-8 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, Translit Interlinear, hos {yang} hen {dalam} morphê {rupa/sifat} theou {Allah} huparchôn {walaupun adalah} oukh {tidak} arpagmon {suatu rampasan/ sesuatu yang dipertahankan} êgêsato {menganggap} to {hal} einai {menjadi} hisa {yang setara} theô {dengan Allah} 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Translit Interlinear, all {melainkan} eauton {diriNya sendiri} ekenôsen {telah mengosongkan} morphên {rupa} doulou {seorang hamba} labôn {mengambil} hen {dalam} homoiômati {kesamaan} anthrôpôn {(dengan) manusia} genomenos {menjadi} 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Translit Interlinear, kai {dan} schêmati {dalam wujud} euretheis {ditemui} hôs {sebagai} anthrôpos {manusia} etapeinôsen {ia telah merendahkan} eauton {diriNya} genomenos {menjadi} hupêkoos {taat} mekhri {sampai} thanatou {kematian} thanatou {kematian} de {yaitu} staurou {(di) kayu salib}

28 Kenosis Allah yang begitu absolute kuasanya, tinggi, kudus, tak terbatas, kekal dan transenden memasuki dan menjadi bagian dari dunia yang terbatas, fana, rendah, immanen,dst. Allah yang adalah "Super" menjadi "minor"; Dia yang mengatasi segalanya mau terikat dan di bawah aturan dan hukum-hukum alam yang terbatas. "Allah membungkuk begitu rendah, mengosongkan diriNya (kenosis)" merupakan bahasa religius yang revolusioner. Ungkapan ini hanya ada dalam Kristianitas. Allah yang begitu besar yang begitu berbeda dengan mahkluk ciptaan-Nya, telah bersedia datang menjadi serupa dengan ciptaanNya untuk misi penyelamatan umat ciptaanNya Allah yang begitu absolute kuasanya, tinggi, kudus, tak terbatas, kekal dan transenden memasuki dan menjadi bagian dari dunia yang terbatas, fana, rendah, immanen,dst. Allah yang adalah "Super" menjadi "minor"; Dia yang mengatasi segalanya mau terikat dan di bawah aturan dan hukum-hukum alam yang terbatas. "Allah membungkuk begitu rendah, mengosongkan diriNya (kenosis)" merupakan bahasa religius yang revolusioner. Ungkapan ini hanya ada dalam Kristianitas. Allah yang begitu besar yang begitu berbeda dengan mahkluk ciptaan-Nya, telah bersedia datang menjadi serupa dengan ciptaanNya untuk misi penyelamatan umat ciptaanNya

29 KUK HUKUM KASIH

30 Menurut Rabbi Yahudi, sebagaimana dituliskan dalam kitab mereka Pirqe Abbot 3:5, bahwa tenyata Hukum Taurat itu ternyata berat dan membebani, karena sifatnya itu lahiriah/kasat mata (bandingkan dengan Matius 23:4). Tuhan Yesus menyatakan bahwa ahli Taurat dan orang Farisi telah meletakkan beban berat, mempersulit dan menambah hukum-hukum Musa, yang bukan berasal dari Tuhan tetapi dari tradisi rabbinik (salah satu contoh Matius 7:1-3)

31 Tetapi Kuk/halaka (petunjuk moral) yang diberikan Kristus ini enak (easy/ chrêstos), karena sifatnya berbeda dengan Hukum Taurat yang menekankan hal-hal lahiriah yang telah dipahami oleh orang Israel secara turun temurun sebagai tuntutan tradisi yang mengikat. Sedangkan, hukum Kristus yang lazim disebut Hukum Kasih itu merupakan rangkuman dari seluruh Hukum Taurat, dimana Hukum Kasih yang diperkenalkan oleh Tuhan Yesus itu tidak bertentangan dengan Hukum Taurat.

32 Yesus menyatakan sifatnya yang lemah-lembut ‘praos’ dan rendah hati ‘tapeinos tê kardia’ (bandingkan Yesaya 42:2-3; Yesaya 53:6-7) adalah juga memberi pernyataan kepada orang-orang yang letih-lesu & berbeban berat itu untuk datang kepadaNya dan mendapatkan kelegaan, sekaligus mengundang setiap orang untuk belajar kepadaNya. Tetapi secara paradoks meskipun kuk yang diberikanNya itu enak/ easy tetapi tuntutan-tuntutan kuk yang diberikanNya itu mutlak!. Inilah keajaiban undangan Tuhan Yesus itu. Haleluyah!

33 * Roma 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

34


Download ppt "Matius 11:28-30. * Matius 11:28-30 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google