Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute). Definisi Islam secara Bahasa Berasal dari kata ‘salm’ yang berarti damai Berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute). Definisi Islam secara Bahasa Berasal dari kata ‘salm’ yang berarti damai Berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti."— Transcript presentasi:

1 Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)

2 Definisi Islam secara Bahasa Berasal dari kata ‘salm’ yang berarti damai Berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti menyerah atau berserah diri Berasal dari kata ‘saliim’ yang berarti suci dan bersih Berasal dari kata ‘salam’ yang berarti selamat dan sejahtera

3 Definisi Islam secara Istilah Islam adalah ketundukan kepada wahyu Illahi yang diturunkan kepada para nabi dan rasul, khususnya Nabi Muhammad SAW, sebagai pedoman hidup dan juga sebagai hukum atau aturan Allah SWT yang membimbing umat manusia ke jalan yang lurus, menuju kebahagiaan dunia akhirat.

4 Islam sebagai pedoman hidup yang sempurna 1. Islam Mencakup seluruh dimensi waktu : Artinya bahwa Islam bukanlah suatu agama yang diperuntukkan untuk umat manusia pada masa waktu tertentu. Namun Islam merupakan pedoman hidup yang abadi, hingga akhir zaman. 2. Islam mencakup seluruh dimensi ruang : Maknanya adalah bahwa Islam merupakan pedoman hidup yang tidak dibatasi oleh batasan-batasan geografis tertentu. Namun Islam merupakan agama yang disyariatkan untuk seluruh umat manusia di seluruh dunia. 3. Islam mencakup semua sisi kehidupan manusia seperti Aqidah, Ibadah, Akhlaq, ekonomi, politik, sosial, pendidikan,dll.

5 Karakteristik Islam Rabbaniyah : Karakter pertama dinul Islam, adalah bahwa Islam merupakan agama yang bersifat rabbaniyah, yaitu bahwa sumber ajaran Islam adalah Allah SWT, yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW, baik melalui Al-Qur’an maupun sunnah. Syumuliyah atau Universal : Artinya bahwa karakteristik Islam adalah bahwa Islam merupakan agama yang universal yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Menyentuh segenap dimensi, seperti politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan dsb. Tawazun atau seimbang : Artinya Islam memperhatikan aspek keseimbangan dalam segala hal; antara dunia dan akhirat, antara fisik manusia dengan akal dan hatinya serta antara spiritual dengan material, dsb. Insaniyah : Islam memang Allah jadikan pedoman hidup bagi manusia yang sesuai dengan sifat dan unsur kemanusiaan. Al-Adalah atau keadilan : Islam merupakan agama keadilan, yang memiliki konsep keadilan bagi alam semesta.

6 Sumber Bacaan : tul-islam-bagian-ke-3-karakteristik- islam/#ixzz2QcRvc0Gc tul-islam-bagian-ke-3-karakteristik- islam/#ixzz2QcRvc0Gc Said Hawwa, Al-Islam Kurikulum Tarbiyah Partai Keadilan Sejahtera


Download ppt "Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute). Definisi Islam secara Bahasa Berasal dari kata ‘salm’ yang berarti damai Berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google