Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul Billing System Paradigma Pelayanan Puskesmas: Layanan Puskesmas yang Prima.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul Billing System Paradigma Pelayanan Puskesmas: Layanan Puskesmas yang Prima."— Transcript presentasi:

1 Modul Billing System Paradigma Pelayanan Puskesmas: Layanan Puskesmas yang Prima

2 Permasalahan : Faktor yang mempengaruhi biaya kesehatan, diantaranya : 1.perkembangan teknologi kesehatan dan kedokteran, 2.pola pembiayaan, 3.subsidi pemerintah, dan 4.inflasi di bidang kesehatan yang melebihi sektor lain.

3 Solusi Layanan kesehatan yang didukung oleh manajemen sistem informasi yg baik untuk pengelolaan data untuk: 1.laporan keuangan pendapatan harian; 2.laporan keuangan pendapatan bulanan; 3.laporan pendapatan berdasar tanggal, bulan dan tahun. Untuk mencapai target Plan of Action Puskesmas

4 Level Pengguna : Admin : operator billing system

5 Use Case

6 Saran Pengembangan Lebih Lanjut 1.Penyelarasan tarif disesusaikan dengan mekanisme penentuan tarif dan unit cost dengan memperhatikan peraturan daerah, petunjuk operasional departemen kesehatan dan landasan hukum yang terkait dengan puskesmas. 2.Identifikasi kebutuhan data yang lebih menyeluruh. 3.Implementasi pendataan pasien yang lebih lengkap ( data obat, data pasien, data penyakit,data inventaris). 4.Penerapan smart-card pada pengelolaan database pasien. 5.Penerapan e-puskesmas yang terintegrasi dengan data kependudukan. 6.Implementasi praktek akutansi yang lebih baik sehingga mendukung ketersediaan informasi kondisi keuangan puskesmas pada semua lini.

7 Penutup Layanan kesehatan yang mengedepankan empati dan simpati dan dengan memperhatikan tertib administrasi.


Download ppt "Modul Billing System Paradigma Pelayanan Puskesmas: Layanan Puskesmas yang Prima."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google