Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KERAJAAN- KERAJAAN ISLAM di INDONESIA KELOMPOK 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KERAJAAN- KERAJAAN ISLAM di INDONESIA KELOMPOK 1."— Transcript presentasi:

1

2 KERAJAAN- KERAJAAN ISLAM di INDONESIA KELOMPOK 1

3 Kelompok 1 Agustina S Diana Pitriani Eka Putra Rahayu Dwi Putri Yulia Ebigael S

4 KERAJAAN SAMUDERA PASAI

5 Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan pertama di Indonesia yang menganut agama Islam. Kerajaan Samudera Pasai terletak di daerah pantai timur Pulau Sumatera bagian utara yang berdekatan dengan jalur pelayaran perdagangan Internasional, yaitu Selat Malaka. Kerajaan Samudera Pasai sangat berkembang, didukung oleh hasil bumi seperti lada dan juga dijadikan sebagai bandar transito.

6 B. Kehidupan Politik B. Kehidupan Politik Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Samudera Pasai : 1. N azimuddin A l Kamil 2. S ultan Malikul S aleh 3. S ultan Malikul T hahir

7 Tujuan dibuatnya bandar-bandar pada Kerajaan Samudera Pasai :  Menambah perbekalan untuk pelayaran selanjutnya,  Mengurus masalah perkapalan,  Mengumpulkan barang dagangan yang akan dikirim ke luar negeri,  Menyimpan barang dagangan sebelum di antar ke beberapa daerah di Indonesia.

8 D. Kehidupan Sosial Kehidupan sosial masyarakat Samudera Pasai di atur menurut aturan- aturan dan hukum-hukum Islam. Dalam pelaksanaannya, banyak terdapat persamaan dengan kehidupan sosial di negeri Mesir maupun Arab.

9

10 A. Letak Kerajaan Kerajaan Malaka terletak di Pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka.

11 B. Kehidupan Politik Raja yang pernah memerintah adalah : a. Iskandar Syah b. Muhammad Iskandar Syah c. Mudzafat Syah d. Sultan Mansyur Syah e. Sultan Alaudin Syah f. Sultan Mahmud Syah

12

13 D. Kehidupan Sosial dan Budaya Sebagai masyarakat yang hidup dari dunia maritim, sudah jelas hubungan sosialnya sangatlah kurang bahkan cendrung individualisme. Dalam perkembangan seni sastra Melayu muncul beberapa hasil karya sastra yang menggambarkan kepahlawanan dan keperkasaan tokoh- tokoh pendamping kerajaan Malaka.

14 KERAJAAN ACEH

15 Kerajaan Aceh terletak di Pulau Sumatera bagian utara.

16 B. Kehidupan Politik Raja yang memerintah : 1. Sultan Ali Mughayat Syah 2. Sultan Salahudin 3. Sultan Alauddin Riayat Syah Al-Kahar 4. Sultan Iskandar muda 5. Sultan Iskandar Thani

17

18 D. Kehidupan Sosial dan Budaya D. Kehidupan Sosial dan Budaya Meningkatnya kemakmuran telah menyebabkan berkembangnya sistem feodalis dan ajaran agama Islam di Aceh. Kaum bangsawan yang memegang kekekuasaan dalam pemerintahan sipil disebut golongan Teuku, sedangkan kaum ulama yang memegang peranan penting dalam agama disebut golongan Teungku. Sayang antara kedua golongan tersebut terjadi persaingan sehingga melemahkan Aceh.

19 Kejayaan yang dialami oleh Kerajaan Aceh tidak banyak diketahui dalam bidang kebudayaan. Hanya saja perkembangan kebudayaan yang terlihat nyata seperti bangunan Masjid Baiturrahman yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

20


Download ppt "KERAJAAN- KERAJAAN ISLAM di INDONESIA KELOMPOK 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google