Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENDALIAN PERTEMUAN 14. Pengendalian Manjemen (management control), proses yang dilakukan oleh manajer untuk dapat memastikan bahwa aktivitas yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENDALIAN PERTEMUAN 14. Pengendalian Manjemen (management control), proses yang dilakukan oleh manajer untuk dapat memastikan bahwa aktivitas yang."— Transcript presentasi:

1 PENGENDALIAN PERTEMUAN 14

2 Pengendalian Manjemen (management control), proses yang dilakukan oleh manajer untuk dapat memastikan bahwa aktivitas yang aktual sesuai dengan yang direncanakan.

3 Pengendalian Manajemen (Robert J. Mockler), usaha sistematis untuk menetapkan standar prestasi (performance standar) dengan perencanan sasarannya guna mendisain sistem informasi umpan balik, membandingkan prestasi kerja dengan standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu, menentukan apakah ada penyimpangan (deviation) dan mencatat besar kecilnya penyimpangan ini dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan, bahwa semua sumber perusahaan dimanfaatkan secara seefektif dan seefisien mungkin guna mencapai tujuan perusahaan.

4 Langkah-langkah dalam Proses Pengendalian (Robert J. Mockler): Ratna JuwitaManajemen Umum4 Mengukur Prestasi Kerja Apakah Prestasi Memenuhi Standar? Ambil tindakan Korektif Tidak berbuat apa-apa Tidak Ya

5 Faktor-faktor yang mengharuskan dilakukan pengendalian: Perubahan. Sifat Kompleks. Kesalahan. Pendelegasian.

6 Metode Pengendalian: Pengendalian kemudi (steering controls) atau pengawasan umpan maju (feedword controls). Pengendalian secara skrening atau pengendalian ya/tidak. Pengendalian purna karya (post-action controls)

7 Proses Pengendalian (William H. Newman): Tetapkan hasil-hasil yang diinginkan. Tetapkan peramal hasil-hasil (pengukuran input, hasil langkah-langkah awal, gejala-gejala, perubahan dalam kondisi yang diasumsi). Tetapkan standar untuk peramal dan hasil-hasil. Tetapkan jaringan informasi dan umpan balik. Evaluasi informasi dan ambil tindakan korektif.

8 Sistem Pengendalian (Jerome E. Schnee dan Thomas P. Ference): Jenis pengukuran - historis. - standar ekstern (external standards). - standar rekayasa (engineered standards). - produktivitas deretan perakitan (assembly- lini). - subyektif.

9 Jumlah pengukuran. Wewenang untuk Menetapkan Pengukuran dan Standar. Fleksibilitas dari Standar. Frekuensi Pengukuran. Arah umpan balik.

10 Karakteristik Sistem Pengendalian yang Efektif: Akurat. Tepat waktu. Obyektif dan Komprehensif. Dipusatkan pada titik pengendalian strategis. Dari segi ekonomi realistis. Realistis dari segi organisasi. Dikoordinasikan dengan arus pekerjaan organisasi. Fleksibel. Perskriptif dan Operasional. Dapat diterima oleh anggota organisasi.


Download ppt "PENGENDALIAN PERTEMUAN 14. Pengendalian Manjemen (management control), proses yang dilakukan oleh manajer untuk dapat memastikan bahwa aktivitas yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google