Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 DIAGRAM ER dalam Notasi Lain Basis Data. 2 TIU Mengetahui Bentuk Derajat Kardinalitas Relasi minimum dan maksimum yang harus kita sertakan pada pembentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 DIAGRAM ER dalam Notasi Lain Basis Data. 2 TIU Mengetahui Bentuk Derajat Kardinalitas Relasi minimum dan maksimum yang harus kita sertakan pada pembentukan."— Transcript presentasi:

1 1 DIAGRAM ER dalam Notasi Lain Basis Data

2 2 TIU Mengetahui Bentuk Derajat Kardinalitas Relasi minimum dan maksimum yang harus kita sertakan pada pembentukan relasi antar entitas. TIK Mengimplementasikan Hasil Rancangan Basisdata dari Penyajian Bentuk Derajat Kardinalitas Relasi minimum dan maksimum

3 3 Derajat/kardinalitas relasi mewakili hubungan maksimum yang terjadi antara satu entitas terhadap entitas lain. Disamping itu, ada pula yang disebut derajat relasi minimum, yang menunjukkan hubungan minimum yang boleh terjadi dalam sebuah relasi antar entitas.

4 4 Derajat Relasi Minimum-Maksimum

5 Alternative ER Notations Chen IDE1FX (Crows feet notation)

6 6 DOSEN nip Nama alamat Gelar MATAKULIAH KdMK Nama_mk SKS semester ajar ambil MAHASISWA nim nama Tgl_lhr CONTOH (1,1) (0,N)

7 7 Seorang Mahasiswa boleh mengambil banyak matakuliah sekaligus, demikian pula sebaliknya. Tetapi boleh juga seorang mahasiswa tidak mengambil matakuliah satupun (karena cuti misalnya). Sehingga derajat minimum 0 terjadi pada entitas mahasiswa. Satu atau beberapa matakuliah bisa di ambil oleh banyak mahasiswa, dan dapat pula terjadi sebuah matakuliah tidak diikuti oleh mahasiswa manapun (misalnya, karena merupakan matakuliah pilihan), sehingga derajat relasi minimum 0 terjadi pada entitas matakuliah.

8 8 Seorang dosen boleh mengajar banyak matakuliah sekaligus, tetapi bisa juga belum/tidak mengajar satu matakuliahpun. Derajat relasi minimum 0 pada entitas matakuliah. Setiap matakuliah hanya boleh di ajarkan oleh seorang dosen dan tidak boleh ada matakuliah yang belum/tidak di tentukan siapa dosennya. Derajat relasi minimum 1 pada entitas dosen.

9 9 Tahap pembuatan Diagram ER awal  Menentukan entitas yang terlibat.  Menentukan atribut-atribut dari masing-masing entitas beserta primary-key nya.  Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh himpunan relasi di antara himpunan entitas- himpunan entitas yang ada.  Menentukan derajat/kardinalitas dan modalitas relasi untuk setiap himpunan relasi.  Melengkapi himpunan entitas dan himpunan relasi dengan atribut foreign-key beserta atribut-atribut deskriptif (non key).

10 10 Tahap Optimasi ER-Diagram (Final Design) Melakukan koreksi terhadap hasil tahap pertama:  Melakukan dekomposisi entitas,  Penggabungan entitas,  Pengubahan derajat relasi,  Penambahan relasi baru, dan  Perubahan atribut.

11 11 Bagaimana melakukan koreksi ?  Kembali melihat sumber-sumber informasi : Form, Report, Hasil interview dengan user dan pemilik sistem. Data dan informasi yang dikumpulkan (Requirement) Dan lain lain.  Memastikan bahwa semua struktur dalam ERD yang telah dibuat telah memenuhi kebutuhan (requirement) sistem.

12 12 Problem Database Kontraktor Sebuah perusahaan memiliki beberapa departemen. Setiap departemen dikepalai oleh seorang manajer dan Departemen setidaknya memiliki satu atau lebih pegawai. Perusahaan ini memiliki pegawai tetap dan pegawai harian untuk menangani dan menyelesaikan beberapa proyek. Satu pegawai bekerja hanya di satu departemen. seorang pegawai bisa mengerjakan beberapa proyek sesuai dengan penugasan, kecuali pegawai yang sedang cuti tidak mengerjakan satupun proyek. Tanggal pegawai mulai bekerja pada satu proyek juga harus dimasukkan. Satu proyek minimal melibatkan satu pegawai.

13 13 Data keluarga pegawai juga dimasukkan untuk keperluan tertentu. Data tersebut : nama, status. Dengan ketentuan : satu pegawai bisa memiliki Nol atau lebih keluarga, dan satu keluarga hanya memiliki satu anggota keluarga yang bekerja sebagai pegawai. Beberapa data penting yang dibutuhkan adalah nama departemen, nama dan lokasi proyek, nama manajer dan daftar pegawai.

14 14 Beberapa hal yang ditemukan :  Penggabungan entitas Manajer dengan Pegawai, karena : Manajer juga termasuk pegawai Entitas Pegawai dengan Manajer memiliki jenis/tipe atribut yang sama. Entitas Pegawai dengan Manajer sama- sama memiliki relasi dengan entitas Departemen.

15 15  Pada data Pegawai tetap : Memiliki NIP Memiliki data keluarga (OrTu | Suami | Istri | Anak)  Pada data pegawai kontrak : Tidak memiliki NIP Ada masa kontrak, merupakan atribut komposit, masih dapat diuraikan lagi menjadi tanggal_mulai_kontrak dan tanggal_akhir_kontrak Ada nilai kontrak  Dekomposisi entitas Pegawai menjadi dua, yaitu : Pegawai tetap dan Pegawai Kontrak.

16 16 Proyek Pegawai Departemen mengepalai kerja memiliki Id_dep Nm_dep Kd_Pry Nm_Pry Lks_Pry NIP (1,1) (1,n) (0,n) Tgl_kerja Keluarga memiliki Nm_kelstatus (0,1) (1,1) Pegawai Tetap Pegawai Kontrak Alm_Peg Jabatan Tgl_Lhr_Peg Kd_Peg Nm_Peg (1,1) Nilai_kontrak Tgl_awalTgl_akhir masakontrak

17 17 Implementasi Ke Bentuk Tabel TABEL PEGAWAI TABEL PEGAWAI KONTRAK

18 18 TABEL PEGAWAI TETAP TABEL TANGGUNGAN PEGAWAI TETAP TABEL DEPARTEMENT

19 19 Implementasi Ke Bentuk Tabel TABEL PROYEK TABEL KERJA PEGAWAI-PROYEK

20 20 MAHASISWA MATAKULIAH JURUSAN DOSEN daftar ajar punya senangi ambil miliki RUANG HOBY ORANG TUA

21 21 Kelompokfilm jenis harga_sewa Film kode_film judul jml_film jml_keping dikelompokkan Customer no_identitas jenis_identitas namaalamat menyewa tgl_sewatotal_film total_harga denda tgl_kembali kode_sewa

22 22 ANGGOTA BUKU PETUGAS pinjam mendata

23 Figure 7.29


Download ppt "1 DIAGRAM ER dalam Notasi Lain Basis Data. 2 TIU Mengetahui Bentuk Derajat Kardinalitas Relasi minimum dan maksimum yang harus kita sertakan pada pembentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google