Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN Created By: KELOMPOK 4 -Rizqoh Ardiansyah 110231100053 - Bernica Putri Septhani 110231100054 - Agustina Yuliyantini 110231100055.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN Created By: KELOMPOK 4 -Rizqoh Ardiansyah 110231100053 - Bernica Putri Septhani 110231100054 - Agustina Yuliyantini 110231100055."— Transcript presentasi:

1 KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN Created By: KELOMPOK 4 -Rizqoh Ardiansyah Bernica Putri Septhani Agustina Yuliyantini Warizatul Nawiyah Arif Maulana Adi Kusuma Selvi Oktaviana Utami

2 P ENGERTIAN K EBIJAKAN K EPENDUDUKAN  Kebijakan Kependudukan adalah kebijakan yang ditujukan untuk mempengaruhi besar, komposisi, distribusi dan tingkat perkembangan penduduk.  Sedangkan DR. Elibu Bergman (Harvard university) Mendefinisikan kebijakan penduduk sebagai tindakan-tindakan pemerintah untuk mencapai suatu tujuan dimana didalamnya termasuk pengaruh dan karakteristik penduduk.

3  PBB mendefinisikan kebijaksanaan kependudukan adalah tindakan dan program yang disusun untuk membantu tercapainya tujuan-tujuan ekonomi, sosial, demografi, politik dan tujuan umum lainnya.

4 T UJUAN K EBIJAKAN K EPENDUDUKAN  Melindungi kepentingan dan mengembangkan kesejahteraan penduduk itu sendiri terutama generasi yang akan datang.  Memberikan kemungkinan bagi setiap orang untuk memperoleh kebebasan lebih besar untuk menentukan yang terbaik bagi kesejahteraan diri dan keluarganya.  Kebijaksanaan harus diarahkan untuk peningkatan kualitas hidup penduduk.

5 A DA BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENENTUAN KEBIJAKAN PENDUDUK, YAITU :  Kualitas penduduk  Stabilitas sumber kehidupan penduduk  kelangsungan adanya lapangan kerja  Standar kehidupan yang baik

6 K EBIJAKAN KEPENDUDUKAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI TIGA KOMPONEN PERKEMBANGAN PENDUDUK YAITU :  Kelahiran (fertilitas)  Kematian (mortalitas)  Perpindahan penduduk (migrasi)

7 U SAHA PENGURANGAN KELAHIRAN DITEMPUH MELALUI USAHA SECARA TAK LANGSUNG BERUPA :  Persebaran penduduk, migrasi dan urbanisasi.  Kegiatan penelitian, pengkajian serta pengembangan dalam upaya pembangunan kualitas penduduk.  Pendidikan kependudukan.  Peningkatan efektivitas dan efisiensi pelaksana.

8 U SAHA PENGURANGAN KEMATIAN DAPAT DITEMPUH SEBAGAI BERIKUT :  Bidang Kesehatan  Pangan dan gizi  Pendidikan  Perumahan  Penyediaan air bersih dan kesehatan lingkungan

9 F UNGSI DARI TRANSMIGRASI ADALAH :  Transmigrasi merupakan cara untuk menyebarkan dan memeratakan penduduk,  Fungsi ekonomis, pemanfaatan sumber-sumber ekonomi di luar daerah,  Fungsi pengatur keseimbangan antara kependudukan dan lingkungan hidup,  Fungsi pembinaan bangsa, pembauran masyarakat antar suku,  Fungsi pertahanan dan keamanan nasional.

10 P ROGRAM - PROGRAM KEBIJAKAN YANG DISUSUN UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT ADALAH :  Meningkatkan program keluarga berencana sehingga dapat melembaga dalam masyarakat. Termasuk semua program pendukung bagi keberhasilannya seperti peningkatan mutu pendidikan, peningkatan umur menikah pertama, peningkatan status wanita.  Meningkatkan dan menyebarluaskan program pendidikan kependudukan.  Merangsang terciptanya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.  Meningkatkan program transmigrasi secara teratur dan nyata.  Mengatur perpindahan penduduk dari desa ke kota secara lebih komprehensif di dalam perencanaan pembangunan secara menyeluruh.  Mengatasi masalah tenaga kerja.  Meningkatkan pembinaan dan pengamanan lingkungan hidup.

11


Download ppt "KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN Created By: KELOMPOK 4 -Rizqoh Ardiansyah 110231100053 - Bernica Putri Septhani 110231100054 - Agustina Yuliyantini 110231100055."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google