Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INSTALASI LINUX By : I Made Edi Sandarawan Edibelog.wordpress.com M0difikasi.blogspot.com Gunakan Informasi ini sebaik”nya pelajari dan mengertikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INSTALASI LINUX By : I Made Edi Sandarawan Edibelog.wordpress.com M0difikasi.blogspot.com Gunakan Informasi ini sebaik”nya pelajari dan mengertikan."— Transcript presentasi:

1 INSTALASI LINUX By : I Made Edi Sandarawan Edibelog.wordpress.com M0difikasi.blogspot.com Gunakan Informasi ini sebaik”nya pelajari dan mengertikan.

2  Masukkan CD/DVD yang sudah diburn dengan ubuntu lalu lakukan booting sampai keluar tampilan pada slide dibawah ini. Langkah – langkah Instalasi Booting Live CD/DVD

3 Langkah – langkah Instalasi LINUX Welcome Dalam tampilan ini anda dapat memilih bahasa untuk melakukan instalasi LINUX anda. Jika anda ingin menginstal klik INSTALL UBUNTU.

4 Langkah – langkah Instalasi LINUX Preparing to install Ubuntu Ini adalah persiapan dalam menginstall Ubuntu : 1.Persiapan kapasitas harddisk. 2.Terhubung dengan Power. 3.Terhubung dengan internet. Untuk melanjutkan klik FORWARD.

5 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Partisi dalam Linux Allocate Drive Space disini anda dapat menginstall Ubuntu dengan cara : 1.Erase and use the entire disk : Menghapus dan menggunakan semua isi dalam hardisk dan membuat partisinya secara otomatis sesuai dengan system. 2.Specify partitions manually (advanced) : melakukan partisi manual. Lalu klik INSTALL NOW.

6 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Partisi dalam Linux Jika anda memilih Erase and use the entire disk maka tampilan yang muncul seperti itu. 1.Select Drive : Memilih harddisk yang ada dikomputer anda. 2.The Entire Disk Will Be Used : Memilih disk/partisi yang sudah ada didalam harddisk yang dipilih (Jika sudah ada). Lalu Klik INSTALL NOW untuk menginstall Ubuntu.

7 Atau Jika anda ingin memartisi harddisk lebih banyak dan mengatur sendiri keperluan harddisk tanpa system yang mengatur, untuk ini anda harus melakukan pemartisian harddisk secara manual. Langkah – langkah Instalasi LINUX Partisi dalam Linux

8 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Manual Partisi dalam Linux Allocate Drive Space disini anda dapat membuat partisi manual : Pilih Specify partitions manually (advanced) : melakukan partisi manual. Lalu klik INSTALL NOW untuk melanjutkan.

9 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Manual Partisi dalam Linux Memilih harddisk yang akan dipartisi : Klik device : /dev/sda lalu klik NEW PARTITION TABLE

10 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Manual Partisi dalam Linux Akan muncil tampilan seperti ini lalu klik CONTINUE untuk menjutkan pembuatan partisi.

11 Langkah – langkah Instalasi LINUX Allocate drive space – Manual Partisi dalam Linux 1 partisi harddisk telah jadi dengan kapasitas 8.6 GB sesuai dengan yang dimiliki oleh komputer anda tapi belum bisa dipasang Linux. Untuk memasang Linux harus dipartisi lagi menjadi 2 partisi logical yang ber- extensi Ext2, Ext3, Ext4 file system dan Swap (kapasitas Swap harus 2x kapasitas RAM agar kinerja Linux baik (misal : RAM yang dimiliki 512 MB Swap harus 1024 MB). Klik tombal ADD untuk membuat partisi tersebut.

12 Langkah – langkah Instalasi LINUX Create a new partition – Manual Partisi dalam Linux Type for the new partition diset ke logical New partition size : diberikan 7.5 Gb saja dari total kapasitas harddisk yang tadinya 8.6 GB, karena sisa 1.1 GB untuk membuat partisi Swap. Use as : pilih saja Ext2, Ext3 atau Ext4 journaling file system. Mount point : pilih tanda “/” karena ini adalah partisi root jika tidak Linux tidak bisa diinstal pada partisi ini. Lalu klik OK untuk membuat partisi.

