Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAK SIPIL DAN KEBEBASAN. Kunci Jawaban HAK SIPIL DAN KEBEBASAN HAK BEBAS DARI PENYIKSAAN DAN PENGHUKUMAN LAIN YANG KEJAM, TIDAK MANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAK SIPIL DAN KEBEBASAN. Kunci Jawaban HAK SIPIL DAN KEBEBASAN HAK BEBAS DARI PENYIKSAAN DAN PENGHUKUMAN LAIN YANG KEJAM, TIDAK MANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN."— Transcript presentasi:

1 HAK SIPIL DAN KEBEBASAN

2 Kunci Jawaban HAK SIPIL DAN KEBEBASAN HAK BEBAS DARI PENYIKSAAN DAN PENGHUKUMAN LAIN YANG KEJAM, TIDAK MANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN MARTABAT MANUSIA Setiap anak harus diperlakukan secara manusiawi tanpa kekerasan sedikitpun, termasuk ketika anak berhadapan dengan hukum. HAK ATAS IDENTITAS Memastikan semua anak tercatat dan memiliki Kutipan Akta Kelahiran. Negara bertanggung jawab menjamin penyelenggaraan pembuatan akta kelahiran secara gratis. HAK BEREKSPRESI DAN MENGELUARKAN PENDAPAT Setiap anak berhak mengemukakan pendapat dan memperoleh ruang untuk mengeluarkan pendapat atau berekspresi secara merdeka sesuai keinginannya. HAK BERPIKIR, BERHATI NURANI DAN BERAGAMA Anak memperoleh ruang untuk menjalankan keyakinannya secara damai dengan tetap mengakui hak orang tua dalam memberikan pembinaan.

3 HAK AKSES INFORMASI YANG LAYAK Anak berhak atas informasi yang layak dan negara menjamin penyedia informasi mematuhi ketentuan tentang kriteria kelayakan informasi bagi anak. HAK ATAS PERLINDUNGAN KEHIDUPAN PRIBADI Seorang anak tidak boleh diganggu kehidupan pribadinya, atau diekspos ke publik tanpa ijin dari anak tersebut karena akan mengganggu tumbuh kembangnya. HAK BERORGANISASI DAN BERKUMPUL SECARA DAMAI Anak bisa berkumpul secara damai dan membentuk organisasi yang sesuai bagi mereka. HAK PERLINDUNGAN IDENTITAS Negara memastikan adanya sistem untuk pencegahan berbagai tindak kejahatan terhadap anak, seperti perdagangan orang, adopsi ilegal, manipulasi usia, atau manipulasi nama, dan menjamin hak prioritas anak untuk dibesarkan oleh orang tuanya sendiri.

4 hak atas nama, kewarganegaraan, mengeluarkan pendapat, beragama, berkumpul, memperoleh informasi, dan hak untuk tidak menerima siksaan/perlakuan tidak manusiawi. 4 HAK SIPIL DAN KEBEBASAN

5 Contoh : – Kepemilikan akte lahir – Ketersediaan fasilitas informasi layak anak – Adanya forum anak 5 HAK SIPIL DAN KEBEBASAN

6 Pertanyaan-pertanyaan Untuk Analisa  Jelaskan masalah dalam kasus tersebut (1 – 2 kalimat)  Kondisi ideal (yang seharusnya terjadi) berdasarkan HAK SIPIL DAN KEBEBASAN (2 – 3 kalimat)  Alasan mengapa kondisi ideal (poin b) tidak dapat tercapai (3 – 4 kalimat)


Download ppt "HAK SIPIL DAN KEBEBASAN. Kunci Jawaban HAK SIPIL DAN KEBEBASAN HAK BEBAS DARI PENYIKSAAN DAN PENGHUKUMAN LAIN YANG KEJAM, TIDAK MANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google