Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Dica Wahyu Nugroho (12320051) 2. Hilda Ayu Nursanti (12320069) 3. Wakhyu Junita Wulansari (12320087) 4. Lutfinathul Fitri (12320089)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Dica Wahyu Nugroho (12320051) 2. Hilda Ayu Nursanti (12320069) 3. Wakhyu Junita Wulansari (12320087) 4. Lutfinathul Fitri (12320089)"— Transcript presentasi:

1 1. Dica Wahyu Nugroho ( ) 2. Hilda Ayu Nursanti ( ) 3. Wakhyu Junita Wulansari ( ) 4. Lutfinathul Fitri ( )

2 SUMBER DAYA ALAM TERBARUKAN  Tujuan: a.Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam (SDA) b.Mengetahui klasifikasi Sumber Daya Alam c.Memahami Sumber Daya Alam Terbarukan

3 Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati disebut juga sumber daya alam biotik yaitu semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) berupa makhluk hidup. Sedangkan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam abiotik adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia berupa benda mati.

4 Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui a) Sungai Kegiatan pemanfaatan sungai yang berlangsung selama ini sebagian besar masih dilakukan dengan cara yang kurang memperhatikan kelestarian dan kepentingan umum. Hal ini ditandai dengan kondisi-kondisi yang salah satunya ialah hilangnya sebagian besar tumbuhan penutup di daerah aliran sungai bagian hulu, sehingga memengaruhi daya resap lahan dan meningkatkan erosi (Puslit, 2002: 3). Menurut Puslit Sumber daya Air (2002: 3) sungai sebagai sumber air yang mempunyai sejumlah potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia.

5 Manfaat sungai sebagai sumber air di antaranya adalah : a.Sebagai sumber penghidupan dan kehidupan, air dibutuhkan manusia. Oleh karena itu, tumbuhlah pemukiman di sekitar sungai. b.Sungai juga dapat dijadikan sarana transportasi untuk mendukung mobilitas manusia. c.Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya, seperti ikan. d.Sungai berfungsi untuk mengairi pertanian (irigasi).

6 b) Waduk atau Danau Selain sungai, keberadaan waduk dan danau merupakan potensi dari sumberdaya air yang memberikan manfaat bagi kelangsungan manusia. Danau terbentuk secara alamiah oleh proses geologi, baik tektonisme maupun vulkanisme, sedangkan waduk merupakan buatan manusia dengan membuat tanggul atau bendungan sehingga air sungai naik dan menggenangi daerah sekitar yang memiliki ketinggian yang sama (Darsiharjo, 2005:109).

7 Manfaat dari danau atau waduk bagi kepentingan manusia ialah sebagai berikut. 1)Danau/waduk berfungsi sebagai tempat rekreasi alam, seperti Danau Toba, Situ Patenggang Jabar. 2)Danau/waduk berfungsi untuk mengairi irigasi,seperti waduk Jatiluhur, Saguling, dan Cirata. 3) Danau/waduk berfungsi sebagai PLTA, seperti Jatiluhur, Cirata dan Saguling.

8 c) Laut Laut merupakan sumberdaya air yang apabila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, akan memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Manfaat laut bagi kepentingan manusia : 1)Sebagai rumput laut untuk bahan makanan, obatobatan, dan bahan kosmetik. 2) Tempat objek wisata bahari. 3) Sumber protein hewani, seperti ikan laut, kerang. 4) Sebagai transportasi antarpulau. 5) Gelombang dan arusnya dapat didayagunakanuntuk tenaga listrik.

9 d) Sinar Matahari, Suhu dan Angin Sinar matahari, angin, dan suhu merupakan sekelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena dapat dimanfaatkan dan menghasilkan secara terus- menerus. Manfaat sinar matahari anatar lain : 1) Memberikan vitamin E bagi tubuh, 2) Membantu proses fotosintesis bagi tumbuhan. 3)Sinar matahari dapat pula dijadikanbahan energi pembangkit tenaga surya 4)Sebagai alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

10 KESIMPULAN Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam dapat diklasifikasikan berdasarkan sumbernya, persebarannya, tujuannya, serta berdasarkan cara pengelolaan dan pemanfaatannya. Berdasarkan sumbernya : Sumber daya alam hayati (biotik) Sumber daya alam abiotik (anorganik) Berdasarkan persebarannya: Sumber daya alam yang terdapat dimana-mana. Sumber daya alam yang hanya dapat ditemukan di daerah tertentu saja.

11 Berdasarkan tujuannya: Sumber daya alam bahan industry Sumber daya alam bahan pangan Sumber daya alam bahan sandang Berdasarkan cara pengelolaan dan pemanfaatannya : Sumber daya alam yang dapat diperbarui Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

12 Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam setelah dimanfaatkan dapat dipulihkan kembali secara alamiah ataupun melalui budidaya manusia. Sumber daya yang dapat diperbarui meliputi pemanfaatan sumber daya nabati dan sumber daya hewani. Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui: Sungai Waduk dan Danau, Laut Sinar matahari, suhu dan angin

13 DAFTAR PUSTAKA Darsiharjo Sumber Daya Alam. Hal:109 Ibrahim, Muslimin Ilmu Alamiah Dasar. Puslit Sumber Daya Air. Hal:3

14


Download ppt "1. Dica Wahyu Nugroho (12320051) 2. Hilda Ayu Nursanti (12320069) 3. Wakhyu Junita Wulansari (12320087) 4. Lutfinathul Fitri (12320089)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google