Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENJADI SEORANG PEMIMPIN. "KEPEMIMPINAN ADALAH KAPASITAS UNTUK MENERJEMAHKAN VISI MENJADI KENYATAAN ( JOHN MAXWELL)" ► Seorang pemimpin harus mempunyai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENJADI SEORANG PEMIMPIN. "KEPEMIMPINAN ADALAH KAPASITAS UNTUK MENERJEMAHKAN VISI MENJADI KENYATAAN ( JOHN MAXWELL)" ► Seorang pemimpin harus mempunyai."— Transcript presentasi:

1 MENJADI SEORANG PEMIMPIN

2 "KEPEMIMPINAN ADALAH KAPASITAS UNTUK MENERJEMAHKAN VISI MENJADI KENYATAAN ( JOHN MAXWELL)" ► Seorang pemimpin harus mempunyai visi dan misi yang jelas untuk dapat membawa suatu organisasi pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Pikiran positif dan perkataan positif adalah bagian integral berpikir dan bertindak sebagai pemimpin dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. Seorang pemimpin harus belajar menghadapi ketakutan- ketakutan sehubungan dengan kompetisi, kemampuan pribadi, kemampuan tim dan kelompok. Dengan berbuat demikian seorang pemimpin dapat meningkatkan kwalitas kerja anggota dan dapat mencapai kesuksesan. Memberdayakan pikiran bawah sadar adalah salah satu metode yang dapat membantu seorang pemimpin dalam rangka mewujudkan visi dan misi.

3 Landasan yang harus dimiliki seseorang pemimpin,ialah: 1. Mempunyai visi dan misi yang jelas 2. Memahami cara kerja yang efektif dan efisien 3. Mempunyai pikiran positif 4. Mempunyai perkataan positif 5. Membangun kepercayaan diri

4 1. Visi dan misi Anda tidak mungkin menjadi seorang pemimpin kelompok,organisasi,atau perusahaan yang sejati jika anda tidak memiliki visi dan misi yang jelas. Visi dan misi memiliki kaitan erat dengan pikiran dan perkataan positif,tetapi visi dan misi mencakup upaya untuk mengangkat hal-hal positif ke arah selanjutnya. Visi dan misi sangat penting karena visi dan misi memberikan sesuatu untuk diperjuangkankedepan pandangan yang melampaui situasi organisasi saat ini dan melihat kemasa depan.

5 Mengembangkan visi Untuk mengembangkan visi anda, cobalah hal-hal berikut: ☻M☻M☻M☻Mulailah dengan aspirasi anda. ☻A☻A☻A☻Adakah penelitian pribadi. ☻S☻S☻S☻Sediakan waktu untuk memikirkan organisasi anda. ☻P☻P☻P☻Pikirkan tentang perbaikanyang mungkin dan perlu. ☻P☻P☻P☻Pikir tentang kemampuan kerja. ☻G☻G☻G☻Gunakan intuisi anda.

6 2.Cara kerja efektif dan efisien Dua komponen utama untuk mengukur prestasi kerja (performance) manajemen adalah efesien dan efektivitas. Efesiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sedangkan, efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat. Jadi,seorang pemimpin yang bekerja dengan efektif dan efisien merupakan pemimpin dengan kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan memilih langkah-langkah yang tepat untuk mencapai suatu tujuan.

7 3. Pikiran Positif Langkah penting untuk berfikir positif ialah: a. Uraikan masalah yang ada hingga komponennya yang paling besar dan tangani satu-satu secara terpisah b. Jika anda menganggap sesuatu sebagai hal yang negatif, kajilah alasannya c. Kajilah apa yang dapat anda lakukanuntuk meningkatkan kesempatan anda untuk sukses d. Pandanglah setiap tantanganyang menghalangi jalan anda sebagai kesempatan untuk memperpanjang daftar sukses anda e. Visualisasikan kemenangan anda

8 4. Perkataan positif untuk memproyeksikan keyakinan yang sama terhadap kemampuan anda dan kemampuan kelompok anda,tidak cukup hanya memiliki pikiran positif tetapi perlu juga mengembangkan perkataan positif. Sebagai pemimpin sebuah tim,kelompok atau organisasianda harus belajar mengembangkan dan menggunakan perkataan positif secara teratur. Perkataan positif adalah kunci untuk membantu kelompok anda membayangkan kemenangan.

9 Pikiran Positif dan Perkataan positif Pikiran positif dan perkatan positif adalah bagian integral berfikir dan bertindak sebagai pemimpin. Anda harus belajar menghadapi ketakutan-ketakutan sehubungan dengan kompetisi, kemampuan anda, dan kemampuan tim atau kelompok anda. Hanya dengan berbuat demikian anda mulai mengalami kemenangan dan meningkatkan kualitas kerja tim anda ketingkat yang lebih tinggi. Dengan mengesampingkan ketakutan maka mental seorang pemimpin pun terbentuk. Pikiran Positif dan Perkataan positif Pikiran positif dan perkatan positif adalah bagian integral berfikir dan bertindak sebagai pemimpin. Anda harus belajar menghadapi ketakutan-ketakutan sehubungan dengan kompetisi, kemampuan anda, dan kemampuan tim atau kelompok anda. Hanya dengan berbuat demikian anda mulai mengalami kemenangan dan meningkatkan kualitas kerja tim anda ketingkat yang lebih tinggi. Dengan mengesampingkan ketakutan maka mental seorang pemimpin pun terbentuk.

10 5. Membangun percaya diri Kepercayaan diri akan diperkuat oleh pikiran positif dan proses formulasi anda, kepercayaan diri cenderung merupakan hasil kesuksesan diri yang terukur. Untuk membangun kepercayaan diri mulailah membuat seperti daftar aset dan kesuksesan anda di masa lalu,betapapun kecilnya seperti pendidikan atau pelatihan khusus, kemampuan berkomunikasidengan baik sampai selera humor yang tinggi.

11 Dengan memberdayakan pikiran bawah sadar,seorang pemimpin akan memiliki kekuatan untuk dapat menjalankan kelima unsur tersebut Untuk memberdayakan pikiran bawah sadar hendaknya memperhatikan prinsip –prinsip bahwa pikiran bahwa : Untuk memberdayakan pikiran bawah sadar hendaknya memperhatikan prinsip –prinsip bahwa pikiran bahwa : (a) Sadar dapat mengakses intelegensi tanpa batas, (b) Langsung merespon keinginan kita (c) Bekerja berdasarkan keyakinan (d) Tidak mengenal sistem nilai (e) Tidak dapat membedakan antara impian dan kenyataan (f) Tidak dapat merespon dua hal yang bertentangan (g) Merespon permintaan yang disampaikan berulang-ulang (h) Bekerrja efektif bila diberikan batas waktu (i) Hanya berbicara dalam bahasa positip. Teknik mendayagunakan pikiran bawah sadar : Teknik mendayagunakan pikiran bawah sadar : (a) Relaksasi fisik dan mental (b) Afirmasi yaitu pernyataan pendek dan sederhana yang disampaikan dalam hati atau dengan keras berkali-kali kepada pikiran bawah sadar (c) Visualisasi yaitu membayangkan diri kita menjadi, melakukan dan memiliki yang diinginkan


Download ppt "MENJADI SEORANG PEMIMPIN. "KEPEMIMPINAN ADALAH KAPASITAS UNTUK MENERJEMAHKAN VISI MENJADI KENYATAAN ( JOHN MAXWELL)" ► Seorang pemimpin harus mempunyai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google