13 Langkah – langkah Instalasi LINUX Create a new partition – Manual Partisi dalam Linux 1 partisi /dev/sda5 dengan extensi ext4 file system sudah jadi. Lalu buat partisi Swap dari sisa free space yang ada. Pilih free space dan klik ADD untuk membuat partisi Swap.

14 Langkah – langkah Instalasi LINUX Create a new partition – Manual Partisi dalam Linux Type for the new partition diset ke logical. New partition size diberikan 1 Gb /1024 Mb saja.. Use as Pilih Swap Area. Lalu klik OK utnuk membuat partisi Swap.

15 Langkah – langkah Instalasi LINUX Create a new partition – Manual Partisi dalam Linux /dev/sda Partisi Swap telah selesai dibuat, untuk melanjutkan instalasi Linux klik INSTALL NOW

16 Langkah – langkah Instalasi LINUX Where Are You? – Pilih Zona Waktu Disini anda pilih zona waktu sesuai dengan tempat tinggal anda. Dibali adalah WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah). Pilih saja Makasar atau kota lain yang waktunya sama dengan kota anda jika kota anda tidak ada pada list tersebut. Setelah itu klik FORWARD untuk melanjutkan instalasi.

17 Langkah – langkah Instalasi LINUX Keyboard Layout – Pilih tipe keyboard Disini anda pilih saja USA karena recomendasikan oleh linux. Lalu klik FORWARD untuk melanjutkan instalasi.

18 Langkah – langkah Instalasi LINUX Who Are You – Username dan Password Isi semua field dengan nama anda, nama komputer, nama singkat dan password anda. Lalu klik FORWARD untuk melanjutkan instalasi.

19 Langkah – langkah Instalasi LINUX Proses Instalasi Silakan menunggu sampai proses instalasi selesai dengan sendirinya.

20 Langkah – langkah Instalasi LINUX Final Instalasi Setelah instalasi sukses klik button restart untuk merestart komputer anda dan Linux/Ubuntu anda telah siap digunakan.

21 Langkah – langkah Instalasi LINUX Final Instalasi Jika CD/DVD masih ada di Drive keluarkan lah terlebih dahulu. Setelah itu tekan ENTER dan komputer akan restart.

22 Langkah – langkah Instalasi LINUX Login Screen Masukkan Username Dan Password anda yang telah anda buat waktu instalasi. Lalu klik LOGIN.

23 Langkah – langkah Instalasi LINUX Final Instalasi Ini tampilan setelah masuk desktop Ubuntu Maverick yang sudah selesai diinstalasi dan siap dipakai.

24  Mount file iso anda atau masukkan CD/DVD yang telah diburn lalu buka dan double klik file wubi.exe maka akan keluar tampilan seperti slide dibawah ini : Langkah – langkah Instalasi dengan menggunakan Wubi.exe (Windows Installer)

25 Buka folder CD/DVD anda dan double klik wubi.exe

26 Langkah – langkah Instalasi dengan menggunakan Wubi.exe (Windows Installer) Pada tampilan ini pilih “install di dalam windows”

27 Langkah – langkah Instalasi dengan menggunakan Wubi.exe (Windows Installer) Tentukan drive instalasi, ukuran instalasi, bahasa, nama pengguna dan kata sandi sesuai dengan keinginan anda.l alu klik “pasang”

28 Langkah – langkah Instalasi dengan menggunakan Wubi.exe (Windows Installer) Ini tampilan dari proses instalasi

29 Langkah – langkah Instalasi dengan menggunakan Wubi.exe (Windows Installer) Ini tampilan dari proses instalasi sudah selesai pilih “reboot sekarang” lalu klik “selesai”


Download ppt "INSTALASI LINUX By : I Made Edi Sandarawan Edibelog.wordpress.com M0difikasi.blogspot.com Gunakan Informasi ini sebaik”nya pelajari dan mengertikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google