Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)"— Transcript presentasi:

1 Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)

2  Jaman ini dibagi menjadi 2 jaman, yaitu jaman Kofun (250 M – 550 M) dan jaman Asuka (550 M – 710 M).  Pemberian nama Yamato didasarkan atas daerah kekuasaan negeri Yamato. Daerahnya meliputi Honshu bagian selatan dan Kyushu bagian utara.  Negara dipimpin oleh seorang kaisar tapi yang menjalankan roda pemerintahan adalah para kepala klan ( gozōku 豪族 ), yang merupakan pembantu kaisar.

3  Klan keluarga yang ada pada masa itu: - klan Mononobe - klan Otomo - klan Soga - klan Nakatomi  Terdapat sistem pembagian kerja klan, disebut Shisei Seido ( 氏姓制度 ).

4  Tahun 593 Shōtoku Taishi ( 聖徳太子 ) diangkat menjadi sesshō ( 摂政 ) atau penasehat bagi Suiko Tennō.  Tahun 604 disusun Konstitusi 17 Pasal ( juushichijō kempō 十七条憲法 ) yang disusun oleh Shotoku Taishi. Isinya antara lain: - harus menghormati agama Budha - keluhan rakyat harus diperhatikan dan mendapat penyelesaian yang adil - petani harus diperlakukan dengan baik

5  Reformasi Taika (646 – 702) Suatu gerakan pembaharuan di bidang politik dan sosial. Tokoh pergerakan ini adalah Naka no Oe dan Fujiwara Kamatari. Poin-poin penting yang terjadi pada reformasi ini adalah: - disitanya tanah-tanah milik gōzoku dan dikembalikan ke negara dan dibagikan kepada rakyat ( kōchi kōminsei 公地公民製 ) - penataan pemerintah daerah yang dibagi menjadi, kuni (propinsi), gun/kōri (distrik), ri (desa)

6 - pembuatan surat daftar keluarga ( koseki ) dan buku laporan kepala keluarga ( keichō ) untuk keperluan jatah tanah pertanian  Orang yang dianggap benar-benar berjasa dalam melaksanakan ide reformasi Taika adalah Kaisar Tenmu, setelah ia meresmikan kitab undang-undang Ritsuryō. - Ritsu adalah kitab undang-undang hukum pidana (6 kitab) - Ryō terdiri dari hukum tatanegara dan hukum sipil (11 kitab)

7 JAMAN KOFUN ( 古墳時代 )  Nama Kofun berasal dari nama makam kaisar atau bangsawan dengan tanah yang dibuat membukit, yang menempati lokasi berbentuk perpaduan lingkaran dan persegi empat seperti lubang kunci.  Pada masa ini sistem pertanian berkembang dengan pesat.

8 JAMAN ASUKA ( 飛鳥時代 )  Agama Budha berkembang dengan pesat pada masa ini, karena mendapat dukungan dari Shotoku Taishi.  Pada masa ini mulai disusun Kojiki dan Nihonshoki/Nihongi yang selesai penulisannya pada abad ke-7.  Nama negara yang awalnya Yamato diganti menjadi Nihon atau Nippon.

9 PENINGGALAN  Kuburan kuno ( kofun ) Kuburan ini diperuntukkan bagi keluarga tenno atau keluarga terkemuka. Kuburan tenno disebut Misasagi.

10  Haniwa Barang-barang yang terbuat dari tanah liat yang ditempatkan dengan teratur di dalam kofun. Bentuknya bermacam-macam, ada yang menyerupai manusia, binatang peliharaan, perabot rumah tangga, dan perkakas.

11  Kuil Horyūji Merupakan kuil Budha dengan struktur dari kayu tertua yang ada di Jepang.


Download ppt "Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google